Pantai Tanjung Aan Lombok, Kecantikan Panorama Surga Dunia

Pantai Tanjung Aan Lombok, Kecantikan Panorama Surga Dunia

Siapa yang tidak kenal Lombok, pulau di Indonesia bagian timur yang tengah diperbincangkan orang karena keindahan alamnya yang memukau. Rasanya tempat wisata yang satu ini sudah menjadi incaran para wisatawan yang datang dari luar negeri dan tentunya wisatawan domestik. Memuji Lombok sebagai surga dunia rasanya tidak berlebihan. Begitu menginjakkan kaki di sana, Anda akan disambut dengan hamparan lautan biru yang begitu jernih, bahkan dengan mata telanjang bisa langsung menatap ke dasar laut. Belum lagi, pasir pantai yang bersih melengkapi keindahan pemandangan alamnya. Lombok, memang menjadi pulau sejuta pantai indah. Salah satu pantai populer di sana adalah Pantai Tanjung Aan Lombok. Pantai ini harus menjadi destinasi wisata Lombok yang wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda. Apa saja keunikan dan keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Tanjung Aan? Berikut ulasan lengkapnya.

Pesona Kecantikan Pantai Tanjung Aan Lombok

Pantai Tanjung Aan Lombok
Pantai Tanjung Aan Lombok

Pantai Tanjung Aan Lombok memiliki garis pantai yang cukup panjang, mencapai 2 km. Pantai ini dikepung oleh bukit-bukit hijau yang menambah keindahannya. Hamparan luas laut langsung menuju ke Samudera Hindia. Pemandangan di sana begitu mempesona. Belum lagi pasir pantai yang putih dan air laut kebiruan yang sangat memukau. Jika dilihat dari kejauhan, pasir pantai terlihat begitu putih. Namun begitu didekati, ada sebagai pasir pantai yang justru memiliki warna unik yaitu warna kekuningan. Tekstur pasir pantai juga nyaman untuk diinjak oleh kedua kaki Anda. Pasirnya besar-besar seperti merica. Sebenarnya pasir jenis ini murupakan hasil pembentukan dari batu karang selama ribuan tahun lalu.

Wisata Pantai Tanjung Aan Lombok
Wisata Pantai Tanjung Aan Lombok

Di sepanjang pinggiran Pantai Tanjung Aan Lombok, Anda bisa menumpai gazebo dengan tampat duduk yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai. Sambil merebahkan diri, Anda bisa menikmati semilir angin yang berhembus. Sambil memandangi birunya langit dengan hamparan lautan berombak yang menetramkan jiwa. Jika Anda bosan, bisa melakukan aktivitas lain yang tidak kalah seru. Sebagai bagian dari pantai selatan, Pantai Tanjung Aan tidak memiliki ombak yang terlalu besar. Hal ini memungkinkan Anda untuk bisa berenang di sana. Namun tetap saja, jangan berenang terlalu jauh ke tengah.

Jika Anda ingin merasakan sensasi yang sedikit berbeda, berkunjunglah ke Pantai Tanjung Aan Lombok pada bulan Februrari. Di bulan tersebut, masyarakat sekitar menggelar sebuah festival tahunan yang disebut Bau Nyale. Sebuah festival adat untuk menggelar ritual yang berhubungan dengan mitos masyarakat tentang Putri Mandalika. Putri yang pada zaman dahulu melompat dari atas bukit untuk menghindari kejaran pangeran yang ingin menjadikannya istri. Mitos tersebut menyebutkan bahwa Putri Mandalika kemudian menjelma menjadi seekor cacing yang disebut juga dengan Nyale. Nyale ini sering muncul pada bulan-bulan tertentu sehingga masyarakat mengadakan ritual adat untuk menghormatinya.

Rute Menuju Pantai Tanjung Aan Lombok

Wisata ibu Ismi dan sahabat di tanjung aan lombok
tanjung aan lombok

Pantai Tanjung Aan Lombok memiliki lokasi yang lumayan jauh dari pusat Kota Mataram, yaitu sekitar 35 km. Pantai ini berdekatan dengan Pantai Kuta, sehingga Anda bisa sekaligus menjadikannya tempat wisata lain yang dikunjungi. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ke sana dengan menaikai mobil atau pergi bersama rombongan dengan menggunakan bus. Sebenarnya Anda bisa menjangkau pantai ini dengan menggunakan motor, namun akan terasa sangat melelahkan karena lokasinya yang jauh. Bahkan, pantai ini juga bisa dicapai dengan menaiki kendaraan umum, sayangnya ini akan tidak efisien sehingga sangat menyita waktu Anda. Jika tidak bisa membawa kendaraan pribadi, silahkan melakukan penyewaan ke jasa rental.

Demikianlah pembahasan mengenai pesona Pantai Tanjung Aan Lombok dan segala aktivitas yang bisa dilakukan di sana serta rute yang harus ditempuh. Anda juga tidak perlu khawatir, di sana telah tersedia fasilitas yang cukup lengkap dengan penginapan yang juga sudah banyak pilihan. Semoga artikel ini dapat memberikan ulasan yang informatif dan bermanfaat untuk Anda. Selamat berlibur!