Wisata Pantai Pink Lombok Yang Wajib Anda Kunjungi

Wisata Pantai Pink Lombok Yang Wajib Anda Kunjungi

Wisata Lombok Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar destinasi wisata wajib seperti Pulau Lombok? Mayoritas turis pasti memikirkan tentang suasana santai dan bermacam pilihan pantai cantik untuk dikunjungi. Nah, tidak ketinggalan satu referensi yang akan dibahas disini. Dialah Pantai Tangsi atau yang biasa dikenal dengan julukan Pantai Pink Lombok! Sesuai namanya, Anda dapat melihat hamparan pasir pink disekitar pantai, yang mana menjadi daya tarik utama tempat wisata tersebut. Lokasinya berada di Desa Sukaroh dan masuk kawasan Jerowaru di Lombok Timur. Dari sisi keunikan, mungkin Anda akan teringat dengan salah satu pantai yang dimiliki Pulau Komodo di NTT.

Menuju Ke Pantai Pink Lombok

Pantai Pink Lombok
Pantai Pink Lombok

Perjalanan Anda menuju ke pantai unik nan indah ini dimulai dari Kota Mataram. Perlu diketahui, jarak keduanya cukup jauh jadi butuh bekal dan stamina yang prima untuk menuju ke sana. Setidaknya, butuh waktu sekitar tiga jam atau bisa lebih cepat jika Anda memilih sarana transportasi yang bagus. Lokasi pantai cukup berdekatan dengan Tanjung Ringgit, jadi sempatkan juga untuk berkunjung ke lokasi wisata alternatif tersebut nanti.

Aktifitas Wisata di Pantai Pink Lombok

tempat wisata di lombok timur
pantai pink di lombok

Setelah sampai ke tempat tujuan, hal pertama yang Anda bisa saksikan adalah hamparan pasir pink yang cantik. Meski menawarkan warna unik, sebenarnya fenomena tersebut terjadi karena tercampurnya pasir putih dengan serpihan karang merah, yang berasal dari laut. Jika datang bersama pemandu wisata, Anda bisa memperoleh informasi kenapa Pantai tersebut dinamakan Tangsi. Dari segi nama, nama tersebut memiliki makna sebuah asrama. Alasan pemberian nama karena fakta bahwa dulu tentara Jepang menjadikan pantai ini sebagai salah satu markas atau base pada masa Perang Dunia II. Jangan heran jika Anda dapat menemukan beberapa peninggalan mereka di sekitar kawasan pantai seperti gua, meriam, dan lain sebagainya.

Selain mempelajari sejarah dari Pantai Pink, hal terbaik untuk dilakukan adalah menikmati pemandangan alam sekitar pantai serta melakukan olahraga air. Tidak hanya hamparan pasir pink, fitur pantai lain yang menarik adalah tebing-tebing yang amat memukau (dan sering dijadikan latar belakang fotografi). Faktanya, Anda bisa menuju ke puncak tebing dan bersantai di fasilitas pendopo yang tersedia atau biasa disebut Berugak.Tentu saja pemandangan dan suasana akan terasa lebih menakjubkan dari atas sana. Setelah puas menikmati pemandangan laut dari atas tebing, Anda bisa bersiap untuk menikmati aktifitas seru bernama snorkeling. Perlu diingat, pastikan sudah persiapkan perlengkapan snorkeling sebelum datang ke pantai. Jika tidak punya, Anda bisa menyewanya di Kota Mataram atau layanan jasa terdekat. Setelah siap, kunjungi spot snorkeling terbaik disana dan mulai menikmati keindahan bawah laut seperti terumbu karang dan bermacam jenis ikan tropis cantik.

Bagi pemula, aktifitas snorkeling di Pantai Pink wajib ditemani oleh teman atau jika perlu seorang instruktur. Selain lebih aman, aktifitas tersebut terasa lebih seru jika dilakukan bersama-sama. Tips penting lain adalah seputar waktu terbaik untuk snorkeling, yaitu pada musim panas dimana curah hujan rendah dan air laut terasa lebih hangat dan memiliki jarak pandang bagus untuk eksplorasi. Lalu apalagi? Jika snorkeling dan menikmati keindahan alam pantai masih dirasa kurang, Anda bisa melakukan aktifitas lain seperti “island hopping” atau berkunjung ke pulau-pulau kecil terdekat. Dengan membayar sejumlah uang kepada nelayan lokal atau jasa transportasi perahu, Anda bisa mampir ke Gili atau pulau=pulau tersebut serta menikmati liburan plus di kawasan Pantai Pink.

Pertimbangan Terakhir Sebelum Berangkat Ke Pantai Pink Lombok

Semua kegiatan diatas wajib dilakukan jika Anda hendak berkunjung ke pantai eksotis ini. Namun jangan lupa mempersiapkan perlengkapan serta bekal seperti peralatan snorkeling, uang, pakaian ekstra, dan tak ketinggalan sebuah kamera! Jika perlu, datanglah bersama pemandu wisata atau instruktur snorkeling yang bisa Anda sewa di Kota Mataram atau desa terdekat. Satu lagi, datanglah bersama keluarga, rekan kerja, atau juga teman untuk menikmati luburan seru di Pantai Pink. Oleh karena itu, bagikan informasi ini kepada mereka sebagai tambahan referensi dan persiapan sebelum berangkat ke secuil surga Pulau Lombok tersebut. Semoga Indonesia tetap menjadi salah satu tempat tujuan wisata terbaik bagi turis lokal maupun asing. Setuju?