Dari sekian banyak pantai yang ada di Lombok, terutama di bagian selatannya, tak banyak yang tahu keberadaannya oleh para wisatawan. Meskipun kondisi pantai-pantai tersebut masih asri nan indah. Mungkin disebabkan kurangnya informasi mengenai wisata di pantai Lombok tersebut maupun sarana dan prasarana yang kurang memadai. Ini dia salah satunya adalah Pantai Mawun.

Beberapa tempat yang sering dikunjungi seperti Pantai Kuta, Pantai Selong Belanak, Pantai Seger, Gili, serta pantai lainnya. Pantai ini juga kerap menjadi objek wisata yang ingin dikunjungi para wisatawan. Pantai ini terletak di Desa Tumpak, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, NTB. Lokasi yang cukup jauh dan kehidupan yang masih primitive menjadikan Pantai Mawun ini masih jarang dijamah jika dibandingkan dengan Pantai Senggigi dan gugusan 3 Gili (Trawangan, Meno, Air) yang cukup terkenal. Sesungguhnya panorama alam dan perbukitan yang hijau disini, serta indahnya pantai yang keasliannya masih terjaga tidak kalah indah dan menawan lho.

Apa Istimewanya Pantai Mawun Lombok?

Pantai Mawun Lombok

Pantai Mawun Lombok

Yup, Pantai Mawun adalah salah satu pantai yang ada di Lombok, tepatnya di sebelah selatan Pulau Lombok. Istimewanya Pantai yang belum lama ini terkenal ini adalah keindahan dan keasliannya yang sangat mempesona. Jernih air dan pasirnya menyegarkan pemandangan. Pantai Lombok ini terbilang sebagai surga yang tersembunyi. Dibilang surga tersembunyi sebab pantai ini belum banyak diketahui para wisatawan. Pantai Mawun tak kalah indahnya dengan pantai Selong Belanak, Pantai Kuta, dan Pantai lainnya. Objek wisata pantai yang menyajikan panorama pantai dan pegunungan nan indah. Pasir putih dengan garis pantai panjang dan bibir pantai yang juga panjang akan semakin melengkapi ombak besar dengan sensasi berselancar yang luar biasa serunya.

Pesona Cantik Pantai Mawun Lombok

Pesona Pantai Mawun

Pesona Pantai Mawun

Garis pantainya berbentuk huruf U, dengan dua bukit yang berada di sebelah Timur dan Barat menambah keistimewaan pantai ini. Pantainya yang berpasir putih dan lembut ini makin buat kita jatuh hati. Sepanjang mata memandang keaslian pantainya tetap terjaga. Hampir setiap hari dikunjungi wisatawan domestik maupun mncanegara. Namun jumlahnya masih sedikit, sebab belum banyak orang tahu akan keberadaan surganya pantai di Lombok Selatan ini. Ombaknya relatif tenang sebab di sisi Barat dan Timur terhalang oleh bukit dan bagian yang tengah berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Jadi santai saja kalau ingin berenang disini, tapi tetap hati-hati ya. Pantai ini juga cocok buat orang-orang yang suka fotografi, apalagi yang suka dengan objek landscape (pemandangan). Pesisir pantainya yang masih bersih, serta dua bukit yang mengapit jalur masuknya air laut ini dapat dijadikan objek fotografi yang bagus.

Rute Menuju Pantai Mawun Lombok

Pantai Mawun atau Mawun Beach ini terletak sekitar 60 Kilometer dari Kota Mataram. Sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kota Mataram jika Anda menggunakan kendaraan pribadi. Rute yang di tempuh jika melalui Kota Mataram; Mataram-Cakranegara-Kediri-Praya-Penujak-Selong Belanak-Mawun atau bisa juga dengan rute; Mataram-Cakranegara-Kediri-Praya-Batunyale-Sengkol-Rambitan-Sade-Kuta-Mawun. Pada rute Pantai Mawun kita bakal melewati beberapa bukit yang diikuti lembah dengan hamparan padang rumput serta ternaknya. Tetapi, ada sebuah tanjakan yang agak curam dengan turunan yang tidak kurang curam setelahnya. Dari puncak tanjakan saja kita sudah bisa melihat beberapa hamparan pantai-pantai dengan keindahan yang luar biasa. Dari situ saja akan membuat para wisatawan merasa tidak akan rugi jika berkunjung ke Pantai Mawun.

Surganya Lombok yang tersembunyi ini seharusnya lebih di publikasikan lagi agar semua orang tahu akan keberadaannya. Dengan adanya tulisan saya ini, semoga saya bisa memberikan sedikit informasi tentang Pantai Lombok. Pantai memang salah satu objek wisata yang cocok untuk dinikmati berlibur bersama keluarga dan teman. Pantai juga cocok untuk menghilangkan stress, pemandangan airnya yang biru serta putihnya pasir membuat lebih santai. Ombaknya yang tenang, jadi tak perlu khawatir kalau ingin berenang disini. Disuguhi pemandangan yang indah, alami dan suasana sunyi yang menenangkan. Indahnya surga tersembunyi ini, Pantai Mawun di selatan Lombok. Wisata alam Indonesia yang mempesona, indahnya Alam Indonesia kita ini. Beragam pemandangan indah banyak ditemui di Indonesia kita ini. Ah, we love Indonesia. Happy holiday.