Hal menarik di Pantai Gerupuk Lombok

Hal menarik di Pantai Gerupuk Lombok

Pantai gerupuk merupakan salah satu pantai yang dijadikan pusat surfing di Lombok, karena terkenal dengan keindahan dan ombaknya yang sangat menantang bagi siapa saja penggemar surfing. Pantai Lombok yang satu ini juga terkenal dengan ombaknya yang sangat cantik dapat memacu adrenalin. Pantai ini terletak di pesisir selatan Pulau Lombok. Tepatnya di Desa Gerupuk, Kecamatan Lombok Tengah. Pantainya yang berpasir putih ini juga membuat ramai karena dikunjungi oleh para wisatawan, tetapi umumnya para wisatawan dari mancanegara.

ada beberapa hal menarik lainnya, yang akan saya bahas dibawah ini:

1. Surfing
Pesona Pantai Gerupuk telah dikenal oleh wisatawan sebagai salah satu lokasi surfing yang menyenangkan. Di kawasan ini terdapat beberapa titik surfing mulai dari tingkat pemula sampai dengan area surfing dengan level yang lebih tinggi. Umumnya Gerupuk ini lebih sering dikunjungi oleh wisatawan dari luar negeri, oleh karena itu lima titik surfing di Teluk Gerupuk ini memiliki 2 buah nama, yaitu nama daerah dan nama asing yang disematkan oleh peselancar internasional.

2. Berlayar
Selain berselancar, kegiatan yang banyak dilakukan para wisatawan adalah berlayar dengan menggunakan kapal ke sebuah kawasan teluk, disana telah menanti gulungan ombak yang begitu menantang, mesekipun tujuan utama berlayar untuk mencapai tempat yang pas berselancar, namun kebanyakan berlayar ini juga menjadi sebuah kesenangan sendiri bagi para peselancar. Anda tidak perlu bersusah payah mencari kapal untuk berlayar tersebut, karena di pantai ini terdapat dermaga yang telah terbiasa melayani para wisatawan yang ingin berlancar ataupun memancing ikan.

3. Bermain Pasir
Disamping berenang, berselancar dan memancing, anda juga dapat merasakan serunya bermain pasir. Bukit pasir yang ada di kawasan pantai ini sangat digemari para wisatawan untuk bermain. Biasanya menggunakan sepeda motor untuk mendaki bukit tersebut agar tidak menghabiskan banyak tenaga. Pesona dan keindahan pantai Gerupuk akan semakin menawan jika dilihat dari atas bukit. Anda bisa membayangkan sendiri betapa indahnya pemandangan seluruh pantai jika dilihat dari ata bukit pasir tersebut.

4. Belajar Bertani Rumput Laut
Jika berternak ikan sudah sangat biasa, maka membudidayakan rumput laut mungkin terlihat lebih seru ketimbang berternak ikan. Di pantai ini wisatawan dapat melihat bagaimana cara membudidayakan rumput laut, walaupun terkadang mereka tidak begitu piawai dalam berbahasa Indonesia, namun mereka tetap sangat bersemangat untuk mencoba menjelaskan kepada anda cara membudidayakan rumput laut tersebut. Hasil rumput laut yang mereka budidayakan biasanya dikerigkan dan dijual sebagai obat atau kosmetik.

5. Belajar Singkat Tentang Biota Laut
Ternyata dipantai yang sangat indah ini kita juga bisa mendapatkan pengetahuan dasar secara singkat tentang berbagai macam biota laut. Tempat tersebut bernama Balai Konservasi Kelautan. Disana anda akan dikenalkan dengan berbagai macam biota laut dan juga ekosistemnya. Selain bermain-main dan liburan tetapi kita juga bisa mendapatkan manfaat lebih di dari kunjungan ke pantai Gerupuk ini, tidak heran jika banyak pengunjung wisata yang memilih destinasi liburan ke pantai ini, baik wisatawan asing maupun lokal.

Diatas adalah beberapa hal menarik yang dapat dilakukan di Pantai Gerupuk. Selain berenang, bermain pasir, berselancar dan berlayar, tersedia juga balai tempat untuk mendapatkan ilmu kelautan. Di pantai ini juga terdapat beberapa penginapan dan hotel untuk menginap, dan juga dilengkap dengan berbagai macam kafe di sepanjang pantai.