Tanjung Aan Lombok Pantai Cantik di Lombok Tengah

Tanjung Aan Lombok Pantai Cantik di Lombok Tengah

Tanjung Aan Lombok sudah sangat dikenal dikalangan wisatawan. Ia merupakan bagian dari Lombok Tengah. Ia dikenal karena memiliki keunikan tersendiri yang membuat wisatawan dari berbagai penjuru negeri dan bahkan penjuru dunia penasaran ingin menyaksikan sendiri keindahan unik seperti apa yang dimilikinya. Masing-masing pantai di Pulau Lombok memang memiliki ciri khasnya masing-masing sehingga memunculkan nuansa unik namun menarik. Untuk Tanjung Aan sendiri, keunikan tersebut ada dari berbagai aspek.

Tanjung Aan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Ia memiliki garis pantai sepanjang 2km. Selain memiliki karakteristik yang unik, pantai Tanjung Aan juga memiliki sisi mitosnya yang dipercayai warga lokal yaitu tentang legenda Puteri Mandalika. Konon, dahulu Puteri Mandalika melarikan diri keatas bukit untuk kemudian menjatuhkan diri ke lautan karena dikejar oleh Pangeran yang ingin menikahinya. Dari legenda inilah, masyarakat sekitar mengadakan upacara Bau Nyale tiap tahunnya untuk mengenang Puteri Mandalika yang konon bereinkarnasi menjadi cacing laut.

Keunikan Tanjung Aan Lombok

Wisata Pantai Tanjung Aan Lombok
Wisata Pantai Tanjung Aan Lombok

Sebagai bagian dari Pulau Lombok yang eksotis dan sudah terbukti keindahannya, Tanjung Aan juga memiliki keunikan yang menonjol dibanding pantai-pantai lainnya yang ada di Lombok. Apa saja keunikan yang dimilikinya?

  • Pasir pantai

Inilah salah satu keunikan yang dimiliki Tanjung Aan dan paling dikenal wisatawan, pasir pantainya. Ya, pasir pantai di Tanjung Aan memiliki tekstur yang lebih kasar. Bentuknya bulat penuh dan mirip seperti butiran merica. Saat diinjak akan terasa sedikit kasar namun juga memberikan sensasi yang berbeda. Pasirnya memiliki warna putih bersih. Namun ada satu sisi pasir pantai yang memiliki warna kekuningan. Inilah unikya Tanjung Aan Lombok yang paling terkenal.

  • Pemandangan dari atas bukit

Selain dapat dilihat dari tepian pantai, ternyata Tanjung Aan juga bisa dilihat dari atas bukit. Ya, pantai ini memang dikelilingi bukit yang berkaitan dengan legenda Puteri Mandalika. Dari atas bukit, panorama yabg disuguhkan Tanjung Aan sungguh luar biasa indahnya. Sehingga banyak juga wisatawan yang rela naik keatas bukit hanya untuk menyaksikan secara langsung panorama yang terlihat. Hamparan pantai Tanjung Aan Lombok akan sangat jelas terlihat dan semakin indah.

  • Ritual Bau Nyale

Ritual atau Upacara Bau Nyale memang rutin dilakukan masyarakat setempat untuk mengenang legenda Puteri Mandalika. Konon dulu Puteri melarikan diri ke atas bukit saat dikejar pangeran yang ingin mempersuntingnya. Kemudian ia meloncat bebas dari atas bukit ke laut dan lalu bereinkarnasi menjadi cacing laut. Maka dalam ritual ini, yang dilakukan adalah ‘berburu cacing laut’ atau dalam bahasa lokal disebut ‘Bau Nyale’

  • Tanjung

Sesuai namanya, Tanjung Aan, dipantai ini juga banyak terdapat tanjung. Tanjung inilah yang menjadi garis batas antara pasir pantai yang memiliki tekstur halus dan berwarna putih bersih dengan pasir pantai yang kasar dan mirip merica dengan warna sedikit kekuningan. Tanjung-tanjung ini tentu bisa didaki oleh setiap pengunjung dengan catatan agar selalu berhati-hati.

Kegiatan Untuk Dilakukan di Tanjung Aan Lombok

Wisata Ibu Nina dan Sahabat di Tanjung Aan Lombok
Tanjung Aan Lombok

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan ketika kita berada di Tanjung Aan Lombok seperti snorkeling, renang, watersport, dll. Bahkan kita bisa berleha-leha dipasir pantai sambil menikmati panorama sekitar. Jika ingin memanjakan kaki yang pegal maka bisa mencoba pijat rileksasi dengan cara berjalan-jalan diatas hamparan pasir pantai yang berbentuk butiran merica. Jika air laut sudah mulai pasang, kita juga bisa melakukan aktifitas berselancar agar pengalaman liburan ke Tanjung Aan semakin seru.

Tanjung Aan Lombok memang memiliki sejuta pesona untuk disuguhkan bagi para wisatawan yang merindukan suasana liburan yang damai namun tetap seru. Jika anda ingin menikmati berbagai keunikan yang dimiliki pantai ini, kami siap menemani liburan anda agar lebih nyaman dan aman. Dengan berbagai pilihan paket wisata terbaik, liburan anda di Tanjung Aan akan lebih seru dan menyenangkan. Itulah mengapa Lombok Tour Plus menjadi pilihan terbaik untuk menemani liburan anda di Lombok.