Oleh-Oleh Khas Lombok Paling Wajib untuk Dibeli

Oleh-Oleh Khas Lombok Paling Wajib untuk Dibeli

Wisata Lombok merupakan pulau impian untuk berlibur bagi banyak orang. Memang tidak dapat dipungkiri keindahan alam Lombok dapat memukau siapa saja. Lombok terkenal dengan destinasi wisata andalan berupa pantai. Ada banyak pantai terkenal, sebut saja seperti Pantai Kuta, Pantai Pink dan Pantai Tanjung Aan. Tentu saja Lombok bukan sekedar surga dunia yang menampilkan keindahan panorama alam, tapi juga surga kuliner dan surga belanja. Tak lengkap rasanya bila liburan ke Lombok tanpa berkeliling ke tempat tujuan wisata belanja. Anda yang akan ke Lombok patut mengunjungi tempat terkenal untuk membeli oleh-oleh khas Lombok. Ada banyak oleh-oleh khas dari Lombok, setidaknya wajib beli beberapa untuk dibawa pulang sebagai buah tangan untuk kerabat dan sahabat.

Macam-Macam Oleh-Oleh Khas Lombok

oleh-oleh khas lombok
Tenun Lombok

Pergi liburan tanpa membeli oleh-oleh khas bagaikan sayur tanpa garam, rasanya kurang lengkap. Apalagi jika Anda baru pertama kali berkunjung ke tempat tersebut, rasanya membeli oleh-oleh adalah keharusan. Sebagai destinasi wisata favorit, Lombok telah menjelma menjadi daerah yang menyediakan segala macam kebutuhan wisatawan, bukan hanya tempat wisata saja yang diandalkan, tapi juga berbagai fasilitas lainnya seperti transportasi yang mudah, tempat menginap atau hotel yang sudah banyak dijumpai, dan tentu saja berbagai oleh-oleh khas Lombok yang mudah dibeli di berbagai pusat oleh-oleh di sana. Berbagai jenis panganan dan cideramata asli dari Lombok menjadi salah satu daya tarik yang membuat banyak orang senang mengunjungi Lombok.

Ada banyak jenis oleh-oleh khas Lombok yang disediakan di berbagai gerai penjualan oleh-oleh. Anda yang benar-benar ingin merasak oleh-oleh yang Lombok banget, bisa membeli susu kuda liar yang banyak beredar di sana. Susu kuda liar kebanyakan berasal dari wilaya Sumbawa, tapi sudah mudah ditemukan dan selalu ada di setiap pusat oleh-oleh. Susu jenis ini memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi balita yang terlahir prematur. Rasanya juga enak dan gurih sehingga cocok untuk dibawa pulang sebagai buah tangan yang unik. Biasanya, susu ini dijual dalam bentuk botolan agar tidak mudah tumpah, mengingat para wisatawan yang berasal dari berbagai daerah.

Oleh-oleh khas Lombok lainnya adalah dodol rumput laut yang bahan utamanya terbuat dari rumput laut. Dodol ini selalu menjadi incaran karena memiliki bahan dasar yang unik dan memiliki cita rasa yang nikmat. Karena berbahan rumput laut, dodol ini juga memiliki tekstur yang berbeda dari dodol biasa dan memiliki beraneka ragam warna dengan tampilan bening sehingga terkesan seperti agar-agar. Nah, satu lagi yang tidak boleh terlewat adalah berkunjung ke pusat penjualan mutiara asli Lombok yang berada di Jalan Sekarbela, Mataram. Mutiara khas Lombok memiliki kualitas yang sangat baik dan harganya juga jauh lebih terjangkau dibandingkan Anda membelinya di tempat lain. Bagi pecinta perhiasan, harus berkunjung ke sana.

Pusat Oleh-Oleh Khas Lombok

belanja oleh oleh baju khas lombok
oleh oleh baju khas lombok

Aneka jenis pasar dan pusat membeli oleh-oleh khas Lombok tersebar di berbagai daerah. Namun, ada beberapa tempat yang memang menjadi pusat dan paling ramai dikunjungi oleh para wisatawa. Sebut saja seperti Pasar Cakranegara yang merupakan pasar terlengkap dan terbesar di Lombok yang menyediakan berbagai oleh-oleh khas dan menjual aneka jenis kebutuhan masyarakat. Ada juga Pasar Seni Kuta yang menyediakan aneka jenis benda-benda kerajinan yang dibuat dengan tangan, misalnya saja seperti tas, dompet, hiasan dinding dan patung-patung yang terbuat dari kayu. Selain Pasar Seni Kuta, Anda bisa berkunjung ke Pasar Sayang-Sayang yang menjual kain tenun khas Lombok, kerajinan dari kayu dan kerajinan dari anyaman rotan. Sementara untuk berburu mutiara, silahkan datang ke Mataram Craft Center di Jalan Sekarbela.

Demikianlah ulasan lengkap seputar aneka jenis oleh-oleh khas Lombok dan tempat untuk membelinya. Jangan sampai ketinggalan juga untuk menikmati kuliner khas Lombok yang menggoyang lidah seperti Ayam Taliwang, Tolang Daeng, Sate Bulayak dan masih banyak lainnya yang akan membuat liburan ke Lombok terasa makin sempurna dan menyenangkan. Semoga  artikel ini bisa memberikan informasi yang berguna untuk menemukan referensi yang tepat selagi berada di Lombok. Selamat bersenang-senang!