Bagi pecinta traveler apalagi yang sudah berkali-kali berkunjung ke Lombok pasti tidak asing dengan nama pantai Tanjung Aan ini. Pantai yang terkenal dengan keindahan alamnya ini selalu memikat hati wisatawan yang datang berkunjung ke sini. Mereka dibuat terpesona dan terkagum-kagum dengan keeksotisan pantai ini.

Hamparan Pasir Merica Tanjung Aan

Wisata pantai tanjung aan lombok

Wisata pantai tanjung aan lombok

Pantai ini terkenal dengan hamparan pasir putihnya yang bertekstur unik. Jika anda menapakkan kaki tanpa alas kaki di atasnya, anda akan merasakan sensasi berbeda karena pasir ini bertekstur seperti bulir merica hasil dari bentukan fosil-fosil karang di sekitar pantai. Anda akan merasa telapak kaki anda sedang diterapi akupuntur dengan pasir mericanya Tanjung Aan. Namun, tekstur pasir akan berbeda ketika anda berjalan ke arah bukit yang dapat dikunjungi pengunjung. Anda akan merasakan pasir putih yang lembut.

Sunset di Bukit Merese Tanjung Aan

wisata pantai tanjung aan

wisata pantai tanjung aan

Selain dihiasi hamparan pasir putihnya yang unik, pantai ini juga dikelilingi barisan bukit yang melengkapi keindahan alamnya. Jika anda ingin melihat pesona alam pantai dari ketinggian, anda dapat mendakit bukit Merese yang dapat didaki dengan mudah. Di sini anda dapat menikmati lukisan alam pantai yang menakjubkan dengan leluasa. Di sore hari saat matahari mulai tenggelam, anda dapat menyaksikan indahnya sunset dari sini sambil mengabadikannya. Jika anda pecinta dunia fotografi, maka tempat ini adalah surga bagi anda.

Aktifitas Lain yang Bisa Dilakukan di Pantai Tanjung Aan

pantai tanjung aan

pantai tanjung aan

Meskipun pantai ini berhubungan langsung dengan samudera Hindia, ombaknya tergolong cukup tenang. Mungkin karena terhalang oleh tanjung di sekitarnya. Sehingga aman untuk berenang. Akan tetapi, anda juga harus berhati-hati karena semakin ke tengah, kedalamnya sangat curam. Apalagi jika anda membawa anak kecil, harus tetap diawasi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Meskipun letaknya tidak jauh dari pantai Kuta, pantai ini bisa dibilang sepi. Bukan karena sedikitnya minat wisatawan, tetapi di sekitar pantai belum banyak hotel dan resort yang beridiri. Sehingga saat berlibur ke pantai ini wisatawan akan merasa nyaman. Cocok bagi Anda yang selalu tinggal di ramainya perkotaan karena dapat melupakan sejenak hiruk-pikuk kota dan merasakan udara sehat bebas polusi.

Puas bermain air, anda dapat menikmati pemandangan sambil berjemur dengan santai. Di sekitar pantai anda dapat menemukan beberapa payung kayu dengan rajutan jerami sebagai atapnya. Anda dapat duduk santai di sini sambil menikmati es kelapa muda yang di jual di sekitar pantai.

Selain itu, jika anda hobi snorkeling atau diving, anda juga dapat melakukannya di sini. Tidak perlu khawatir jika anda lupa atau tidak membawa peralatannya, karena di sini sudah ada tempat penyewaannya.

Jika anda hobi belanja atau ingin membawa beberapa souvenir khas Lombok, di sekitar pantai banyak penjual souvenir khas Lombok yang dapat anda beli. Namun, jangan takut untuk menawar harganya karena tidak jarang penjual yang menawarkan harga tinggi pada wisatawan untuk meraup keuntungan semata.

Berburu Nyale di Tanjung Aan

Jika anda berkunjung pada bulan Februari-Maret, pantai ini akan dipenuhi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Karena pada bulan itu penduduk setempat melakukan upacara adat Nyale, yaitu berburu cacing Nyale.
Terdapat legenda yang menyebar dan terkenal di masyarakat setempat yaitu legenda Putri Mandalika. Putri Mandalika adalah putri Raja yang memilik paras elok nan cantik. Ia selalu menjadi rebutan para pangeran. Karena banyaknya pangeran yang melamar, sang Putri mengundang semua pangeran yang melamarnya ke Pantai. Tanpa disangka, ia melompat ke laut dan tidak pernah kembali. Bahkan jasadnya pun tidak ditemukan. Sebelumnya, ia berjanji akan kembali lagi sekali setiap tahunnya.

Konon katanya cacing Nyale ini jelmaan dari Putri Mandalika yang melarikan diri dari para pangeran yang melamarnya. Sehingga warga berebut untuk mencari dan mendapatkan cacing Nyale yang dipercaya membawa keberuntungan. Mungkin anda dapat ikut serta berburu cacing Nyale ini bersama warga.

Itulah beberapa informasi mengenai objek wisata Tanjung Aan yang terkenal dengan hamparan pasir dan keindahan alamnya yang memikat hati siapa pun yang datang berkunjung ke pantai ini.

Save