Pantai Mawun Surga Tersembunyi di Lombok

Pantai Mawun Surga Tersembunyi di Lombok

Lombok terkenal sebagai gudangnya tempat wisata alam yang selalu menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara. Namun, belum semua objek wisata di Lombok diekspos dan dikenal wisatawan. Salah satunya ialah pantai Mawun. Pantai ini diapit oleh dua pantai, yaitu pantai Kuta Lombok dan pantai Selong Belanak Lombok. Letaknya berada di selatan Kabupaten Lombok Tengah. Bisa dibilang bahwa pantai ini belum terkenal seperti pantai Kuta atau pantai Tanjung Aan. Akan tetapi, keindahan alamnya tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya di Lombok. Bahkan masih sangat terjaga keasriannya karena tidak banyak wisatawan yang datang sehingga membuat anda merasa berada di pantai pribadi.

Keindahan Pantai Mawun Lombok

Wisata Pantai Mawun Lombok
Wisata Pantai Mawun Lombok

Jika anda ingin melihat lukisan alam nyata, maka pantai Mawun lah tempatnya. Pantai Mawun menawarkan keindahan alam yang tidak kalah dengan pantai lainnya yang lebih terkenal dari pantai ini. Jika dilihat dari atas, pantai ini berbentuk seperti tapal kuda. Hamparan pasir putih dan lembut, air laut yang biru, ditambah bukit yang mengelilingi mempercantik pantai yang belum banyak terjamah ini. Pantai ini tidak terlalu dikenal wisatawan karena beberapa faktor, diantaranya infrastruktur yang belum memadai. Akan tetapi, pesona alam yang ditawarkan lebih dari yang dibayangkan. Namun anda tidak perlu khawatir, karena saat ini infrastruktur di pantai Mawun mulai ditingkatkan sehingga aksesnya pun tidak terlalu sulit. Pantai ini diapit oleh dua buah bukit di sebelah barat dan timur. Struktur pasirnya pun berbeda. Di bagian tengah hingga timur pantai, hamparan pasir putih nan halus akan menyambut anda, sedangkan di bagian barat tekstur pasirnya lebih kasar karena bercampur dengan pecahan karang. Potensi ombaknya pun lebih besar di bagian tengah daripada di bagian timur dan barat. Selain itu, pantai ini berhubungan langsung dengan samudera Hindia sedangkan di timbur dan baratnya terhalangi bukit. Di pantai ini juga tidak banyak penjual makanan dan jumlah pengunjung tidak berjubel. Sehingga suasana pantai akan lebih terasa.

Aktifitas yang Dapat Dilakukan di Pantai Mawun

Pantai Mawun Lombok
Pantai Mawun Lombok

Seperti halnya di pantai lain yang ada di Lombok, di pantai ini juga anda dapat melakukan banyak hal. Jika anda ingin bermain air atau berenang, disarankan untuk bermain di pantai bagian barat atau timur. Karena di bagian barat dan timur ombaknya relatif tenang sebab terhalang bukit. Sehingga lebih aman. Tetapi jika anda bersama anak kecil, tetap harus dalam pengawasan. Sebab, meskipun ombaknya tenang tetapi semakin ke tengah topografi pantai semakin curam, sehingga berbahaya jika berenang sampai ke tengah. Untuk anda yang mencintai dunia fotografi, disini dapat menjadi spot terbaik dalam mengambil gambar. Tempat ini juga cocok sebagai tempat pengambilan gambar pre-wedding dan landscape. Anda yang berlibur ke pantai Mawun tentu tidak ingin melewatkan pemandangan ini begitu saja. Anda dapat ber-selfie ria dari berbagai sisi. Karena setiap sisi dari pantai ini menonjolkan keindahan alam yang berbeda.

Jika anda ingin menikmati pemandangan sekitar pantai ini dengan leluasa, anda dapat mendaki bukit di sekeliling pantai. di puncak-puncak semenanjung banyak bukit kecil yang dapat dicapai tanpa jalur pendakian. Sehingga anda dapat menikmati keindahan alam pantai Mawun dengan leluasa dari atas bukit. Wisatawan domestik biasanya datang pada pagi hari hingga matahari terik. Biasanya mereka tidak menyukai terik matahari terlebih lagi di pantai. Akan tetapi wisatawan mancanegara justru kebalikannya. Mereka lebih suka datang ke pantai ini saat matahari terik hingga sore hari. Biasanya mereka akan berjemur sambil membaca buku atau sekedar bersantai menikmati pemandangan. Meskipun belum terlalu dikenal banyak wisatawan, pantai Mawun dapat menjadi salah satu pilihan destinasi ada selama berlibur di Lombok. Pesona alamnya akan membuat anda betah berlama-lama berada di pantai ini dan selalu ingin kembali lagi.