Hutan Pusuk Wisata Alam Yang Menantang di Lombok

Hutan Pusuk Wisata Alam Yang Menantang di Lombok

Hutan Pusuk terkenal dengan hutan yang berisikan monyet-monyet jinak dan berjumlah sangat banyak. Hutan yang terletak di kabupaten Lombok, kecamatan Bayan ini ternyata masih bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok. Jalur wisata alam hutan ini berada dalam satu jalur dengan jalur pendakian ke gunung Rinjani, maka dari itu ada banyak para pendaki yang mampir untuk melihat-lihat keindahan hutan Pusuk ini. Hutan ini juga dikenal dengan sebutan pusuk pass, dimana Pusuk bermakna Puncak. Pusuk Pass berlokasi di bagian Barat, yang juga menjadi pintu gerbang ke gunung Rinjani. Di tempat ini kita akan melihat ada banyaknya orang yang berdagang dipinggiran. Hutan ini membuat para wisatawan tertantang untuk berinteraksi langsung dengan berjalan kaki menyusurinya, ingin tahu ada apa saja di hutan ini silahkan baca keterangan selanjutnya di bawah ini

Daya Tarik Hutan Pusuk

hutan pusuk
hutan pusuk

Hutan ini memberikan keindahan alam yang sangat asri dan natural, karena ini adalah kawasan hutan, sudah pasti udaranya juga akan terasa segar dan juga sangat sejuk seperti di puncak. Di hutan ini kita bisa melihat pemandangan kota Lombok dari tempat tinggi. Makhluk yang mendiami hutan ini, dan sekaligus menjadi daya tarik bagi hutan ini adalah monyet-monyet yang dalam bahasa latin adalah Macaca Fascicularis. Mereka merupakan sekumpulan monyet yang sudah jinak, yang terpenting kita tidak mengganggu ketenangan dan habitat mereka saja. Selain itu, monyet disini juga sepertinya sudah tidak heran melihat ada banyaknya pengunjung.

Aktivitas Yang Dapat di Lakukan

Wisata Hutan Pusuk Lombok
Wisata Hutan Pusuk Lombok

Selain kita dapat melihat bagusnya pemandangan dari tempat tinggi di hutan ini, kita juga bisa turun dari kendaraan kita, dan berinteraksi langsung dengan monyet-monyet tersebut. Atau kita juga bisa memberinya makan dan berfoto bersama monyet tersebut. Tidak perlu khawatir monyet tersebut akan mengganggu kita, karena mereka bukan sejenis monyet nakal dan juga sudah jinak. Kalau anda tertarik dan merasa tertantang dengan berjalan kaki menyusuri hutan ini, akan sangat menyehatkan, karena disamping menyehatkan, anda juga akan bersentuhan langsung dengan udara dan alam sekitar. Jika anda mengunjungi hutan ini dengan berjalan kaki akan lebih menantang, karena anda akan menemui beratus-ratus monyet yang dilepas bebas di hutan ini. Kalau anda merasa lapar, anda bisa mengunjungi beberapa warung disekitar kawasan hutan ini yang disediakan sengaja untuk para pengunjung. Para pedagang yang berjualan dan membuka warung tidak merasa terganggu dengan adanya monyet-monyet tersebut, justru malah merasa beruntung karena warungnya menjadi ramai dikunjungi.

Mitos Positif Hutan Pusuk

Mengapa disebut mitos positif?
Karena munculnya mitos ini malah membuat kebiasaan yang baik bagi para pengunjung. Mitos ini dipercaya oleh masyarakat sekitar hutan, yaitu jika ada yang membuang sampah sembarangan, jangan harap bisa kembali menemui jalan pulang, alias anda akan tersesat tidak bisa pulang. Sudah jelas bahwa memang membuang sampah sembarangan itu adalah kebiasaan yang tidak baik, apalgi diwilayah yang terdapat banyak pepohonan rindangnya, sangat tidak kontras jika hutan yang asri dan hijau tetapi berserakan banyak sampah. Maka dari itu mitos ini justru sangat membantu menjaga kelestaruan kebersihan hutan Pusuk ini.

Tips Mengunjungi Hutan Pusuk

  • Jika anda berencana untuk mengunjungi hutan ini, ada beberapa saran yang dapat memudahkan anda.
  • Bawalah bekal yang cukup
  • Gunakan alas kaki yang nyaman jika anda berniat untuk berjalan-jalan dalam rentang waktu yang lama
  • Pakailah pakaian yang nyaman dan selayaknya di hutan
  • Jangan memakai perhiasan yang dikhawatirkan akan jatuh saat berjalan atau bermain
  • Bawalah kantong pelastik yang dapat digunakan untuk membuang sampah saat berada di kawasan hutan Pusuk
  • Bawalah uang cash yang cukup untuk berjaga-jaga

Diatas adalah beberapa informasi yang biasa menarik para pengunjung untuk mendatangi Hutan Pusuk ini, dan juga, informasi diatas dilengkapi dengan tips-tips menarik yang dapat membuat anda lebih siap saat akan mengunjungi Hutan ini. Wisata Lombok ternyata tidak hanya memiliki pantai yang indah saja, tetapi juga wisata alam yang menarik dan seru.