Desa Tradisional yang Menjadi Objek Wisata di Pulau Lombok

Desa Tradisional yang Menjadi Objek Wisata di Pulau Lombok

Lombok memang sudah diakui dunia memiliki puluhan pantai yang keindahan alamnya tidak bisa diragukan. Namun jangan salah, pulau Lombok juga memiliki objek wisata lain selain pantai yang dapat anda kunjungi yaitu desa Senaru dan desa Sade yang terkenal sebagai desa tradisional di Lombok.

Jika anda sudah bosan menjelajahi pantai-pantai di Lombok darike ujung ke ujung, maka anda dapat menjelajahi objek wisata di pulau Lombok lainnya, yaitu desa Senaru dan desa Sade.

Menyusuri Desa Senaru Yang Masih Menjaga Kebudayaanya

Wisata di Desa Senaru
Wisata di Desa Senaru

Pendaki yang akan mendaki Gunung Rinjani pasti melewati desa tradisional khas Lombok ini. Wisata ke desa tradisional memang belum populer di kalangan wisatawan karena kebanyakan wisatawan yang datang ke Lombok hanya menikmati keindahan pantai dan wisata baharinya. Padahal desa tradisional di Lombok tidak kalah menarik. Salah satu desa yang sedang booming ialah desa Senaru.

Udara di desa ini sangatlah sejuk karena berada di ketinggian 700 mdpl. Rumah-rumah yang berada di desa ini masih tradisional. Rumahnya terbuat dari bambu dan atapnya menggunakan ilalang. Sedangkan fondasinya berupa tanah atau batu.

Ciri khas rumah tradisional Lombok ialah berugaq atau gazebo. Masyarakat memiliki kepercayaan bahwa orang tua harus menempati rumah di sebelah timur berugaq dan anak-anak di sebelah barat berugaq. Jika dilanggar akan mendapat malapetaka seperti panyakit yang akan menimpanya.

Deretan rumah tradisional yang berada di tanah seluas 2 hektare itu memang dikhususkan sebagai objek wisata. Ada dua jenis rumah di sini yaitu rumah yang bertiang empat, disebut dengan sekepat dan rumah yang bertiang enam, disebut dengan sekenam.

Suasana desa ini masih sangat tradisional. Air yang dipakai untuk keperluan sehari-hari diambil dari sumur yang harus ditimba. Di sini juga tidak ada alat elektronik seperti televisi sehingga anak-anak bermain bebas di luar bersama teman sebayanya. Satu-satunya perangkat modern yang ada di desa ini ialah sepeda motor yang diparkir di halaman. Namun secara keseluruhan, cara hidup masyarakat desa ini masih mempertahankan adat tradisionalnya. Wisatawan dapat menyaksikan kehidupan tradisional masyarakat desa Senaru ini.

Desa Senaru juga terkenal dengan wisata air terjunnya yang indah yaitu Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Tiu Kelep, Air Terjun Batara Lejang. Air terjun tersebut berada di tengah-tengah hutan sehingga selain menikmati keindahan air terjun, wisatawan juga dapat merasakan suasana alam di hutan yang masih asri.

Keunikan Rumah Adat Desa Sade Yang Harus Anda ketahui

Wisata di Desa Sade Lombok
Wisata di Desa Sade Lombok

desa Sade merupakan salah satu desa yang masih mempertahankan budaya suku Sasak mulai dari bentuk bangunan, adat istiadat, dan budaya selain desa Banyumulek. Masyarakatnya masih memegang teguh budaya mereka hingga sekarang di tengah-tengah maraknya budaya barat.

Rumah adat suku Sasak terbuat dari bambu dan atap yang terbuat dari ijuk. Hal yang unik dari rumah-rumah sasak ialah lantainya dilapisi kotoran kerbau secara berkala. Namun anehnya, kotoran tersebut tidak meninggalkan bau malah berfungsi sebagai pengusir nyamuk dan penghangat ruangan.

Terdapat tiga jenis rumah adat khas desa Sade.. Yang pertama bangunan berlantai dua yang disebut rumah tani dengan lantai pertama hanya berisi kamar tidur dan sebuah lemari dan lantai kedua yang berfungsi sebagai dapur dan tempat persalinan. Bangunan kedua yaitu rumah lumbung yang berfungsi sebagai tempat menyimpan padi. Bangunan ketiga yaitu rumah adat Kodong yang dipakai oleh pasangan pengantin baru, anak-anak, dan manula.

Mata pencaharian utama penduduknya yaitu petani. Sebagian ada yang menjadi tour guide lokal. Lalu wanita biasanya menenun. Di sini wisatawan dapat melihat langsung proses menenun mulai dari memintai kapas, mewarna, lalu menenun benang. Anda dapat membeli oleh-oleh khas Lombok terutama kain tenun asli desa Sade.
Itulah beberapa informasi objek wisata di Pulau Lombok mengenai dua desa tradisional Lombok. Jika anda tertarik dengan adat dan budaya, anda dapat mengunjungi dua desa ini untuk menambah wawasan anda. Mau mengunjungi objek wisata di Pulau Lombok yuk hubungi Lombok Tour Plus.

Save