Taman Narmada Lombok menjadi salah satu destinasi wajib ketika Anda berlibur ke Lombok. Ini merupakan taman terbesar yang dibuat oleh Kerajaan Bali yang pernah berkuasa di Lombok. Mata air yang berada di taman ini berasal dari gunung Rinjani dan ada mitos berkembang dikalangan masyarakat, bahwa air ini dapat membuat seseorang terlihat lebih awet muda. Konon, nama Narmada sendiri diambil dari kata Narmanadi yang merupakan anak sungai di India. Bagi umat Hindu, air merupakan elemen yang sangat suci sehingga tidak heran jika mitos air awet muda ini kemudian berkembang.

Taman ini memiliki beberapa kolam serta bangunan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Lokasi taman ini berada di desa Lembuak, kecamatan Narmada, kabupaten Lombok Tengah. Jaraknya sekitar 10km dari Kota Mataram. Taman ini menyajikan keindahan panorama alam yang sangat indah dan senantiasa menyejukkan mata. Menurut sejarahnya, taman ini dibuat pada masa adanya raja Anak Agung Ngurah Karangasem, yang ketika itu merupakan raja dari kerajaan Karangasem itu sendiri. Taman yang pada awalnya difungsikan sebagai tempat upacara pakelem, kini menjadi destinasi wisata yang selalu dipenuhi pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri.

Apa Saja Yang Bisa Dinikmati Ketika Berkunjung ke Taman Narmada Lombok?

Taman Narmada Lombok

Taman Narmada Lombok

Saat Anda menginjakkan kaki di taman ini, maka suasana alam yang masih alami dan segar akan segera Anda rasakan. Ada beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke taman ini seperti:

Balai Petirtaan

Balai Pertitaan memiliki mata air yang berasal dari gunung Rinjani. Ini menjadi tempat pertemuan tiga sumber air yakni Lingsar, Narmada, dan suranadi. Biasanya Anda akan diharuskan untuk memakai selendang kuning sebelum memasuki area ini. Airnya yang sejuk dipercaya dapat membuat Anda awet muda. Tempat ini termasuk dalam daftar favorit wisatawan.

Bale Terang

Selain kolam dan mata airnya, Anda juga bisa berkunjung ke Bale Terang. Di salah satu spot dari Taman Narmada Lombok yang memiliki luas hampir 3 hektar ini, terdapat bangunan khusus bernama Bale Terang. Bangunan ini berbentuk seperti rumah panggung. Bagian bawah dari bangunan ini dulunya berfungsi sebagai gudang. Sedangkan bagian atasnya terdapat 3 ruangan yang berfungsi sebagai kamar keluarga kerajaan. Dua ruangan merupakan kamar permaisuri Lombok dan Bali yang masing-masing berada di bagian Selatan dan Utara bangunan. Sedangkan satu ruangan lagi dibagian tengah merupakan ruang terbuka yang mengarah ke tempat pemandian para selir.

Telaga Ageng

Telaga Ageng merupakan replika dari Segara Anakan. Disamping telaga ini adalah tempat pemandian raja dan sekarang ini, telaga ini beralih fungsi menjadi kolam pemandian umum yang bisa dinikmati para wisatawan. Banyak wisatawan yang menghabiskan waktu untuk sekedar berendam atau berenang di pemandian ini jika berkunjung ke Taman Narmada.

Pura Narmada

Satu lagi yang menjadi bagian sejarah Taman Narmada adalah Pura Narmada. Ia terletak tepat diatas Telaga Ageng. Bentuk dari pura ini menyerupai punden berundak yang unik dan tentu saja menarik. Pura Narmada ini merupakan satu dari delapan pura tertua di Pulau Lombok. Pura ini bahkan menghadap langsung ke Bale Terang, menjadikan lokasinya sangat strategis.

Kemudahan Akses Menuju Taman Narmada Lombok

objek wisata taman narmada lombok

objek wisata taman narmada lombok

Banyak spot menarik yang kaya akan unsur sejarah di Taman Narmada. Sehingga semakin banyak saja wisatawan yang penasaran ingin melihat megahnya taman ini dan merasakan berenang di kolam tempat pemandian raja dahulu. Untuk bisa berkunjung ke taman raja ini, tidak dibutuhkan akses yang sulit. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi taman indah ini ketika berlibur ke Lombok.

Lombok Tour Plus selalu siap dengan senang hati melayani kebutuhan Anda untuk berwisata ke pulau Lombok, khususnya Taman Narmada ini. Kami adalah partner terbaik perjalanan wisata bersejarah Anda ke Taman Narmada Lombok. Kami menyediakan berbagai fasilitas yang dapat menunjang semua aktifitas Anda selama berlibur ke Lombok. Jadi, perjalanan Anda tentu lebih terasa semakin berkesan dan menyenangkan.

Save