Gunung Pengsong Lombok merupakan tempat yang istimewa di Lombok. Selain menjadi destinasi wisata yang menyajikan keindahan alamnya yang mempesona, ia juga menjadi tempat dimana pura Pengsong berada sebagai objek wisata religi bagi umat Hindu. Gunung ini terletak di kecamatan Labu Api, kabupaten Lombok Barat, NTB. Gunung Pengsong ini merupakan bukit batu hitam yang dipenuhi dengan pepohonan rindang. Ketinggian puncaknya mencapai 200 meter diatas permukaan laut. Dari sinilah, kita bisa mengamati panorama menakjubkan kota Mataram dan Lombok Barat. Berbagai sisi dan sudut kota Mataram dan Lombok Barat tersaji dengan jelas dan indah, memberikan kepuasan tersendiri bagi yang berhasil naik ke puncak gunung Pengsong ini.

Yang lebih menarik lagi dari gunung ini ialah keberadaan Gunung Pengsong Lombok. Konon, ini adalah pura pertama dan tertua yang berada di Lombok. Tak heran jika banyak pula wisatawan umat Hindu yang ingin mengunjungi pura ini untuk berwisata religi. Kawasan wisata gunung Pengsong ini memiliki luas wilayah lebih dari 11 hektare. Sejak tahun 1996, kawasan ini ditetapkan sebagai salah satu destinasi atau objek wisata yang berada di Lombok. Dengan luas yang cukup besar, tentunya ini menjadi destinasi yang menyenangkan untuk para wisatawan.

Hal Menarik Mengenai Gunung Pengsong Lombok

Di Lombok begitu banyak hal menarik untuk dinikmati selama berwisata. Mulai dari objek wisatanya sampai pada kuliner khas dan kerajinan masyarakat lokal semua membaur menjadi satu paket yang bisa dinikmati dalam satu waktu. Wisata paket komplit memang pantas untuk mengibaratkan bagaimana lengkapnya aset pariwisata Lombok. Di gunung Pengsong sendiri, ada beberapa hal menarik yang harus anda ketahui, seperti:

Pura Gunung Pangsung
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa ini merupakan pura pertama dan tertua yang ada di Lombok. Sehingga banyak yang berkunjung ke pura ini untuk berwisata religi sekaligus menikmati keindahan pemandangan alam sekitar dari ketinggian.

Habitat alam di pegunungan
Di Gunung Pengsong Lombok ini, kita bisa menyaksikan bagaimana habitatnya masih terjaga dengan baik. Disini juga dipenuhi dengan pepohonan rindang yang menyejukkan para pendaki dan wisatawan. Jenis pohon pun sangatlah beragam mulai dari albasiah sampai pohon beringin menjadi bagian dari habitat yang hidup di gunung ini.

Kawanan Kera
Kawanan kera juga masuk dalam habitat hewan yang menghuni gunung ini. Ketika kita menjelajahi gunung Pengsong ini, kita akan disambut kawanan kera dengan berbagai tingkahnya yang lucu. Kera dengan berwarna coklat keabuan hidup disini dan terjaga kelestariannya. Kita bisa memberikan makanan pada kawanan kera dan mereka akan berebut dengan tingkahnya yang sangat menghibur.

Keistimewaan Ketika Berwisata ke Gunung Pengsong Lombok

Mendaki dan berwisata ke Gunung Pengsong Lombok bukanlah kegiatan biasa. Kita dapat menemukan berbagai hal istimewa di gunung ini mulai dari habitat alamnya yang masih asli, sampai keberaan Pura Pangsung sebagai objek wisata religinya. Sebelum mendaki, biasanya kita akan diberik kain selendang berwarna kuning yang kemudian diikatkan di pinggang. Bagi perempuan yang sedang datang bulan maka dilarang memasuki kawasan Pura karena ini merupakan tempat suci bagi umat Hindu untuk melaksanakan ibadah. Meskipun rasa lelah cukup terasa ketika mengunjungi Gunung Pengsong Lombok, namun semuanya terbayarkan ketika kita sampai dipuncak dan melihat semua keindahan darisana. Pesawahan, pemukiman sampai perairan teluk bisa terlihat dari atas puncak.

Berwisata ke Gunung Pengsong Lombok akan menjadi pengalaman yang berharga terutama bagi anda yang memang mencari kawasan wisata yang masih asli serta jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Objek wisata yang menyejukkan dan mendamaikan hati ini merupakan destinasi favorit para pelancong. Anda bisa merencanakan wisata ke gunung ini bersama kami, Lombok Tour Plus. Bersama kami, liburan dan wisata anda ke gunung Pengsong akan lebih aman dan nyaman. Kami selalu menyediakan fasilitas dan paket wisata terbaik untuk anda pilih untuk menunjang perjalanan wisata anda.