Wisata Menarik Dan Menantang Menuju Air Terjun Kerta Gangga Lombok

Air Terjun Kerta Gangga Lombok yaitu air terjun yang cukup unik yang berada di wilayah Lombok Utara, tepatnya di Dusun Kerta Desa Genggelang di Kecamatan Gangga. Yang paling khas dan unik dari air terjun ini adalah tiga buah air terjun yang bisa dinikmati sekaligus. Ketiganya ini bisa dinikmati hanya dalam satu kali kunjungan. Sebagai air terjun yang menyuguhkan tiga buah air terjun dalam satu waktu dan satu tempat, maka kawasan wisata ini menjadi salah satu lokasi wisata yang paling menarik dikunjungi wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara.

Perjalanan Menuju Air Terjun Kerta Gangga Lombok

Untuk menuju lokasi wisata ini pengunjung hanya perlu berjalan dengan kendaraannya dari Tanjung pusat, menuju timur ke arah Desa Gondang. Maka nantinya di sebelah kanan akan terlihat penunjuk arah menuju air terjun tersebut yakni tepat di pertigaan jalan. Maka dari sini hanya 7 km bisa tiba di tempat tujuan wisata. Dalam perjalanan ini para wisatawan akan disuguhi dengan jalanan berpasir, dengan beberapa kelok yang tentu harus dilalui dengan hati-hati. Apalagi jalan tersebut memang tidak lebar sehingga perlu lebih waspada. Tapi nantinya perjalanan anda tidak akan sia-sia setelah tiba di tempat lokasi. Apalagi sepanjang perjalanan juga anda akan disuguhi dengan panorama bukit hijau yang berbaris rapih dengan latar pemandangan laut yang biru. Setelah melewati jalan tersebut maka pengunjung akan masuk ke Dusun Kerta. Dari sini hanya 2 km lagi maka anda akan tiba di tempat lokasi. Anda perlu berjalan menanjak menuju atas dan akan terlihat di sebelah kiri air terjun yang sangat eksotis.

Fasilitas di Kawasan Air Terjun Kerta Gangga Lombok

Tentunya setiap pengunjung akan merasa lebih nyaman dengan berbagai layanan fasilitas yang diberikan di sekitar Air Terjun Kerta Gangga Lombok. Seperti diantaranya adalah arena parkir mobil yang ada di sebelah kiri dan sepeda motor di sebelah kanannya. Selain itu, di tempat parkir tersebut akan terlihat beberapa penjual buah seperti duren dan rambutan.

Untuk mencapai air terjun dari lahan parkir tersebut, maka pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan luar biasa yaitu dari sebuah pemandangan sawah yang membentang luas, dengan sebuah berugak tinggi milik para petani. Selanjutnya terdapat dua berugaq dengan ukuran 2×2 meter di samping anak tangga menuju puncak air terjun. Berugaq tersebut memiliki lantai keramik dan beratap merah yang tentunya bisa memfasilitasi pengunjung yang hendak beristirahat sejenak.

Keunikan yang Bisa Dinikmati dari Air Terjun Kerta Gangga Lombok

Ketika tiba di lokasi Air Terjun Kerta Gangga Lombok pertama, maka wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan persawahan di sebelah timur. Sawah tersebut dikelilingi bukit dan juga terdapat lautan biru sebagai latarnya. Bahkan akan nampak juga tiga gili yang bisa memanjakan mata pengunjung. Pada bagian air terjun pertama ini terdapat kolam di bagian bawahnya yang sangat dangkal, sehingga sangat aman untuk tempat bermain anak-anak atau balita.

Pada pemandangan air terjun kedua yaitu hanya beberapa meter di belakang air terjun yang pertama, maka akan terlihat sebuah lorong dengan jembatan yang terbuat dari bahan besi dan juga memiliki pegangan besi di sisi kanan dan kiri. Air terjun kedua ini nampak sangat unik, karena berada di dalam gua yang dikelilingi tebing bebatuan yang curam. Sementara pintu masuknya pun hanya ada selebar kurang lebih dua meter. kolam pada air terjun ini cukup dalam sehingga memberikan sensai berbeda saat memasuki airnya. Untuk menikmati air yang jatuh pada air terjun kedua ini maka pengunjung perlu berenang menyeberangi kolam sejauh 10 meter.

Sementara pada air terjun ketiga yang memang cukup jauh perlu dicapai dengan cara menuruni air terjun pertama dan kedua. Selanjutnya wisatawan perlu berjalan memutar dan melintasi sawah, sehingga akan nampak air terjun yang sebetulnya merupakan terusan dari air terjun kedua. Walaupun perjalanannya cukup menantang dan memang sangat cocok bagi wisatawan yang senang berpetualang, tapi anda takkan menyesal setelah tiba di air terjun ini.