Luar Biasa! Ini Dia Keindahan Pantai Tanjung Aan Lombok Yang Mendunia

Luar Biasa! Ini Dia Keindahan Pantai Tanjung Aan Lombok Yang Mendunia

Pantai Tanjung Aan Lombok yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat, tepatnya berada di daerah Mandalika ini memiliki keindahan alam yang bisa membuat siapa saja berdecak kagum. konon katanya disinilah lokasi dari tempat putri Mandalika dahulu terjun darii tebing, karena diburu oleh laki-laki yang ingin menikahinya. Selain keindahan pantainya, anda juga bisa mengikuti acara tradisi yang asli berasal dari daerah sini sendiri.

Pantai ini juga ternyata memiliki dua sisi pantai tetapi berbeda, sisi pantai sebelah kanan memiliki pasir yang berwarna putih dan halus. Sedangkan sisi sebelah kirinya memiliki pasir yang berwarna kecoklatan bertekstur seperti butiran merica.

Pantai eksotis yang menghadap ke arah samudera Hindia ini berhasil menghipnotis para pengunjung yang berlibur di pulau Lombok. Jika anda Ingin tahu keterangan selanjutnya silahkan perhatikan ulasan di bawah ini.

Ini Dia Daya Tarik Pantai Tanjung Aan Lombok

Mendaki tanjung aan lombok
Mendaki tanjung aan lombok

Jika anda mengunjungi pantai yang indah nan eksotis ini, anda akan menemukan pantai ini layaknya seperti pantai milik pribadi, karena suasananya yang dominan tenang, dan pantai ini juga masuk dalam kategori pantai perawan.
Tidak seperti pantai yang lain, anda bisa menjadikan Tanjung Aan sebagai pelarian dari kepenatan dan kesibukan perkerjaan dan hiruk pikuk kota besar.

Kalau anda sadar, pantai ini memiliki dua pasir yang berbeda, yang di sebelah kiri pantai pasirnya terasa sedikit kasar seperti merica, makanya juga ada yang menyebut pantai ini sebagai pantai Merica.
Sedangkan bagian kanan pantai, memiliki pasir yang berwarna putih seperti susu.
Bagi anda yang ingin menikmati ketenangan saat liburan, pantai ini sangat cocok menjadi pilihan yang tepat.

Aktivitas Menyenangkan Yang Bisa Anda Lakukan di Pantai Tanjung Aan Lombok

wisata pantai tanjung aan lombok
wisata pantai tanjung aan lombok

Aktivitas yang dapat anda lakukan di pantai sangat beragam, anda bisa berenang, berjalan-jalan di tepi pantai, sekedar bermain air ataupun hanya berjemur di atas pasir saja. Karena airnya yang terbilang dangkal, anda tidak perlu khawatir berbahaya.

Bagi para wisatawan yang memiliki kegemaran snorkling, anda juga bisa melakukannya disini, karena selain suasana alamnya yang masih sangat indah, wisata bawah laut pantai ini juga tidak kalah cantiknya. Peralatan snorkeling tidak harus membawa sendiri milik pribadi, and ajuga bisa menyewanya di penyewaan.
Selain berenang, snorkling dan sekedar berjalan-jalan, ada satu hal lagi yang juga bisa dilakukan di pantai ini, kegiatan ini biasanya sangat disukai oleh para wisatawan mancanegara atau turis-turis asing yang berasal dari luar negeri.

Tradisi dan Sejarah Bau Nyale Yang Wajib Anda Ketahui

Seperti yang kita tahu pada umumnya, di setiap tempat pasti memiliki keunikan dan tradisi adat masing-masing, apalgi yang berada di wilayah pedalaman, sudah pasti tidak akan lepas dari tradisi-tradisi tertentu daerah tersebut.
Seperti di wisata di Lombok ini, tradisi adat yang biasa dilakukan yaitu bernama Bau Nyale, konon katanya tradisi adat ini memiliki hubungan dengan mitos putri Mandalika yang melompat dari tebing karena diburu oleh lelaki yang akan menikahinya.

Tradisi ini yaitu mengumpulkan cacing laut yang katanya adalah hasil reinkarnasi dari putri Mandalika tersebut.
Nyale berarti cacing, maka dari itu di setiap bulan februari, jika anda mengunjungi pantai ini, anda akan melihat sendiri bagaimana tradisi ini berlangsung, berlomba-lomba mencari ikan laut untuk dikumpulkan, dan bahkan anda juga bisa mengikuti tradisi seperti yang dilakukan orang-orang asli pantai ini. Nah, cacing laut ini digunakan untuk bahan dasar lokal untuk membuat makanan khas pulau Lombok ini.

Tips Mengunjungi Pantai Tanjung Aan Lombok

ada beberapa tips yang dapat Anda coba saat mengunjungi pantai ini.
– Jika memungkinkan, berangkatlah pada pagi hari, agar anda bisa melakukan aktivitas lebih banyak
– Bawalah kacamata hitam, payung atau gunakanlah sunblock karena anda berada di wilayah pantai.
– Gunakanlah alas kaki yang senyaman mungkin.
– Jangan lupa membawa uang cash yang cukup untuk berjaga-jaga
– Jangan membawa barang berharga agar tidak terjatuh saat bermain.

Diatas adalah beberapa informasi tentang pantai Tanjung Aan Lombok yang sangat dikenal keindahannya menghipnotis para pengunjung, dan beberapa tips yang mungkin akan berguna bagi anda.

Save