Lombok adalah pulau indah yang ada di Indonesia dan sering dijadikan destinasi wisata oleh para wisatawan lokal dan juga wisatawan mancanegara. Tentunya ada banyak kawasan wisata yang bisa dikunjungi di Lombok dan semuanya memberikan keindahan luar biasa yang sangat menarik dan memanjakan mata, jadi dipastikan para wisatawan akan terus merasa betah dan ingin berlama-lama ada di Lombok. ditambah dengan makanan khas Lombok yang sangat lezat dan enak memiliki citarasa pedas. Jadi, anda yang suka pedas maka sangat cocok mengunjungi Lombok, karena disini menyediakan banyak makanan dengan rasa pedas yang sangat khas.

Ragam Makanan Khas Lombok yang Paling Utama

Ibu Dian dan Sahabat Menikmati makanan khas Lombok

Ibu Dian dan Sahabat Menikmati makanan khas Lombok

Ada banyak Wisata Kuliner yang bisa dicicipi oleh para wisatawan. Dan tentunya semua masakan itu akan terasa sangat nikmat dan membuat anda ingin makan dan makan lagi. Beberapa makanan yang paing wajib dan merupakan keutamaan dari Lombok diantaranya adalah:

a. Plecing kangkung
Yaitu makanan Lombok yang terbuat dari kangkung dengan jenis berbeda yaitu memiliki batang lebih besar dan sangat gurih. Kangkung ini hanya direbus dan kemudian disiram dengan sambal tomat yang pedas dan terdapat rasa terasi dan perasan jerup purut sehingga terasa lebih nikmat dan lumer di mulut.

b. Ayam Taliwang
Adalah jenis ayam bakar yang merupakan ayam utuh dilumuri dengan bumbu khas yang pedas dan kemudian dibakar.

c. Sate Bulayak
Merupakan jenis sate yang terbuat dari daging sapi dan biasa ditemani dengan ketupat yang berbentuk bulat memanjang dan dibungkus daun pisang. Sate ini dimasak dengan menggunakan bumbu kacang yang dicampur santan dan kemiri.

d. Nasi Puyung
Adalah nasi putih yang dicampur dengan rasa pedas yang sangat tinggi dan didalamnya dicampur dengan kacang kedelai, kentang goreng kremes, sambal daging dan juga sambal pedas.

Adapun makanan lainnya yang bisa anda coba:
Kelaq Batih, Yaitu terbuat dari biji buncis yang sudah tua dan kemudian dicampur dengan daun singkong muda yang dimasak menggunakan bumbu rempah merica, ketumbar, lengkuas, jahe, kencur, caber merah, bawang merah, cengkeh, bawang putih, terasi, penyedap dan juga garam.
Nasi Sukaraja, merupakan nasi campur yang diolah dengan campuran sayuran dan bumbu khusus yang dimasak bersama santan. Yang khas adalah nasi ini dimasak memggunakan tungku tanah dan kayu bakar sehingga rasanya sangat khas.

Sate Tanjung, Adalah jenis sate yang punya rasa bumbu pedas manis dan biasa disajikan dengan urap sayur atau plecing kangkung dan sate ini disajikan diatas opak singkong.
Ares, Yaitu sayuran kuliner khas Lombok terbuat dari batang pohon pisang muda yaitu pisang kapok yang dimasak bersama santan dan bumbu rempah.

Keleq Sebie, Juga jenis sayuran yang dibuat dengan bumbu pedas cabe rawit hijau dengan bawang merah dan putih serta terasi dan santal, adapun didalamnya terdapat ikan tongkol, kacang panjang dan terong ungu.

Sate Rembige, Merupakan sate terbuat dari daging sapi, hati sapi dan juga sate pusut yang kemudian dimasak dengan bumbu kuat dan disajikan bersama lontong.

Tempat-tempat Yang Menyajikan Masakan Khas Lombok

Plecing Kangkung Kuliner Khas Lombok

Kuliner Khas Lombok

Jika anda berkunjung ke Lombok maka pastikan diri anda mencicipi Masakan Khas Lombok atau setidaknya yang disebutkan diatas. Adapun makanan tersebut bisa anda dapatkan di berbagai tempat wisata. Misalnya adalah pelecing kangkung yang bisa anda temukan di Kota Mataram di berbagai rumah makan besar. Adapun keleq Betih memang jarang ditemukan di restoran atau rumah makan tapi bisa anda coba saat anda mengunjungi desa yang ada di Lombok dari tangan masyarakat Lombok yang memasaknya langsung untuk anda.

Adapun sate bulayak bisa anda temukan di wilayah sepanjang jalan Udayana kota Mataram, juga di daerah Taman Hutan Suranadi di Lombok Barat serta di Pantai Senggigi. Nasi puyung ada di berbagai warung nasi yang ada di depan Bandara Internasional Lombok. nasi sukaraja bisa ditemukan di beberapa warung tempat wisata pantai dan air terjun. Sate tanjung bisa anda temukan di wilayah Tanjung Lombok Utara. Masakan ares ada di warung-warung makan di sekitar tempat wisata lombok. ada banyak restoran dan hampir semuanya menyajikan makanan ayam tawilang khususnya di Kota Mataram. Sate Rembige ada di wilaah Rembige kota Mataram.

Save