Mengeksplorasi Taman Narmada Lombok

Mengeksplorasi Taman Narmada Lombok

Pulau Lombok sudah terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Pulau Lombok memiliki banyak objek wisata yang menonjolkan keindahan alam yang tidak tertandingi. Sebut saja Taman Narmada Lombok. Taman Narmada merupakan objek wisata berupa taman yang lokasinya sekitar 11 kilometer sebelah timur dari ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat, yaitu kota Mataram. Taman Narmada dnobatkan sebagai taman wisata di Lombok paling besar sekaligus paling tua di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Taman ini sudah berdiri sejak tahun 1727 Masehi. Taman Narmada pada masa kekuasaan Raja Anak Agung Ngurah Karangasem. Taman Narmada didirikan sebagai tempat melaksanakan ritual pekelem atau pengorbanan yang seharusnya diadakan di puncak Gunung Rinjani yang berada pada ketinggian 3.726 di atas permukaan air laut. Namun, raja sudah terlalu tua untuk naik ke puncak Gunung Rinjani. Sehingga, raja memutuskan mendirikan Taman Narmada di kota Mataram yang merupakan miniatur dari Gunung Rinjani.

Konsep Arsitektur Taman Narmada Lombok Yang Unik & Menarik

Taman Narmada Lombok
Taman Narmada Lombok

Konsep arsitektur dari Taman Namada Lombok sangatlah menarik. Konsep arsitektur dari taman ini dibuat menyerupai Gunung Rinjani serta objek-objek yang ada di sekitar Gunung Rinjani. Di tengah Taman Narmada terdapat tiga kolam air besar yang menyerupai danau Segara Anak yang berada di puncak Gunung Rinjani. Air yang ada di tiga kolam tersebut sangatlah jernih karena berasal dari mata air di puncak Gunung Rinjani.

Pura Kelasa Taman Narmada
Pura Kelasa Taman Narmada

Jika masuk ke bagian lebih dalam Taman Narmada Lombok, Anda akan disuguhkan dengan keindahan arsitektur sebuah pura. Pura yang berada di dalam Taman Narmada diberi nama Pura Kalasa. Pura Kalasa memberikan sensasi menaiki puncak Gunung Rinjani karena Anda harus menaiki ratusan anak tangga dari batu sebelum mencapai Pura Kalasa. Anda mungkin akan merasa lelah karena menaiki anak tangga yang jumlahnya ratusan. Belum lagi Anda tidak bisa menaiki tangga dengan cepat karena ada banyak wisatawan yang juga menaiki tangga menuju Pura Kalasa. Namun, rasa lelah Anda akan terbayar ketika sudah mencapai Pura Kalasa. Bangunan Pura Kalasa dikelilingi oleh kolam renang dengan air yang berasal dari puncak Gunung Rinjani serta pohon-pohon besar yang sangat rindang. Pura Kalasa menawarkan udara yang begitu segar serta pemandangan yang sangat menawan.

Taman Narmada Lombok
Taman Narmada Lombok

Pura Narmada Lombok memiliki kegiatan tahunan yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu ritual Pujawali. Ritual Pujawali merupakan ritual yang diadakan oleh umat Hindu sebagai ungkapan syukur kepada para dewa yang telah memberikan banyak berkah dalam satu tahun tersebut. Ritual Pujawali dilaksanakan dengan melakukan pengorbanan. Selain itu, ada ritual lain yang diadakan di Taman Narmada yaitu ritual Pakelem. Ritual Pakelem dulunya merupakan ritual yang dilaksanakan oleh raja untuk meminta kesejahteraan kepada para dewa di Gunung Rinjani. Namun, ritual tersebut kini beralih menjadi ritual mendoakan arwah raja beserta anggota keluarga kerajaan yang sudah meninggal. Kedua ritual tersebut diadakan di dalam Pura Kalasa.

Taman Narmada Lombokterbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama dari Taman Narmada disebut sebagai Bale Agung. Bale Agung merupakan tempat bagi raja mengadakan pertemuan dengan para menteri atau anggota keluarga kerajaan yang lain. Bale Agung juga sering digunakan sebagai tempat raja menyambut tamu dari kerajaan lain. Sedangkan, bagian kedua dari Taman Narmada disebut sebagai Bale Loji. Bale Loji merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan persediaan senjata milik pasukan kerajaan serta kuda. Sejak dijadikan objek wisata, ada satu bagian lagi yang ditambahkan di Taman Narmada, yaitu tempat untuk membeli suvenir dan oleh-oleh khas Lombok.

Tidak hanya keindahan bangunan saja yang membuat Anda harus datang ke Taman Narmada Lombok. Taman Narmada merupakan objek wisata yang mengasyikkan karena di dalam taman tersebut terdapat kolam renang yang dapat digunakan oleh para wisatawan. Kolam renang tersebut memiliki air yang sangat jernih sekaligus sejuk. Air yang ada di kolam renang Taman Narmada berasal dari mata air di puncak Gunung Rinjani, sehingga tidak dicampur dengan kaporit atau bahan kimia lainnya. Selain itu, orang-orang percaya bahwa mencuci muka di air kolam Taman Narmada akan membuat awet muda.