Taman Suranadi menawarkan keindahan pemandangan alam yang sangat sejuk dan bisa merasakan sensasi berbeda saat bertemu dengan hewan khas di taman ini. Berkunjung ke Pulau Lombok tentu tidak akan lengkap jika hanya sebatas melihat pantai dan air terjun. Karena Lombok memiliki Taman Suranadi yang menyuguhkan keindahan lebih sejuk dan di dalamnya terdapat suasana sakral yang bisa dirasakan oleh pengunjung. Kawasan taman ini merupakan sebuah hutan yang dijadikan tempat wisata karena di dalamnya terdapat bangunan kuno dan juga beberapa keunikan seperti adanya hewan monyet. Karena itu setiap pengunjung yang datang kesini bisa merasakan wisata sejarah, wisata budaya dan wisata religi dalam sekali waktu dan satu tempat. Ditambah dengan suasana yang sangat tenang dan sejuk akan membuat pikiran wisatawan lebih damai.

Keindahan dan Kesegaran yang Bisa Dirasakan di Taman Suranadi

Taman Suranadi ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah sehingga bisa memanjakan mata pengunjung dan membuatnya tidak merasa bosan. Kawasan taman ini berada di wilayah Kecamatan Narmada di bagian Barat Lombok dengan luas mencapai 52 hektar. Keindahan yang dihidangkan dari taman ini adalah suasananya yang masih sangat asri dan alami sehingga memberikan udara yang lebih segar, sejuk dan dingin. Bahkan pengunjung bisa menikmati indahnya pepohonan yang sangat terjaga.
Terdapat pula dua jenis pohon terawat seperti pohon Pulai dan Pohon Beringin, serta beberapa pohon merambat. Tidak hanya untuk sekadar berkeliling dan menikmati pemandangan, tapi pengunjung juga bisa mengadakan kegiatan kamping atau berkemah disini. Disediakan pula fasilitas outbound yang menyenangkan. Sehingga bisa membuat wisata keluarga atau bersama teman menjadi lebih asyik dan menyenangkan.

Keunikan dari Taman Suranadi yang Khas

Yang paling khas dari Taman Suranadi adalah adanya hewan hutan yaitu monyet yang memang hidup bebas dan bisa bertatap langsung bersama pengunjung. Monyet yang ada di hutan ini sangat ramah dan bersahabat sehingga tidak akan membahayakan pengunjung yang datang. Justru monyet tersebut akan menyapa dengan mendekati pengunjung, hewan ini pun memberikan keunikan khusus untuk Suranadi sebagai kawasan wisata. Tidak hanya hewan hutan Suranadi yang bisa memberikan sensasi berbeda saat berada disini tapi juga dari hal lainnya seperti suasana sakral dari sebuah pura dan kenikmatan dari kolam yang segar.

Wisata Sejarah, Budaya dan Religi di Taman Suranadi

Para pengunjung yang datang ke Taman Suranadi juga bisa merasakan wisata sejarah dan budaya serta wisata religi karena di dalamnya terdapat sebuah pura yaitu Pura Suranadi yang dijadikan sebagai tempat persembahyangan atau berdoa bagi para umat Hindu Lombok. Pura ini memiliki beberapa area yaitu area yang disucikan sebagai tempat berdoa disebut area Utama Mandala. Adapun tempat yang bisa dikunjungi pengunjung adalah area Madya Mandala, dan juga kawasan yang digunakan untuk berbagai aktifitas seperti upacara atau lainnya adalah Nista Mandala.

Di samping itu, terdapat pula sebuah kolam pemandian dengan air yang suci dan dipercaya tidak akan pernah kering walaupun berada di musim kemarau. Terdapat juga beberapa pancuran di sekitar Pura Suranadi yang disebut dengan Pura Panca Tirta yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan memberikan kehidupan yang lebih baik. Karena itupun banyak orang yang mensucikan diri dengan air pancuran tersebut setelah berdoa. Beberapa pancuran tersebut adalah pancuran Air Suci Pembersih, Air Suci Pengentas, Air Suci Pelukatan dan Air Suci Petirta.

Dengan adanya tempat suci atau Pura ini maka pengunjung yang ingin melihat Pura pun akan disediakan kain kuning untuk dijadikan selendang. Aturan lainnya adalah melarang wanita yang sedang berhalangan untuk tidak memasuki kawasan pura. Masyarakat Hindu juga mengadakan upacara Sasih Kapat yang diselenggarakan pada setiap bulan purnama di bulan Oktober dan November.

Bagi para wisatawan yang berkunjung ke Taman Suranadi ini bisa membersihkan diri di sebuah kolam yaitu Taman Pemandian Suranadi. Air di kolam ini akan terasa sangat sejuk dan dingin, bahkan anda akan merasa nikmat dengan air yang begitu jernih dan bersih. Di bagian bawahnya pun terdapat Pancuran Sembilan yang airnya adalah mengalir dari sungai di sebelah Barat Taman ini.