Menelusuri Taman Raja Penuh Sejarah di Taman Narmada Lombok

Menelusuri Taman Raja Penuh Sejarah di Taman Narmada Lombok

Taman Narmada terletak di Lombok bagian Barat, jarak tempuh untuk mencapai tempat wisata ini sekitar 10 km, dari sebelah timur kota Mataram. Taman Narmada Lombok memiliki banyak cerita sejarah, yang di bangun pada tahun 1727 oleh Raja Anak Agung Ngurah Karangasem. Taman ini tak hanya memiliki cerita sejarah, namun juga memiliki keindahan Taman dan Kolam yang sangat menarik untuk Anda kunjungi. Taman Narmada Lombok menyuguhkan pada Anda wisata Taman, dengan pemandangan yang indah dan unik.

Sejarah di Taman Narmada Lombok

Nama Taman ini di ambil dari nama sungai suci di india, yaitu Narmada. Taman Narmada Lombok ini merupakan miniatur dari Gunung Rinjani, yang sengaja di bangun oleh Raja Anak Agung Ngurah Krangasem, untuk melakukan ritual kurban ( pekelem ). Perayaan ini dilakukan pada bulan purnama kelima atau sering disebut juga sebagai tahun caka.

Taman Narmada Lombok merupakan replica dari Gunung Rinjani dan Segara Anak, sebuah danau didalam kawah Rinjani. Taman disekitar pura sangat indah, karena dikelilingi oleh kolam dan danau. Anda bisa menikmati keindahannya dengan berenang di Kolam, atau sekedar berselfie ria, untuk mengabadikan moment Anda di Taman Narmada Lombok.

Taman Narmada
Taman Narmada

Banyak sekali area yang bisa dikunjungi setelah memasuki Taman Narmada, diantaranya yaitu telaga kembar, gapura gelang atau paduraksa, sanggah pura, balai pamerajan dan balai loji. Bangunan-bangunan diatas digunakan oleh raja sebagai kediamannya, dan juga fasilitas diatas dinilai cukup mewah pada zaman dahulu. Balai Terang juga merupakan bangunan yang dikhususkan sebagai tempat tidur raja, yang terbuat dari kayu dan dibentuk dengan istimewa. Serta dibagian atasnya terdapat jendela sehingga sang raja dapat melihat pemandangan taman secara keseluruhan.

Sebagai tempat persinggahan raja, Taman Narmada ini pastinya tergolong sangat mewah. Karena, banyak sekali bagian bangunan lain yang dulu menjadi fasilitas raja, tetapi sekarang sudah tinggal nama, karena menjadi pemukiman penduduk. Contohnya adalah Taman Bidadari, Kelasa, Paresak, dan Anyar.

Beralama-lama di taman ini pastinya Anda terbayang seperti seorang raja yang memiliki “taman bermain” yang luas dan mewah. Tentu saja, hal itu sebanding dengan peran dan kebijakan raja yang begitu vital pada zaman dahulu. Tak ada salahnya Anda berkunjung ke Taman Narmada saat berada di Lombok karena tempat ini penuh sejarah dan tentu saja berbeda dengan yang lain.

Demikian ulasan mengenai Menelusuri Taman Raja Penuh Sejarah di Taman Narmada Lombok, semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi liburan Anda berikutnya.