Mencicipi Kelezatan Kuliner Khas Lombok

Mencicipi Kelezatan Kuliner Khas Lombok

Lombok tidak hanya terkenal sebagai sebuah pulau yang kaya akan keindahan pantainya dan berbagai kawasan wisata lainnya. Tapi Lombok juga menyimpan kekhasan lainnya mulai dari penduduk Sasak yang masih asli dengan adat dan budayanya juga dengan Kuliner lombok yang sangat khas dan banyak digemari para wisatawan yang berkunjung. Makanan khas Lombok sangat identik dengan rasa pedas yang gurih dan nikmat. Karena itu jika anda adalah penggemar rasa pedas maka menikmati kuliner Lombok ini akan jadi moment yang berkesan dan takkan terlupakan. Ada banyak ragam makanan khas Lombok yang bisa dinikmati di setiap kawasan wisata yang anda kunjungi.

Kuliner Lombok
Kuliner Lombok

Kuliner khas Lombok Berbahan Dasar Daging

Tentunya anda sangat menyukai daging khususnya daging sapi. Tapi satu kuliner paling khas dari Lombok adalah Ayam Taliwang yang berbentuk seperti ayam bakar tapi memiliki bumbu berbeda yang lebih khas dengan rempah asal Lombok dengan rasa pedas.

Adapun lainnya yang terbuat dari bahan daging sapi adalah berupa sate bulayak yang disiram dengan sambal kacang khas Lombok yaitu dari kacang, santan dan bumbu rempah yang sangat khas. Lainnya adalah sate rembiga yang sangat empuk dan tidak berbau karena direndam dengan bumbu rempah seperti cabe rawit, bawang putih dan gula dan kemudian baru dibakar. Biasanya jenis sate ini lebih awet dan bisa tahan selama dua hari, sehingga tak heran jika ada pengunjung yang memesannya sebagai oleh-oleh. Adapun sate tanjung yang berbeda karena terbuat dari ikan cakalang atau ikan langoan yang dibakar dan disajikan diatas opak singkong.

Adapun olahan daging lainnya yaitu tulang iga sapi atau kerbau yang diolah menggunakan racikan bumbu dari cabai rawit, kunyit, jahe, bawang merah dan putih. Berbagai jenis makanan yang terbuat dari daging ini umumnya disirami dengan bumbu yang sangat khas dan anda juga bisa memilih bumbu yang tidak pedas jika memang tidak suka pedas.

Makanan Khas Lombok jenis sayuran

Plecing Kangkung Kuliner Khas Lombok
Kuliner Khas Lombok

Bagi anda yang merupakan vetegarian maka bisa mencoba ragam kuliner dari sayuran. Misalnya adalah plecing kangkung sebagai kuliner yang paling khas dan wajib anda coba saat berkunjung ke Lombok. Kangkung ini hanya direbus dan kemudian disiram dengan sambal tomat yang sangat khas dari Lombok. Adapun lainnya adalah Beberuk Terong yaitu makanan yang dibuat dari sayur terong yang direbus dan juga disiram dengan sambal tomat. Adapun Kelaq Sebie yang terbuat dari terong dan kacang panjang dan disiram dnegan sambal yang terbuat dari bahan cabe rawit dengan bawang merah dan bawang putih juga dicampur santan dan terasi.

Makanan Kuliner Khas Lombok berupa Olahan Nasi

Nasi juga tentu menjadi kuliner khas Lombok yang tidak kalah lezatnya dengan makanan jenis lain. Adapun jenis nasi Lombok seperti nasi puyung yang merupakan nasi putih disajikan bersama dengan daging dan juga dengan kentang goreng kremes, juga disajikan bersama kacang kedelai goreng dan juga sambal khusus. Adapun lainnya adalah nasi sukaraja merupakan nasi dengan campuran lauk seperti sayuran yang menggunakan bumbu khusus dan santan kental.

Cara Menikmati Kuliner Khas Lombok yang Lezat

Jika anda berwisata ke Lombok maka pastikan bahwa anda telah mencoba ragam Kuliner lombok yang sangat lezat dan mengguguah selera. Apalagi jika anda menyukai rasa pedas maka kuliner khas Lombok sangat cocok bagi anda. anda bisa menikmati berbagai kuliner yang khas dari Lombok bersama para penduduk Sasak sebagai penduduk asli Lombok. Karena ada banyak desa yang bisa anda kunjungi untuk wisata budaya, sehingga anda bisa tahu secara langsung cara pembuatan dari berbagai olahan kuliner dari Lombok. Anda bisa dapatkan ragam menu yang nikmat dari para penduduk yang sangat ramah dan bersahabat. Jadi dipastikan anda akan merasa betah berada di Lombok. Di samping itu anda juga bisa menikmatinya sambil melihat pemandangan alam yang sangat indah.