Sebagai salah satu pegunungan terkenal yang ada di Pulau Lombok, Gunung Rinjani Lombok paling populer dan sering dikunjungi para wisatawan tidak hanya wisatawan lokal tapi juga mancanegara. Tentu ada banyak hal yang merupakan daya tarik khusus dari gunung ini, sehingga bisa menarik minat banyak wisatawan yang ingin hadir mendaki gunung ini dan mencapai puncaknya. Tidak hanya sekadar gunung yang bisa memberikan kesejukan dan kesegaran, tapi banyak hal yang bisa didapat dari gunung ini khususnya nilai sejarah dan juga budaya. Tidak hanya untuk berwisata, tapi siapapun yang berkunjung kesini bisa mendapatkan banyak pelajaran berarti.

Melihat Indahnya Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani Lombok merupakan salah satu pegunungan yang ada di Pulau Lombok, dengan berbagai keindahan alam yang bisa menjadi daya tarik para wisatawan. Untuk menuju gunung ini sebagian besar para wisatawan yang ingin mendaki ke puncaknya, maka perlu melakukan perjalanan. terdapat jalur alternafit menuju puncak gunung yaitu melalui Bukit Penyesalan yang memiliki tanjakan lebih landai namun dengan jarak tempuh yang cukup lama. Di sepanjang perjalanan ini para wisatawan akan disuguhi pemandangan alam yang sangat tidak membosankan. Maka kemudian akan terlihat sebuah pos Plawangan Sembalun, yang merupakan pos terakhir sebelum puncak Gunung Rinjani. Adapun ketinggian pada pos ini adalah 2700 meter dibawah permukaan laut. Sementara puncak Gunung Rinjani berada pada ketinggian 3726 meter dibawah permukaan laut.

Suasana Eksotis di Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Menuju puncak Gunung Rinjani Lombok maka akan terlihat jalur dengan pasir seperti halnya gunung Semeru. Puncak gunung ini pun berupa pasir dengan kerikil. Terdapat jurang lebar di sisi kiri dan kanan sehingga memang perlu berhati-hati menuju puncak ini. setelah melewati jalanan berpasir tersebut maka mata para wisatawan akan segera disuguhkan dengan pemandangan puncak Rinjani yang begitu mempesona.

Dari puncak Gunung Rinjani ini akan terlihat di hadapan mata sebuah pemandangan sangat eksotis yang ditampilkan dari panorama Lombok, Bali dan bahkan Sumba. Dari ketinggian ini tentu siapapun akan merasa dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa indah. Dari kejauhan pun bisa terlihat Gunung Agung di Bali. tentunya puncak gunung Rinjani inilah yang paling dinanti oleh para wisatawan, khususnya para pendaki. Karena memangĀ  gunung ini sering dijadikan sebagai lokasi dakian yang paling eksotis. Jadi, pastinya para wisatawan akan menikmati pemandangan dan mendokumentasikannya pada kamera foto canggih mereka. Sekeliling puncak gunung Rinjani ini akan menjadi spot foto terbaik yang ada di Lombok.

Pemandangan Alam Dibawah Gunung Rinjani Lombok

Setelah puas berada di puncak gunung, maka wisatawan tak henti-hentinya dimanjakan dengan eksotisnya pemandangan alam pada saat menuruni Gunung Rinjani Lombok. Terdapat Danau Segara Anak di bawah puncak Rinjani pada ketinggian 1700 meter dibawah permukaan laut. Untuk menuruni puncak Gunung Rinjani LombokĀ  wisatawan harus berhati-hati, dengan jalanan yang penuh bebatuan dan pasir.

Danau Segara Anak ini menyuguhi panorama alam yang sangat eksotis. Di sekeliling danau akan terlihat perbukitan indah layaknya butik di zaman purbakala. Adapun keunikan yang paling khas dari Danau ini yaitu adanya air panas yang bisa dijadikan sebagai kolam untuk berendam air panas. Pastinya siapapun yang berendam di air ini akan merasakan kenikmatan luar biasa, seolah sebagai tempat peristirahatan yang mengejutkan setelah lelah mendaki.

Pada saat menuruni gunung pun terdapat beberapa pos sebagai tempat pemberhentian atau tempat istirahat. Wisatawan atau pendaki juga bisa mengisi air minum di beberapa pos tersebut, sebelum akhirnya tiba di pintu gerbang Desa Senaru. Tentunya dengan pemandangan yang sangat eksotis mulai dari mendaki, saat tiba di puncak dan bahkan saat menuruni gunung, tidak akan membuat lelah para pendaki atau wisatawan, karena rasa lelah terlupakan dengan nikmatnya keindahan alam yang sangat eksotis.