Pantai Kaliantan Lombok ini berlokasi di Nusa Tenggara Barat, Desa Pamongkong, Kabupaten Lombok Timur, tepatnya Kecamatan Jerowaru. Kebanyakan orang saat kali pertama mendengar nama pantai ini, pasti mengira berlokasi di Pulau Kalimantan, karena berasumsi nama Kaliantan itu diambil dari nama Kalimantan, padahal letaknya di Pulau Lombok. Memang tidak heran kalau belumbanyak orang yang mengetahui adanya pantai ini, selain karna memang jarang dikunjugi orang, para nelayan setempat tidak ada yang mencari ikan di pantai ini. Pantai ini memang tidak begitu populer dikalangan wisatawan lokal maupun asing, meskipun begitu ada beberapa wisatawan yang tidak mau melewatkan kesempatannya untuk snorkling di pantai ini.

Dengan air laut yang kehijauan, dan garis pantai yang sepanjang dua kilo meter, pantai ini juga memiliki pasir pantai yang berwarna indah, yaitu warna coklat indah eksotis. Pemandangan bawah laut di pantai ini tidak kalah cantiknya, yang perlu anda tahu, meskipun gelombang di pantai ini tinggi, namun juga terbilang tenang, sehingga selain untuk snorkling, juga cocok untuk surfing. Karena masih terjaganya pantai ini dari sentuhan-sentuhan tangan manusia luar, ada banyak sekali julukan unik yang diberikan Pantai Kaliantan Lombok ini, inilah beberapa julukan tersebut:

1. Pantai Perawan atau Virgin Beach

Pantai Kaliantan dikenal dengan pantai yang bersih dan tenang, berada di bawah perbukitan yang cukup jauh dari hingar bingar aktifitas harian, membuatnya sangat cocok untuk liburan. Tidak adanya aktifitas nelayan ataupun para petani rumput laut, membuat pantai ini menjadi pantai yang sangat terjaga kemurniannya karena sangat jauh dari sentuhan masyarakat. Perlu anda ketahui, pantai ini sangat bersih dan bebas dari sampah, juga memiliki luas pantai terbentang sejauh 2 kilometer. Keadaan inilah yang membuat banyak wisatawan menjulukinya Pantai Perawan atau Virgin Beach.

2. Hidden Paradise

Kesunyian dan jauhnya hiruk pikuk kota dari pantai ini, membuat para wisatawan menyebut pantai ini sebagai surga yang tersembunyi, ditambah dengan perbukitan hijau dan warna air biru toska, membuat para pengunjung merasa berada di surga. Warna pasir di pantai ini sangat terkenal indah, yaitu putih namun kecoklatan menyerupai bubuk merica. Siapa saja yang datang ke pantai ini akan merasa terpesona oleh kendahannya. Kealamiaan dan kenaturalan alam di pantai ini mendapat julukan Hidden Beach

3. Private Beach

Ketika anda berada di pantai ini, kesunyian, kealamiaan dari alam sekitar yang masih terjaga keasriannya akan membuat anda rileks dan tenang, bahkan tidak ada aktifitas dari para nelayan yang mecari ikan maupun petani rumput laut membuat anda merasa seakan berada di tempat pribadi sendiri, namun dengan suasana alam yang natural belum tersentuh dunia luar. Itulah yang membuat pantai ini mendapat julukan Private Beach. Karna suasana kesunyiannya seperti milik pribadi, dan suasana pantai yang jauh dari keramaian membuat anda lebih merasa nyaman dari pada pantai-pantai lainnya.

4. Si Cantik Dari Lombok Timur

Kaliantan adalah pantai yang terkenal dengan pantai pasir putih berbentuk seperti merica dan perbukitan yang aduhai indahnya. Deretan bukit tinggi dilapisi rumput subur berwarna kehijauan yang konon katanya menjadi tempat para penduduk menggembala kerbau maupun domba sebagai salah satu mata pencaharian. Laut dengan bibir pantai menawan dan ombak yang begitu tenang dibubuhi gradasi warna pantai elok dari dangkal menuju kedalaman. Kemudian disisipi berbagai variant perahu kecil yang menambah keindahan pantai seperti lukisan. Belum lagi terlihat gugusan daratan seberang yang berbentuk seperti kepulauan gili tetapi tidak berpenghuni. Terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya sangat cocok untuk snorkling. Keindahan tersebut dilengkapi dengan daratan luas yang menjadi pinggiran pantai. Begitulah pantai ini dijuluki SI Cantik Dari Lombok Timur.

Beberapa nama unik diatas adalah nama yang diberikan pada Pantai Kaliantan Lombok ini. Nama-nama tersebut tidak lain karena sesuai dengan keadaan dan alam yang berada di pantai maupun disekitar pantainya. Lingkungan yang masih asri terjaga dari sentuhan masyarakat luar, jauh dari hiruk pikuk kota, dan juga hingar bingar aktifitas keasibukan sehari-hari membuat pantai ini banyak mendapat julukan unik.