Saat ini sudah tidak zamannya lagi menghabiskan waktu liburan dengan hanya menonton film atau sekedar jalan – jalan ke mall, jadi ayo coba wisata ke Desa Sukarara. Sekarang zamannya mengeksplore Indonesia tanpa merusaknya. Banyak objek wisata yang harus kita jelajahi di Indonesia, banyak pulau yang belum kita ketahui yang didalamnya terdapat banyak keanekaragam budaya, seperti di Pulau Lombok. Pulau Lombok memiliki banyak destinasi wisata seperti wisata pantai, desa, air terjun, hingga gunung. Penduduk wisata desa di Lombok merupakan suku sasak asli Lombok, di antara wisata desa yang ada di Lombok, kali ini kita akan membahas wisata desa pengrajin kain tenun yakni Desa Sukarara.

Wisata Desa Sukarara Lombok yaitu salah satu desa yang terletak di kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah. Wisata Desa Sukarara ini bisa Anda tempuh melalui perjalanan darat, dengan menggunakan mobil dari kota Mataram. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk sampai di wisata ini dari kota Praya.

Kain Tenun Desa Sukarara Lombok Yang Khas

Desa Sukarara

Desa Sukarara

Desa ini merupakan salah satu desa yang menjadi pusat kerajinan kain tenun di Indonesia, hampir semua perempuan yang ada di desa ini, bekerja sebagai penenun kain khas Lombok. Para perempuan di desa ini diwajibkan untuk mempelajari tenun yang sudah diwariskan secara turun temurun. Dengan begitu kain khas Indonesia ini tetap terjaga dengan baik keberadaannya. Kehidupan masyarakat hampir setiap hari membuat kain tenun dirumah mereka masing-masing. Tidak heran jika kita menjumpai ibu – ibu muda atau remaja, yang sedang menenun kain disini.

Kain tenun Desa Sukarara mempunyai beragam motif, dengan berbagai jenis gambar yang menggambaran kehidupan masyarakat Desa Sukarara. Motif – motifnya bisa berbentuk gambar rumah adat, gambar tokek dan gambar – gambar lain yang merupakan ciri khas Lombok. Kualitas dari kain ini pun bagus dan cocok untuk dijadikan oleh – oleh, karena dibuat dari tangan-tangan terampil Desa Sukarara Lombok.

Keunikan Objek Wisata Desa Sukarara

Desa Sukarara

Dengan tambahan warna – warna yang menarik dari benang sutera, benang sutera emas maupun sutera perak. Di buat dengan alat tenun tradisional yang juga diwariskan secara turun temurun dan sederhana yang hampir semua rumah warga mempunyainya. Kita juga dapat mengunjungi rumah warga untuk belajar menenun disini, dan membeli kain tenun khas Lombok untuk oleh-oleh.

Selain belajar menenun kain, kita bisa menginap di rumah tradisional dan merasakan bagaimana kehidupan masyarakat Desa Sukarara yang sederhana. Namun disini Anda pasti merasakan kesan kekeluargaan yang sangat mendalam, menggambarkan sifat masyarakat Indonesia. Selain itu, kita juga bisa menikmati maknana khas Lombok yaitu ayam taliwang ditambah dengan nasi balap puyung dan plecing kangkung. Hmmm sudah membuat ngiler bukan?

Selain itu disini Anda juga bisa berfoto – foto, mengabadikan setiap moment yang ada. Dengan pemandangan alam yang asri, pastinya membuat Anda semakin cinta dengan Indonesia dengan wisata Desa Sukarara Lombok bersama Lombok tour Plus.