Wisata Religi Makam Wali Nyatoq Yang Harus Dikunjingi Di Lombok

Berwisata di Lombok memang kurang lengkap jika wisatawan tidak berkunjung, ke sebuah tempat religi yaitu Makam Wali Nyatoq Lombok. Makam ini memang diyakini sebagai makam keramat, yang bisa membantu banyak orang. Sehingga tak heran jika banyak para peziarah yang berziarah ke makam ini, dengan meminta doa keselamatan dan kesembuhan dari penyakit. Bahkan areanya yang memang luas membuat para peziarah lebih leluasa dalam melakukan berbagai kegiatan ziarah di lokasi ini.

Asal-Usul Makam Wali Nyatoq Lombok

Adanya makam di Lombok ini merupakan sebuah makan dari seorang wali yang disebut sebagai Wali Nyatoq. Masyarakat setempat memang menyebutkan bahwa Nyatoq adalah seorang wali yang melegenda di Lombok, dan memang beliau ini memperlihatkan tanda-tanda kewaliannya. Begitupun dengan sebutan namanya yaitu Nyatoq memiliki arti nyata. sehingga tanda kewaliannya pun amatnyata.

Wali Nyatoq adalah seorang wali yang disebutkan berasal dari keturunan Arab. Sebelumnya beliau ini memiliki 33 nama dan salah satu namanya adalah Sayyid Abdullah. Wali Nyatoq merupakan seorang penyiar agama Islam, yang sangat dihormati, sehingga makamnya dirawat dengan sangat baik oleh masyarakat setempat. Karena itupun Makam Wali Nyatoq ini sangat terjaga dan terawat hingga saat ini.  lokasi makam ini pun dijadikan sebagai wisata religi atau wisata ziarah, sehingga banyak para pengunjung yang datang untuk berdoa di makam ini. tentunya dalam artian bukanlah doa sebagai meminta-minta atau menyembah melainkan sebagai penghormatan atau tawasul yang juga untuk doa keselamatan atau kesembuhan dari penyakit.

Kepercayaan yang Diyakini di Makam Wali Nyatoq

Adanya Makam Wali Nyatoq ini memang menimbulkan banyak kepercayaan bagi masyarakat sekitarnya. Sehingga tak heran pula jika banyak pengunjung yang ingin datang dan berdoa kesini. Dikatakan bahwa timbul kepercayaan bagi masyarakat setempat yang berdoa di makan ini, maka bisa membuat permintaan mereka cepat terkabul. Bahkan kepercayaan ini pun dimiliki oleh para peziarah yang berasal dari Jawa dan di luar Lombok lainnya.

Adapun hari yang tepat untuk berziarah ke makam ini adalah pada hari Rabu. Terdapat kepercayaan bahwa jika berziarah pada hari Rabu maka Wali Nyatoq akan mencurahkan berkahnya kepada para pengunjung atau peziarah yang berdoa di makamnya. Adapun yang meyakini bahwa hari Rabu adalah hari yang tepat, karena berbagai masalah yang menimpa mereka akan lebih mudah diselesaikan.

Lokasi Makam Wali Nyatoq Lombok

Kawasan makam ini berada di Lombok Tengah tepatnya di desa Rembitan yaitu di Kecamatan Pujut. Lokasi makam ini berada 49 km dari pusat kota Mataram. Makam Wali Nyatoq ini bisa dikunjungi dengan rute yang sangat mudah. Karena dari Sengkol Pujut maka perlu menyusuri jalan ke arah pantai Kute hingga masuk ke Desa Rembitan. Maka nantinya akan terlihat sebuah tulisan penunjuk arah dengan tulisan makam Wali Nyato, yakni di pertigaan pertama pada saat memasuki desa Rembitan tadi. Maka dari jalan ini pengunjung bisa memasuki lokasi setelah 4 km. Tentu terdapat tempat parkir di lokasi makam yakni di kaki bukit. Sehingga pengunjung perlu mendaki bukit terlebih dahulu menuju makam tersebut.

Akan nampak banyak pengunjung di makam ini, yang memang makam ini sering diziarahi para peziarah dari berbagai tempat. Umumnya para peziarah akan melakukan roah atau tahlilan setelah berziatah. Makam ini pun memiliki lokasi yang sangat luas sehingga, tidak akan membuat para peziarah berdesakan. Terdapat pula sebuah pagar kayu yang merupakan pembatas dan memang tidak boleh diganti dengan tembok. Para peziarah juga akan menyiramkan air ke makam tersebut dan kemudian mencuci wajah mereka dengan air tersebut.