Kuliner di Lombok Yang Punya Rasa Bintang 5

Kuliner di Lombok Yang Punya Rasa Bintang 5

Kuliner di Lombok siap memanjakan setiap lidah yang mencicipinya! Tak heran jika peminatnya tak pernah berkurang. Jika Anda berkunjung ke Lombok, pastikan Anda mencoba masakan khas Lombok berikut ini! Selain rasanya yang fantastis, harganya murah abis!

Pulau Lombok tak hanya menyajikan pemandangan yang dapat memanjakan mata. Namun kuliner Lombok juga memanjakan lidah Anda! Tak perlu khawatir dengan harga karena masakan di bawah ini harganya biasa namun rasanya juara!

Kuliner di Lombok Berbahan Dasar Daging

Bukan ke Lombok namanya jika belum mencoba olahan daging nomor satu di sini. Terdiri dari satu ekor ayam kampung muda yang dibumbui dengan rempah khas Lombok, kemudian dimasak dengan cara dibakar. Membuat kuliner khas Lombok yang satu ini sangat tekenal. Apalagi kalau bukan Ayam Taliwang? Yup, betul! Dengan harga yang bervariasi, pedagang Ayam Taliwang tak pernah sepi pengunjung. Anda pun tak akan sulit menemukan penjual Ayam Taliwang karena mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran bintang lima menyajikan masakah ini.

Kemudian, ada beberapa olahan sate yang juga menggugah selera. Sate-sate tersebut ada yang berbahan dasar daging sapi atau kerbau, dan daging ikan. Kuliner di Lombok yang berbahan dasar daging sapi atau kerbau adalah sate bulayak dan sate rembiga. Yang membedakan dari kedua jenis sate itu adalah bumbu yang menyertainya.

Jika di sate bulayak, sate yang telah dibakar disiram dengan bumbu kacang pedas dan dilengkapi dengan bulayak (sejenis lontong yang dibalut dengan daun kelapa). Namun berbeda dengan sate Rembiga, kuliner di Lombok ini tidak dilengkapi dengan sambal kacang karena rasa pedas dan bumbunya sudah menyerap ke dalam daging sebelum dibakar –karena telah direndam selama. Sate Rembiga juga bisa dijadikan oleh-oleh dengan meminta dibakar hingga kering yang akan bertahan hingga 3 hari.

Kuliner di Lombok lainnya yang termasuk sate adalah sate tanjung yang bisa Anda temui di Pasar Tanjung atau Terminal Tanjung. Berbahan dasar ikan Cakalang atau Ikan Langoan, ikan ini tidak terasa amis sama sekali karena telah dibumbui dengan rempah khas Lombok yang segar.

Selanjutnya, Kuliner Khas Lombok berbahan dasar daging adalah Bebalung. Inilah bintangnya olahan daging iga yang lunak dan empuk. Diracik dengan rempah seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, cabai rawit dan jahe, membuat masakan ini kaya rasa. Proses memasaknya yang lama membuat daging di sekitar tulang empuk sehingga tak perlu tenaka ekstra untuk menggigit dagingnya.

Kuliner di Lombok lainnya yang bisa membuat air mata Anda berlinang adalah Nasi Balap Pucung. Masakan ini banyak ditemui di Desa Puyung, Lombok Tengah atau di Plaza Senggigi di Lombok Barat. Yang membuatnya istimewa adalah rasa daging ayam suwir yang dicampur dengan kacang kedelai dengan rasa yang super pedas. Membuat setiap orang yang memakannya menitikan air mata!

Kuliner di Lombok Berbahan Dasar Sayuran

Tak hanya juara di olahan daging, kuliner di Lombok juga jawaranya olahan sayuran yang nikmat dan kaya manfaat. Salah satu yang paling popular untuk olahan sayuran adalah Plecing Kangkung. Memangnya apa bedanya dengan kangkung pada umumnya?

Plecing Kangkung Kuliner di Lombok
Plecing Kangkung Kuliner khas Lombok

Kangkung yang memiliki kandungan vitamin A, B, dan C ini ternyata tumbuh subur di Lombok. Batangnya yang besar-besar dan kandungan airnya yang lebih banyak membuat kangkung ini lebih renyah saat diolah menjadi plecing kangkung. Kuliner Lombok ini biasa menjadi teman makan ayam taliwang.

Kemudian, Ares adalah kuliner di Lombok yang berbahan dasar pelepah pisang kapok. Masakan yang pada awalnya merupakan makanan khas suku sasak pada acara pernikahan. Rasanya yang gurih berasal dari santannya yang kental. Masakan lainnya yang menggunakan santan adalah kelaq Batih, Kelaq Sebie, dan Kelaq Lebui.

Lalu ada Beberuq terong yang menjadi salah satu sambal khas Kuliner di Lombok. dan Kelaq Kelor atau sayur kelor yang cocok bagi Anda yang tidak suka pedas dan suka dengan yang berkuah bening.