Pantai Pink Lombok berasal dari nama Pantai Tangsi yang berada di Pulau Lombok bukan temuan yang baru lagi bagi tempat wisata Pulau Lombok. Pantai ini sesungguhnya di namakan Pantai Tangsi yang juga di sebut dengan Pantai Pink sebab pasir pantai ini yang di dominsai dengan warna merah muda atau pink. Pantai yang berada di desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur ini adalah pembagian dari Tanjung Ringgit, karena infrastruktur dan lokasi Jalan yang begitu kurang memadai, maka Pantai Tangsi atau Pantai Pink ini menjadi tak begitu terekspose oleh para wisatawan. Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kata Tangsi berarti “barak” atau “asrama”. Tak tahu bagaimana awal sejarah mulanya, dengan melirik keadaan lingkungan masyarakat sekitarnya, dulunya daerah ini mungkin merupakan tempat yang digunakan sebagai markas tentara Jepang. Pembuktian dari hal tersebut adalah dengan adanya sebuah Meriam dan sebuah goa buatan yang di tinggalkan oleh Penjajah Jepang.

Wisata Pantai Tangsi yang Menebar Pesona

wisata pantai tangsi

pantai tangsi

Yang membuat Pantai Tangsi / Pantai Pink dengan daya tariknya yaitu pasirnya berwarna Merah Muda atau Pink. Di Indonesia hanya ada dua pantai yang pasirnya berwarna pink atau merah muda, salah satunya itu ialah yang bertempat di Pulau Komodo, NTT. Jika di pandang lebih dekat, sesungguhnya pantai ini warna putih, namun karena tercampur dengan serpihan – serpihan atau serbukan terumbu karang yang berwarna pink, dengan adanya perubahan alam kemudian serpihan – serpihan atau serbukan terumbu karang tersebut kemudian membentuk dan menyatu menjadi warna merah muda atau pink, apalagi saat pasir ini terkena oleh air laut dan dipapar oleh sinar matahari, sehingga warna merah muda atau Pinknya akan terlihat sangat jelas. Selain pasirnya yang berwarna pink, Pantai ini juga mempunyai panorama dan keindahan alam yang begitu menakjubkan. Yang di kelilingi oleh tebing-tebing yang begitu tinggi dengan tempat istirahat semacam pondok atau berugak yang berada diatas yang telah dipersiapkan untuk para pengunjung atau wisatawan menikmati pemandangan hamparan lautan lepas. Pemandangan yang di lihat melalui atas tebing juga akan membuat kita sangat terpukau dengan keindahan atau panorama yang begitu indah dibawah tebing. Dengan aroma air lautnya yang sangat khas, hembusan suara deburan ombak yang membentur batu karang membuat hati siapa saja yang mengunjungi tempat ini akan menjadi tenang dengan hembusan angin yang membuat suasana menjadi lebih tenang.

Tanjung Ringgit Salah Satu Objek yang Ada di Wisata Pantai Tangsi

tanjung ringgit

tanjung ringgit

Untuk menuju ke tempat Pantai Tangsi atau Pantai Pink memerlukan waktu kurang lebih dua jam melalui Kota Mataram, jarak tempuh yang lumayan jauh. Rute untuk menuju Pantai Tangsi sama dengan Rute untuk menuju ke Tanjung Ringgit, sebab memang tempat keduanya saling berdekatan. Yang menjadi perbedaan kedua tempat ini adalah pintu masuknya, bila mau ke Pantai Pink atau Pantai Tangsi adalah melalui sebelah kiri, kira-kira 1 KM sebelum menuju Tanjung Ringgit. Di pintu masuk tersebut ada rambu kecil / petunjuk di sebelah kiri jalan yang bertuliskan Pantai Pink 50 meter. Pantai Tangsi atau Pantai Pink mempunyai deburan ombak yang begitu kecil dengan arusnya yang begitu tenang, sehingga bagus untuk anda bermain – main dan tak membahayakan untuk Anda berfoto-foto di daerah pantai. Jika Anda mempunyai waktu yang banyak, jangan sampai ketinggalan untuk bersnorkeling di tempat ini dan Anda akan dibuat kagum dengan terumbu – terumbu karang yang begitu indah dan mempesona. Anda pasti tak akan mau beranjak dari wisata pantai Tangsi tempat Anda bermain snorkeling dengan melihat keindahan terumbu-terumbu karang tersebut.

Save