Keunikan Desa Sade Lombok Yang Harus Anda Ketahui

Keunikan Desa Sade Lombok Yang Harus Anda Ketahui

Desa Sade Lombok merupakan salah satu Desa dengan penduduk asli Pulau Lombok yaitu Suku Sasak. Desa yang masih menyimpan adat istiadat dan kebudayaan suku asli pulau Lombok ini, sering dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun macanegara untuk ‘digali’ tradisi dan kebiasaan unik mereka yang masih sangat tradisional.

Desa Sade Lombok terletak di Desa Rambita, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Letaknya tak jauh dari Bandara Internasional Lombok. Hanya sekitar 30 menit Anda sudah bisa mencapai tempat ini. Desa ini hanya memiliki sekitar 152 kepala keluarga. Sebagai suku asli sasak yang tinggal di Lombok Tengah, mereka memegang teguh tradisi sejak zaman pemerintahan Kerajaan Pejanggik di Praya Kabupaten Lombok Tengah. Hal inilah yang membuat desa sini terkenal dan menarik untuk Anda kunjungi, selain kehidupan suku asli pulau Lombok Anda juga bisa melihat rumah adatnya yang tradisional.

Desa Sade Lombok Tinggal di Bale Tani

Desa Sade Lombok
Desa Sade Lombok

Demi menjaga tradisi dan lebih dekat dengan alam, bangunan tempat tinggal Desa Sade Lombok semuanya berbahan dasar alam. Dindingnya berupa anyaman bambu, lantainya beralaskan tanah liat, dan atapnya dibuat dari ilalang. Mereka menyebut rumah itu Bale Tani. Dalam Bale Tani, pintu rumah adat Desa Sade Lombok dibuat rendah agar setiap tamu yang datang menghormati pemilik rumah, ruangan depan atau bale luar adalah untuk menerima tamu dan sebagai tempat tidur laki-laki sedangkan bale dalam diperuntukkan tempat tidur wanita dan sebagai tempat melahirkan. Untuk mencapai bale dalam, kita harus menaiki 3 anak tangga yang mencerminkan kehidupan, yaitu, dilahirkan, berkembang, dan meninggal.

Nah, ini dia yang menarik dari perawatan rumah Desa Sade Lombok. Mereka mengepel lantai rumah dengan kotoran kerbau! Namun hal ini tidak membuat rumah menjadi bau dengan kotoran tersebut saat Anda berada di dalamnya. Pengepelan dilakukan dua kali seminggu. Dan untuk atap, penggantian alang-alang dilakukan sekitar 5 hingga 15 tahun sekali tergantung kerapatan pemasangan, semakin rapat maka semakin awet. Selain itu, terdapat juga fasilitas umum lainnya seperti tempat berkumpul (berugak), tempat beribadah (masjid), dan tempat menyimpan padi (lumbung). Berugak dibuat seperti pendopo namun tidak memiliki dinding. Masjid yang tersedia hanya digunakan untuk 3 waktu solat karena penduduk Desa Sade Lombok menganut Islam Wetu Tilu.

Tradisi dan Pertunjukan Rakyat Desa Sade Lombok

Ada satu tradisi unik yang masih dipertahankan hingga saat ini, yaitu kawin culik. Tradisi Desa Sade Lombok dimana si pria menculik si gadis dari rumahnya yang tak boleh diketahui oleh orang tuanya. Setelah si pria mengungkapkan isi hatinya kepada keluarga si perempuan, maka barulah diadakan pernikahan dengan membawa si gadis kembali ke rumahnya yang disebut ‘nyokolan’. Barulah mereka nanti akan menempati sebuah rumah kecil bernama ‘bali kodong’ untuk bulan madu mereka.

Selain itu, ada pula atraksi rakyat yang biasa dirayakan oleh Desa Sade Lombok pada hari-hari tertentu. Beberapa diantaranya yang terkenal di kalangan para turis adalah Tari Paresean, Tari Gendang Beleq, dan Tari Amaq Temenges. Alunan gendang beleq yang merupakan musik tradisional khas Desa Sade sangat merdu dimainkan mengiringi semua atraksi tersebut.

Mata Pencaharian Desa Sade Lombok

Kerajinan Suku Sasak Lombok
Kerajinan Suku Sasak Lombok

Mata Pencaharian Desa Sade Lombok pada umumnya adalah bertani, namun karena di sana saluran irigasi tidak ada (hanya mengandalkan air hujan) maka pekerjaan sampingan para wanitanya adalah dengan menenun dan yang laki-laki membuat cinderamata. Para wanita di sini sangat mahir membuat kain tenun. Mereka sudah mulai menenun sejak usia 9 tahun. Dan itu merupakan sebuah kewajiban bagi seorang wanita untuk bisa menenun. Bagi Anda yang berkunjung ke Desa Sade Lombok, sempatkanlah belajar menenun karena akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Tak hanya itu, Anda pun bisa mendokumentasikan proses pemintalan benang dari kapas hingga jadi benang dan menenunnya menjadi motif yang bagus dan menarik.

Nah, jika Anda berkunjung ke Lombok dan ingin mengunjungi Desa Sade Lombok dengan mendapatkan fasilitas lainnya, Anda bisa mempercayakan paket liburan Anda ke Lombok Tour Plus. Selain bisa menikmati berwisata budaya, Anda juga bisa sekaligus mengunjungi tempat-tempat menarik lainnya di Lombok. Segera hubungi customer service kami untuk informasi lebih lanjut.