Liburan merupakan kegiatan yang biasa dilakukan orang untuk menghilangkan kepenatan. Pada umumnya wisata yang sering dikunjungi para wisatawan yaitu wisata pantai, wisata pegunungan, taman dan lainnya. Bagi Anda yang merasa bosan dengan suasan liburan yang begitu-begitu saja wajib tahu berbagai wisata Desa Banyumulek. Ada dengan desa yang bernama Banyumulek? Dimanakah lokasi Banyumulek? Banyumulek merupakan desa wisata yang terletak di Pulau Lombok tepatnya di Kecamatan Kediri. Akese perjalanan yang dapat Anda tempuh yaitu 14 km dari Kota Mataram dengan kendaraan yang Anda miliki. Anda dapat menjadikan desa tersebut alternative liburan Anda dengan suasana yang berbeda. Ada banyak tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di tempat tersebut. Simak, info detailnya pada bacaan berikutnya.

Ciri Khas Desa Banyumulek

Wisata Desa Banyumulek Lombok

Wisata Desa Banyumulek Lombok

Ciri khas Desa Banyumulek yang sangat rekomended Anda ketahui untuk destinasi wisata. Banyumulek memiliki luas sekitar 4,2 hektar yang sebagian  besar ditempati oleh warga asli Lombok. Warga asli Banyumulek masih sedikit yang merantau dan pindah tempat dari Lombok. Ada sekita 10 ribu penduduk asli yang bertempat tinggal di Banyumulek. Hal tersebut dimungkinkan kecintaan terhadap tanah kelahiran mereka. Keadaan demikian patut ditiru oleh para penduduk lain untuk mencintai tanah kelahirannya dan mmebangun daerahnya. Apabila Anda ingin berwisata dan melihat berbagai aktivitas seperti membuat gerabah dan belajar cara membuat gerabah dengan berbagai jenis dapat berkunjung ke desa tersebut. Berikut ini merupakan ciri khas Banyumulek.

  1. Sebagian besar penduduk bekerja sebagai pengrajin gerabah tanah liat

Gerabah merupakan alat yang memiliki banyak manfaat untuk menyimpan beras, air, dan memasak. Akan tetapi seiring berjalannya waktu peminta gerabah tanah liat menurun tergnatikan oleh adanya gerabah keramik. Gerabah keramik memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan gerbaha tanah liat tetapi untuk penyimpanan buah dan syuran lebih awet dan sehat menggunakan gerbaha tanah liat. Selain itu, harga gerabah tanah liat lebih murah dibandingkan dengan gerbaha dari keramik. Pada awalnya pembuatan gerbaha dari tanah liat dimkasudkan untuk menyimpan berbagai barang yang tidak awet. Namun, sekarang sudah beralih menjadi hiasan rumah.

  1. Mencintai Tanah Kelahiran

Kecintaan penduduk Banyumulek dapat dilihat dari banyaknya jumlah penduduk asli yang bertempat tinggal di Banyumulek. Hal tersebut berkaitan dengan upaya untuk menjaga kearifan lokal dan kebudayaan turun temurun yang selalu  mereka utamakan.

  1. Kualitas Gerabah Terjaga dari Tahun Ke Tahun

Masyarakat Banyumulek termasuk masyarakat yang sangat menjaga kualitas hasil kerajinan mereka seperti gerabah. Hal tersebut dapat dilihat dari penjualan gerabah yang sudah merambah ke seluruh Indonesia bahkan sudah di ekspor ke luar negeri. Bagi Anda yang berkunjung ke Wisata Lombok sangat direkomendasikan untuk mampir ke temapt pusat gerabah. Anda dapat mendapatkan banyak keuntungan dengan berkunjung ke desa penghasil gerabah terbesar.

Keistimewaan Desa Banyumulek yang Wajib Anda Tahu

Wisata di Desa Banyumulek Lombok

Wisata di Desa Banyumulek Lombok

Desa Banyumulek merupakan salah satu desa yang memiliki luas wilayah yang tidak lebar dengan jumlah penduduk yang lumayan banyak tidak membuat mereka ingin berpindah tempat tinggal ke luar daerah utnuk mendapatkan keleluasaan tempat tinggal. Karena rasa cinta terhadap tanah kelahiran dan budaya mereka membuat tetap bertahan melestarikan budaya. Berbagai keistimewaan Banyumulek yang dapat Anda rasakan ketika berkunjung untuk berwisata maupun untuk melihat cara pembuatan gerbah secara langsung.

  1. Sentral Penghasil Gerabah Terbesar

Banyumulek dengan luas wilayah yang tidak terlalu besar menunjukkan  kualitas penduduk yang luar bias adalam hal menghasilkan gerabah. Sebagain besar penduduk Banyumulek memiliki tangan yang cekatan dan termapil secara keturunan untuk menghasilkan sebuah gerabah yang berkualitas bagus. Banyumulek menggunakan bahan gerabah yang berkualitas dengan desain dan model gerabah yang unik dan indah.

  1. Penjualan Gerabah yang Mendunia

Gerabah buatan penduduk Banyumulek tidak diragukan lagi kualitas dan motifnya. Sebagaina besar gerabah sudah banyak yang diekspor ke luar negeri seperti negara tetangga Malaysia, negeri Paman Sam Amerika Serikat, Italia, Spanyol, dan lainnya. Dapat Anda bayangkan buatan lokal mampu menembus pasar internasional  pastinya memiliki kualitas yang jempolan. Jika Anda tertarik  dapat berkunjung ke Banyumulek untuk belajar membuat gerabah yang berkualitas eksport.