Perjalanan Seru Ke Air Terjun Sendang Gila Yang Harus Anda Coba

Air Terjun di Lombok

Bantu kami Share keindahan Lombok, agar kembali ramai dikunjungi wisatawan…

Berwisata bahari tidak melulu seputar pantai dan danau karena Lombok masih punya air terjun Sendang Gila sebagai alternatif wisata bahari yang tidak kalah seru. Bagi yang suka petualangan dan ingin lebih dekat dengan nuansa alam yang asri dan hijau, maka melakukan perjalanan wisata ke air terjun ini bisa jadi pilihan yang tepat. Air terjun ini terletak di Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Ia masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok.

Keberadaan Air Terjun Sendang Gila merupakan berkah tersendiri bagi para pendaki yang hendal mendaki gunung Rinjani. Pasalnya, ini merupakan gerbang awal keberangkatan perjalanan menuju gunung Rinjani. Melihat pesona air terjun ini bisa menjadi tambahan semangat sebelum melakukan pendakian ke gunung yang super tinggi ini. Tapi selain para pendaki, tidak sedikit pula wisatawan yang dengan sengaja jauh-jauh datang kesini hanya untuk bisa mandi atau cuci muka dengan air yang mengalir dari mata air gunung Rinjani yang ada di air terjun Sendang Gila ini.

Akses Mudah Menuju Air Terjun Sendang Gila

Air Terjun Sendang Gila
Air Terjun Sendang Gila

Melakukan perjalanan wisata ke air terjun Sendang Gila sebenarnya bukan hal yang sulit karena treknya sendiri cukup mudah. Kita bisa menggunakan anak tangga yang berjumlah sekitar dua ratusan lebih.

Meskipun ada begitu banyak anak tangga tapi ini jauh lebih mudah ketimbang harus melewati jalan setapak. Anak tangga dan jembatan yang ada disini memang khusus disediakan untuk memudahkan para wisatawan. Terbukti, dengan adanya fasilitas anak tangga ini perjalanan menuju Sendang Gila menjadi semakin mudah.

Selain akses yang mudah, kita juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang eksotis. Seperti yang kita tahu, bahwa air terjun ini berlokasi di kaki gunung Rinjani. Maka tidaj heran jika sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pesona hutan gunung Rinjani yang masih sangat asri.

Pepohonan yang besar, lebat, dan rindang dapat kita jumpai selama perjalanan menuju air terjun Sendang Gila. Hal ini bisa membantu kita untuk setidaknya melupakan rasa lelah akibat menjajal ratusan anak tangga.

Sebenarnya ada cerita rakyat dibalik keindahan air terjun ini. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, air terjun ini merupakan tempat para bidadari mandi ketika mereka turun ke bumi. Jadi, masyarakat memiliki panggilan tersendiri untuk air terjun ini yaitu Batu Ko’ yang artinya ‘batu kerbau’. Namun ada cerita lainnya yang tidak kalah menarik mengenai air terjun ini.

Konon air terjun ini ditemukan ketika seseorang tengah memburu singa yang membuat kekacauan dikampung terdekat. Singa tersebut masuk ke hutan dan ditemukanlah air terjun ini. Kemudian air terjun ini dinamai Singa Gila atau dalam bahasa lokal Sengang Gila. Entah kenapa lama kelamaan pelafalannya menjadi Sendang Gila.

Aktifitas Seru Untuk Dilakukan Di Air Terjun Sendang Gila

Wisata Air Terjun Sendang Gila
Wisata Air Terjun Sendang Gila

Rasa lelah mungkin bisa menyergap setelah kita berhasil menaklukan ratusan anak tangga. Tapi semua rasa lelah akan terbayarkan ketika kita sampai di lokasi air terjun. Air yang meluncur bebas dari ketinggian tebing menghasilkan percikan-percikan air yang bisa menyejukkan jiwa. Semua lelah langsung meleleh setelah bertemu kesegaran air terjun Sendang Gila ini.

Disini, kita bisa mandi atau sekedar cuci muka dan merendam kaki yang lelah. Konon, air disini bisa membuat kita tampak lebih muda. Jadi, apa salahnya menyegarkan badan kalau sudah sampai disini. Dijamin, fikiran pun akan ikut segar.

Pesona yang disuguhkan Air Terjun di Lombok memang sudah tidak diragukan lagi. Baik wisatawan lokal ataupun mancanegara terkesan dengan keindahannya. Bahkan perjalanannya yang tadinya terasa berat akan berakhir dengan kegembiraan karena sepanjang perjalanan hanyalah keindahan yang terlihat. Jika anda penasaran ingin segera bertemu dengan penyejuk hati, Sendang Gila, rencanakanlah segera perjalanan wisata anda bersama kami, Lombok Tour Plus. Kami akan memandu anda mengeksplor keindahan Lombok dari berbagai sudutnya tanpa terlewati.

Save

Artikel Lombok Menarik Lainnya :)