Kemegahan Pura Narmada Lombok Yang Penuh Sensasi

Kemegahan Pura Narmada Lombok Yang Penuh Sensasi

Tak seorangpun di dunia ini yang bisa menyangkal keberadaan Lombok sebagai salah satu ikon pariwisata Indonesia yang memiliki sejuta keindahan dan selalu memikat hati para wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk datang mengunjungi pulau ini, salah satunya untuk mengunjungi Pura Narmada. Keindahan aneka wisata alam seperti pegunungan, pantai, budaya dan juga wisata kuliner selalu memanjakan hati setiap wisatawan yang ada. Tak hanya sampai disitu, Pulau Lombok pun menyimpan berbagai objek wisata yang tidak hanya indah, namun juga kaya akan sejarah. Salah satu objek wisata yang menyimpan keunikan tersebut adalah Pura Narmada.

Pura Narmada Yang Penuh Dengan Sensasi

Pura Narmada
Pura Narmada

Pura Narmada merupakan sebuah Pura yang berada di lokasi Taman Narmada. Nama Narmada sendiri diambil dari sebuah sungai yang Suci di India yang bernama Narmada. Lokasi Taman Narmada tidak jauh dari kota Mataram Lombok sekitar 11 km, tepatnya di Desa Narmada, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Agar bisa sampai ke tempat ini, Anda sebaiknya menggunakan akomodasi yang ada pada kami. Tentunya perjalanan wisata Anda dan keluarga akan lebih nyaman dan Anda dapat memilih kendaraan yang ingin Anda gunakan ke tempat ini dengan mengakses Sewa Mobil.

Wisata Taman Narmada
Wisata Taman Narmada

Tahukah Anda mengapa taman Narmada ini istimewa dimata wisatawan? Tentu saja nilai sejarah dari pembuatan taman inilah yang menjadi daya tarik utama taman ini. Taman ini dibuat atas titah seorang raja Mataram Lombok yang bernama Agung Ngurah Karangasem kepada arsiteknya. Ia merasa sudah tidak mampu melakukan upacara pekelem (upacara kurban) yang selalu dilakukan di puncak Gunung Rinjani karena usia yang semakin senja. Agar bisa melakukan ritual upacara tersebut yang sering dilakukan pada bulan purnama kelima (tahun caka) sang raja akhirnya meminta dibuatkan taman yang merupakan miniatur dari Gunung Rinjani.

Bentuk Taman Pura Narmada Yang Wajib Anda Ketahui

Pura Narmada Lombok
Pura Narmada Lombok

Di sisi lain, keunikan dari taman ini adalah bentuk dari tamannya sendiri. Taman ini terdiri dari Pura Narmada (pura Kalasa), kolam awet muda, Bale Loji dan Bale Agung. Yang menarik disini, Pura Narmada adalah yang menjadi bentuk miniatur dari Gunung Rinjani itu sendiri. Pura ini dibuat dibagian atas dan diberi puluhan anak tangga. Hal ini dimaksudkan agar dengan menaiki anak tangga tersebut seolah-olah sedang mendaki Gunung Rinjani. Fungsi dari Pura Narmada ini sendiri sampai saat ini digunakan untuk persembahan hasil bumi sebagai rasa syukur kepada Tuhan. Selain itu, dibawah Pura dibuatkan kolam dengan tiga sumber mata air yang menggambarkan seolah-olah kolam tersebut adalah Danau Segara Anak. Mengapa kolam ini disebut kolam awet muda? Karena kolam ini berasal dari tiga sumber yang dipercaya banyak mengandung mineral yang bisa membuat siapa saja yang minum atau hanya sekedar membasuh muka disana menjadi lebih awet muda. Namun perlu diketahui adalah bagi Anda (wanita) yang sedang berhalangan sangat dilarang untuk mendekati kolam ini. Bagaimana unik sekali bukan tempat ini?

Taman Narmada Lombok
Taman Narmada Lombok

Ada satu lagi yang tak kalah menarik yang harus Anda kunjungi ketika berada di Pura Narmada adalah Bale Loji dan Bale Agung yang letaknya berada di bagian depan taman ini. Bale loji adalah tempat yang digunakan sebagai gudang persenjataan kerajaan, sedangkan bale agung digunakan sebagai tempat pertemuan atau rapat. Bagi anda yang suka travelling ke tempat bersejarah ataupun yang ingin merasakan sensasi air awet muda, tak ada salahnya untuk menjadikan Pura Narmada ini menjadi tujuan wisata anda selanjutnya.