Ragam Keindahan dan Keramahan Menyambut Wisatawan di Pulau Lombok

Ragam Keindahan dan Keramahan Menyambut Wisatawan di Pulau Lombok

Pulau Lombok merupakan salah satu kawasan wisata di Indonesia yang paling menarik karena menawarkan ragam keindahan dengan masyarakatnya yang sangat ramah dan bersahabat.

Tentu ada banyak ragam keindahan yang bisa dinikmati di Indonesia. Salah satunya adalah keindahan Pulau Lombok yang pastinya sudah tersohor di mata para turis lokal dan turis asing. Karena pulau ini menyediakan banyak keindahan yang beraneka ragam, mulai dari kawasan wisata air seperti pantai, air terjun, sungai, danau dan juga gili. Adapun wisata khusus untuk perkemahan seperti pegunungan dan hutan. Bahkan para turis yang berdatangan ke Lombok tentu bisa merasakan wisata sejarah dan budaya dengan mengunjungi banyak kawasan kuno dan juga terdapat wisata religi dengan mengunjungi makam para wali serta beberapa masjid kuno di Lombok.

Masyarakat di Pulau Lombok yang Sangat Ramah Tamah

Memang Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang ramah, karena itu tak heran pula jika Lombok menjadi kawasan wisata yang sangat menyenangkan, karena setiap pengunjung atau para turis yang datang akan disambut dengan sangat hangat oleh masyarakat Lombok. Adapun masyarakat asli dari Pulau Lombok adalah masyarakat Sasak yang memang dikenal sangat ramah dan bersahabat.

Tak jarang pula masyarakat Lombok yang menawarkan rumah mereka sebagai tempat penginapan bagi para turis atau wisatawan yang datang. Karena itu, siapapun yang berkunjung ke Lombok akan merasa betah dan tidak akan bosan. Karena tidak hanya menikmati tempat wisata Lombok, tapi bisa merasakan persahabatan dari warga yang sangat ramah tamah.

Sosial Budaya dan Kepercayaan Masyarakat Asli Pulau Lombok

Masyarakat atau suku Sasak ini tidak hanya ramah tapi memang kreatif. Sehingga tak jarang wisatawan bisa melihat berbagai hasil kerajinan tangan khas Lombok yang bisa dijadikan oleh-oleh paling berkesan. Salah satunya adalah kerajinan kain tenun dan songket khas Sasak. Bahkan wisatawan bisa berkunjung langsung ke Desa Sade yang merupakan tempat asal pembuatan kain tenun Sasak. Adapun juga lainnya di desa Banyumulek sebagai sentra gerabah yang dibentuk menjadi guci, gentong telur, celengan, vas bunga dan lainnya.

Wisata Desa Sade
Wisata Desa Sade

Masyarakat Sasak khususnya yang berada di Desa Sade hingga saat ini masih tinggal di dalam rumah bale yang merupakan sebuah rumah sederhana dengan atap ijuk dan dinding bambu yang beralaskan tanah.Tentunya masyarakat asli Lombok yakni suku Sasa memiliki kepercayaan tersendiri yang memang masih dipegang dengan teguh. Suku Sasak ini masih menganut agama Islam yang disebut Waktu Telu yakni hanya melaksanakan shalat tiga kali dalam sehari.

Berbagai Kawasan Wisata di Pulau Lombok

Wisata Ibu Silvia dan Suami di Lombok
Wisata Ibu Silvia dan Suami di Lombok

Sebagai destinasi paling menarik di Indonesia, Pulau Lombok menawarkan ragam keindahan mulai dari wisata air seperti pantai. Ada banyak pantai yang bisa dikunjungi di Lombok. Dan tentunya semua jenis pantai tersebut memiliki keindahan masing-masing yang sangat khas dan berbeda dengan pantai di daerah lainnya. beberapa pantai tersebut adalah Pantai Senggigi yang mirip dengan pantai Kuta di Bali, adapun Pura Batu Bolong yang berada di kawasan Senggigi. Kemudian Pantai Kuta Lombok yang sangat mempesona, Tanjung Ringgit paling eksotis, Adapun wisata air lainnya adalah Air Terjun Sendang Gile yang memiliki air suci, Air Terjun Tiu Kelep dengan air berbentuk tirai, Air Terjun Benang Kelambu, Danau Segara Anak dan Danau Air Panas Sebau dibawah kaki Gunung Rinjani. Adapun Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air, Gili Kedis, Gili Tangkong, Gili Sudak, dan Gili Nanggu. Tidak hanya pantai, yang paling khas dari Lombok adalah Gunung Rinjani dengan puncaknya yang sagat memukau dan terdapa hamparan petak sawah yang berwarna-warni. Adapun Bukit Malimbu, Hutan Baun Pusuk, Taman Narmada, dan lainnya. wisatawan juga bisa berkunjung ke beberapa desa untuk wisata budaya dan wisata sejarah seperti di Desa Sade, Desa Sukarara, Desa Banyumulek, Desa Senaru dan lainnya.

Nah, demikian beberapa kawasan wisata di Pulau Lombok yang pastinya bisa dikunjungi dengan kesan yang sangat asyik. Apalagi dengan adanya kuliner khas Lombok yang paling nikmat dengan rasa pedas. Untuk itu, sebaiknya siapkan rencana waktu yang lebih lama untuk mengelilingi keindahan Lombok.