Pantai Selong Belanak memiliki keindahan alam yang memukau tidak kalah dengan objek wisata lainnya di Lombok. Panorama alamnya yang menyegarkan mata dapat membuat anda melupakan sejenak hiruk pikuk kota dengan gedung pencakar langitnya yang membuat pegal mata. Karena keindahannya pantai ini juga menjadi destinasi wisata favorit wisatawan yang dapat menjadi salah satu pilihan destinasi bagi anda yang ingin berwisata ke Lombok.

Letak Pantai Selong Belanak

Meskipun namanya tidak seterkenal pantai Tanjung Aan, Pantai Kuta Lombok, dan pantai-pantai lainnya di Lombok, pantai ini menawarkan keindahan alam yang mempesona. Lokasinya pun sangat strategis dan mudah dijangkau wisatawan. Pantai ini terletak di Desa Selong Belanak Kecamatan Praya yang termasuk kawasan kabupaten Kabupaten Lombok Tengah.

Untuk mencapai pantai Selong Belanak, anda dapat menyewa mobil. Waktu tempuhnya sekitar dua jam dari pusat kota Mataram. Disarankan untuk tidak melewati rute jalan Sekotong karena akses jalannya belum cukup baik dan dapat menghambat waktu perjalanan. Tetapi, jalanan yang dilewati rute ini dipenuhi pemandangan alam yang indah. Sehingga anda tidak akan bosan dan jenuh selama perjalanan.

Daya Tarik Pantai Selong Belanak

pantai selong belanak lombok

pantai selong belanak lombok

Setiap pantai di pulau Lombok memiliki daya tarik sendiri yang dapat memikat wisatawan yang datang ke pulau Lombok. Tidak terkecualiĀ Pantai Selong Belanak ini. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut. Saat anda menapakkan kaki telanjang di pantai ini anda dapat merasakan kelembutan pasir pantai ini di sela-sela jari kaki anda. Selain itu, bentuk bibir pantainya yang melengkung seperti bulan sabit ditambah dengan bukit yang menghiasinya membuat pantai ini semakin memukau dan menarik hati siapa pun yang melihat.
Di pantai ini tidak terlalu banyak pengunjung yang datang. Oleh karenanya suasana pantai ini relatif tenang dan membuat anda nyaman selama berada di sini. Selain itu, keadaan alam pantainya masih sangat terjaga dan bersih. Sangat cocok bagi wisatawan yang kesehariannya berada di kota dan bergelut dengan debu dan polusi serta jajaran gedung pencakar langit yang menyesakkan mata. Anda dapat rehat sejenak di sini sambil mensyukuri nikmat keindahan alam yang sempurna ini.

Meskipun tidak terlalu populer, pantai ini sudah dilengkapi fasilitas pendukung seperti tempat makan, cafe, dan lain sebagainya. Selain itu, di sekitar pantai juga terdapat pemukiman warga yang mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan. Anda dapat singgah dan mengobrol bersama warga.

Aktifitas yang Dapat Dilakukan di Pantai Selong Belanak

Ombak di pantai ini terbilang cukup aman untuk anda yang ingin bermain air dan berenang di sekitar pantai atau mencoba kegiatan surfing. Selain itu anda dapat sekedar berjalan-jalan menyusuri pantai sambil menikmati keindahan alamnya yang dapat membuat anda berdecak kagum. Anda juga dapat berjemur dan bersantai bersama keluarga anda dengan nyaman tanpa khawatir terganggu wisatawan lain.

Jika anda memiliki hobi memancing atau ingin mencoba pengalaman baru dengan memancing ikan di laut anda dapat menyewa perahu pada nelayan untuk memancing ikan. Di sini anda akan melihat banyak sekali perahu nelayan yang tertambat di sekitar pantai. Hampir 40 nelayan yang pulang pergi melaut setiap harinya.

Menikmati Sunset di Pantai Selong Belanak
wisata pantai selong belanak lombok

wisata pantai selong belanak lombok

Jika berwisata ke pantai tidak sah rasanya bila belum melihat sunset. Di pantai ini anda juga dapat menyaksikan keindahan matahari tenggelam. Langit oranye, laut biru, dan barisan bukit menjadi pemandangan yang tidak dapat anda lewatkan saat berkunjung ke pantai ini.

Keindahan alam pantai-pantai di pulau Lombok memang tidak ada habisnya. Selain masih asri dan terjaga kealamiannya, pengunjungnya pun tidak membludak sehingga wisatawan merasa nyaman saat berlibur dan dapat menikmatinya. Begitu pula dengan Pantai Selong Belanak. Anda dapat merasakan ketenangan dan kenyamanan saat berlibur di sini. Ditambah pemandangan alamnya yang indah dan memukau. Pantai ini sangat direkomendasikan bagi anda, terlebih jika anda ingin berlibur dengan tenang bersama keluarga dan teman anda tanpa khawatir terganggu wisatawan lainnya.

Save