Jika mendengar kata gili, maka yang ada di benak traveler adalah tiga gili yang tersohor dengan keindahannya, yaitu Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Namun, tahukah anda bahwa Lombok memiliki gili lain yang keindahannya bak surga? Ya. Itulah Gili Lampu. Gili yang memiliki nama unik ini mulai menarik wisatawan datang untuk menikmati keindahannya.

Asal-usul Nama Gili Lampu

Gili Lampu merupakan destinasi wisata yang terletak di Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur. Gili Lampu berasal dari kata gili yang artinya pulau dan lampu yang artinya penerangan. Jadi, Gili Lampu secara harfiah berarti pulau yang terang. Namun, nama Gili Lampu sendiri bukan berarti pulau ini penuh dengan lampu, melainkan mercusuar. Di pulau kecil ini terdapat sebuah mercusuar yang membantu penerangan bagi nelayan dan kapal yang berlayar di sekitar pulau di malam hari.

Menurut keterangan dari warga setempat, mercusuar ini sudah ada sejak jaman penjajahan Jepang. Kondisinya pun masih sangat baik dan dapat berfungsi sebagai mana mestinya. Cahaya mercusuar ini tidak hanya terlihat di sekitar pulau saja, namun sampai ke kantor kecamatan Sumbelia yang letaknya cukup jauh dari pulau. Karena itulah gili ini dinamakan Gili Lampu.

Daya Tarik Gili Lampu

Pada awalnya, gili ini hanya sebagai tempat persimpangan dan peristirahatan sementara para nelayan yang berlayar mencari ikan di dekat pulau. Wisatawan yang mengunjungi pulau ini pun hanya masyarakat sekitar. Itu pun hanya pada kesempatan atau acara tertentu. Seperti acara kenaikan kelas, Idul Adha, Idul Fitri, dan acara lainnya. Namun, karena gagasan para pemuda dan juga pemerintah setempat yang membuat pulau ini layak dijadikan sebagai destinasi wisata di pulau Lombok membuat gili ini perlahan mulai dikenal oleh wisatawan yang datang ke pulau Lombok.

Saat ini pengunjung yang datang ke Gili Lampu tidak hanya sekedar beristirahat, tetapi memang ingin menikmati pemandangan alam di Gili Lampu. Hal ini bukan tanpa sebab. Karena pada dasarnya, pulau-pulau kecil di Lombok menawarkan keindahan alamnya masing-masing yang menakjubkan dan menarik perhatian wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Apa yang membuatnya populer? Gili ini memiliki alam yang sangat indah dan pantai yang masih perawan. Pantainya dihiasi dengan hamparan pasir putih dan air laut yang biru jernih. Selain itu, pulau ini juga dipenuhi dengan gugusan terumbu karang yang menambah kecantikan pantainya. Selain itu, mercusuar peninggalan Jepangnya pun banyak menarik minat wisatawan.

Suasana di gili ini juga sangat tenang. Tidak terlalu banyak wisatawan yang hilir mudik. Sehingga saat berlibur di gili ini anda akan merasa berada di pulau pribadi dengan keeksotisannya yang dapat menghipnotis mata yang memandangnya. Pulau ini sangat cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga atau pasangan karena jauh dari hiruk-pikuk yang membuat anda nyaman selama berada di sini.

Aktifitas yang Dapat Dilakukan di Gili Lampu

Seperti di pantai-pantai lainnya di pulau Lombok, di Gili Lampu anda juga dapat bermain di sekitar pantai dengan nyaman. Wisatawan yang datang ke sini sangat menyukai pulau ini karena mereka dapat berenang di laut tanpa khawatir dengan ombak besar. Wisatawan juga bisa ber-snorkeling ria tanpa harus menyelam jauh ke dalam laut. Karena pemandangan alam bawah lautnya yang juga tidak kalah dengan gili lainnya. Bila anda tidak bisa berenang, jangan khawatir. Karena anda masih dapat menikmati panorama alam gili ini dengan leluasa.

Selain itu, anda juga dapat menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam di gili ini. Gili ini terkenal menjadi salah satu tempat terbaik melihat sunset dan sunrise di Pulau Lombok ditambah penampakan Gunung Rinjani dari kejauhan membuatnya semakin sayang untuk dilewatkan.

Indahnya alam Gili Lampu yang masih belum terjamah banyak orang dan pantainya yang masih perawan ini sangat sayang untuk anda lewatkan jika berlibur ke pulau Lombok. Anda akan menyesal jika tidak mengintip keindahan surga terpendam di Lombok ini.Save