Keindahan Pantai Tanjung Aan Lombok yang Membuat Anda Terpesona

Keindahan Pantai Tanjung Aan Lombok yang Membuat Anda Terpesona

Lombok memang terkenal dengan keindahan pariwisatanya yang menarik di Lombok. Salah satu obyek wisata di Lombok yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan adalah Pantai Tanjung Aan Lombok. Ada banyak sekali wisatawan yang memilih Pantai Tanjung Aan karena pesona alamnya yang sangat menakjubkan. Tak hanya wisatawan dari dalam negeri, pantai ini juga mampu menarik perhatian dari para wisatawan mancanegara yang memang sengaja memilih Pulau Lombok untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Lantas, apa saja daya tarik Pantai Tanjung Aan? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Daya Tarik Pantai Tanjung Aan Lombok

Wisata Bapak Basuqei dan Keluarga di Pantai Tanjung Aan Lombok
Pantai Tanjung Aan Lombok

Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia

Seperti yang diketahui bahwa Lombok mempunyai banyak sekali pantai dengan pemandangan yang menakjubkan. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Aan yang wajib masuk ke dalam list destinasi Anda di Pulau Lombok. Pantai Tanjung Aan begitu menawan karena posisinya yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Tak hanya itu, pantai ini juga mempunyai garis pantai yang cukup panjang sehingga para wisatawan bisa bebas melakukan kegiatan apapun di pesisir pantai.

Pasirnya bertekstur unik

Satu hal yang akan membuat Anda selalu teringat dengan Pantai Tanjung Aan adalah pasirnya yang unik. Bagaimana tidak? Pasir pantainya memiliki tekstur menyerupai merica yang agak sedikit kasar tapi tidak menyakitkan. Berjalan-jalan di pasir pantai Tanjung Aan ini, Anda akan merasa seolah-olah sedang melakukan terapi akupuntur pada kaki. Teksturnya yang unik ini dikarenakan adanya pencampuran antara pasir pantai dengan sisa-sisa karang dari pantai. Karena keunikannya tersebutlah Pantai Tanjung Aan banyak diminati oleh para wisatawan. Bahkan banyak traveller yang menilai bahwa Pantai Tanjung Aan adalah salah satu obyek wisata menarik di Lombok yang tidak boleh sampai terlewatkan.

Banyak aktivitas water sport yang bisa dilakukan

Di Pantai Tanjung Aan ada banyak sekali kegiatan water sport yang bksa dilakukan. Karena meskipun berhadapan langsung dengan luasnya Samudera Hindia, pantai ini memiliki ombak yang relatif tenang sehingga cukup aman untuk dijadikan sebagai tempat berenang Anda bersama keluargaa. Di pagi hari hingga siang hari, Anda bisa melihat banyak wisatawan yang snorkling, diving, berenang, memancing dan lain sebagainya. Tapi saat sore hari, Anda bisa melihat banyak wisatawan dari berbagai daerah dan negara lain yang sedang berselancar menantang ombak. Pasalnya saat menjelang sore, biasanya permukaan air laut akan mulai pasang sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat berselancar. Di Pantai Tanjung Aan, sudah tersedia berbagai peralatan snorkling dan diving yang bisa Anda sewa. Anda yang ingin melakukan hal romantis bersama pasangan juga bisa memilih tempat wisata ini untuk romantic dinner atau sekedar melihat sunrise atau sunset.

Dikelilingi perbukitan

Daya tarik Pantai Tanjung Aan selanjutnya ada pada pesona alamnya yang menakjubkan. Pasalnya selain menawarkan keindahan air laut yang indah, Pantai Tanjung Aan juga dikelilingi beberapa pepohonan yang rimbun sehingga menambah kesan asri tempat wisata ini. Para wisatawan bisa dengan mudah mendaki ke bukit tersebut. Banyak wisatawan yang naik ke bukit karena memang ingin menyaksikan panorama Pantai Tanjung Aan dari ketinggian. Dari atas sana, Anda akan menyadari betapa besar dan indahnya ciptaan Tuhan. Di Pantai Tanjung ini, Anda bisa beristirahat sambil menikmati angin sepoy-sepoy dan suara deburan pantai yang menenangkan.

Ritual Bau Nyale

Daya tarik Pantai Tanjung Aan selanjutnya adalah adanya ritual Bau Nyale. Setiap hari, pantai ini memamg banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Terutama saat musim liburan. Namun jika Anda ingin melihat ritual Bau Nyale, maka datanglah ke Pantai Tanjung Aan pada bulan Februari. Karena di bulan tersebut, penduduk sekitar akan mengadakan acara spesial yakni Ritual Bau Nyale. Sekedar informasi, Ritual Bau Nyale berkaitan dengan mitos yang dipercayai masyarakat sekitar mengenai kisah Puteri Mandalika yang melompatkan diri dari bukit agar terhindar dari kejaran pangeran yang hendak menikahinya. Berdasarkan cerita masyarakat yang berkembang, Puteri Mandalika kemudian bereinkarnasi menjadi cacing laut atau yang dikenal dengan sebutan Nyale.

Aksebilitas Pantai Tanjung Aan Lombok Yang Menawan

Wisata Pantai Tanjung Aan Lombok Ibu Menik dan Keluarga
Wisata Pantai Tanjung Aan Lombok

Tanjung Aan berads di desa Lombok, Pujut, Lombok Tengah. Dari Bandara Internasional Lombok, Anda hanya perlu menempuh jarak kurang lebih 24 km. Tapi jika Anda dari kota Mataram, maka jarak yang harus ditempuh adalah 62 km. Pantai Tanjung Aan Lombok ini sudah menyediakan berbagai macam fasilitas seperti penginapan, rumah makan dan lain sebagainya. Lokasinya yang strategis tentunya membuat banyak wisatawan tertarik berkunjung ke temlat wisata ini. Bagaimana? Tertarik mengunjungi Pantai Tanjung Aan? pantai tanjung aan lombok tentu saja wajib anda datangi bila memang ingin mendapatkan panorama indah. Dan tentu saja anda harus mempersiapkan segalanya agar mendapatkan yang terbaik.