Kain Tenun Cantik dari Desa Sukarara Lombok

Kain Tenun Cantik dari Desa Sukarara Lombok

Desa Sukarara terbagi menjadi Dusun Belong Lauk dan Dusun Belong Daye. Kaum perempuan di desa sukarara diwajibkan untuk bisa menenun. Dalam bahasa sasak menenun disebut dengan nyesek yang juga dijadikan sebagai syarat pernikahan. Desa di Lombok termasuk desa sadar wisata tenunan yang ada di Lombok selain desa sade dan banyumule. Lombok memang sungguh kaya akan berbagai destinasi wisata yang memiliki magnet masing-masing.

Desa Sukarara sebagai Desa Pusat Tenun

Aktifitas Belajar Menenun di Desa Sukarara Lombok
Aktifitas Belajar Menenun di Desa Sukarara Lombok

Desa sukarara sangat indah dengan panorama alamnya yang memukau mata. Sebagian besar perempuan yang tinggal di desa ini bekerja sebagai penenun. Mereka belajar menenun semenjak anak-anak yang diwariskan langsung oleh orang tuanya. Menenun merupakan mata pencaharian selain petani di desa Lombok. Cara menenun yang baik dan benar serta dilakukan secara tradisional ini biasanya dilakukan di teras depan berugak (gazibu). Begitu kita mendatangi desa ini, maka sejauh mata memandang kita akan menjumpai para wanita yang sedang menenun.

Kain tenun yang dibuat memiliki karakter khusus. Desin atau motifnya berbeda dengan kerajinan songket dari daerah lain di Indonesia. Kain songket yang dibuat menggambarkan gaya hidup kuno pulau Lombok. Motifnya menggunakan motif rumah adat dan lumbung. Juga ada motif tokek yang hingga saat ini masih dibuat.

Kita akan terpukau melihat hasil karya tenunnya. Meski menggunakan alat tradisional, hasil tenunnya berkualitas sangat baik dan menakjubkan. Bahan baku yang digunakan adalah benang katun, sutera, sutera emas, dan benang sutera perak. Untuk menghasilkan warna-warna cantik dalam kain tenun, mereka menggunakan bahan pewarna alami seperti misalnya warna coklat tua yang dihasilkan dari batang pisang busuk, warna ungu dari kulit manggis dan anggur, juga warna-warna lainnya. jangan dikira, untuk menyelesaikan selembar kain songket, diperlukan  hingga  bulan atau bahkan 1 tahun. Diperlukan kesabaran dan ketelitian ketika membuatnya agar menghasilkan kain yang benar-benar indah.

Kerajinan Tangan Bernilai Tinggi

Belajar membuat kain tenun khas Lombok di Desa Sukarara
Belajar membuat kain tenun khas Lombok di Desa Sukarara

Mengingat proses pembuatannya yang memakan waktu, juga penggarapan yang tidak mudah alias dengan cara tradisional, maka wajar saja jika harga satu lembar kain songket cukup tinggi. Hasil tenun dari desa sukarara terkenal dengan kain songket berpola cerah nan cantik. Namun harga menjadi bukan masalah yang besar karena kualitas yang dimilikinya berbanding lurus dengan harga yang diberikan. Motif paling terkenal di desa Lombok adalah motif subhanale dan motif belah terudak.

Kita bisa membeli langsung di pengrajin kain tenun jika jatuh cinta dengan motifnya. Bisa juga kita menyambangi toko-toko yang berjejeran di desa Sukarara untuk mendapatkan kain tenun yang kita inginkan.

Boleh Menikah Jika Bisa Menenun

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, keahlian menenun bagi perempuan di desa sukarara menjadi persyaratan seorang perempuan boleh menikah atau tidak. Jika sudah lulus menenun, maka sang wanita baru diijinkan menikah. Saat menikah, mereka wajib menggunakan kain songket sebagai langgeng awetnya suatu hubungan.

Kita bisa mencoba belajar menenun bersama perempuan-perempuan di desa Lombok. Mereka akan dengan senang hati mengajari cara menenun sebagai keahliannya. Dipastikan akan menjadi liburan yang seru di desa ini karena kita menjadi tahu teknik menenun yang baik dan benar.

Destinasi Wisata Desa Sukarara Lombok

Destinasi wisata Lombok yang tidak ada habisnya ini memang luar biasa. Rasa takjub kita tak cukup dengan mengunjungi pantai-pantai dan mengintip kekayaan taman bawah lautnya semata. Desa sukarara selaku desa wisata ini pun memiliki daya tarik yang tak kalah menakjubkannya dengan pesona wisata dari destinasi lainnya. Kurang lengkap rasanya jika kita tidak menyambangi sentra wisata kerajinan kain tenun ketika berlibur di Lombok. Kain tenun ini menjadi oleh-oleh khas dari Lombok.

Lombok Tour Plus siap menemani kunjungan wisata ke destinasi-destinasi incaran anda, termasuk desa Sukarara. Kami dengan senang hati menyediakan semua fasilitas dan akomodasi terlengkap dan terbaik sesuai dengan kebutuhan anda. Liburan anda dijamin akan mengesankan dan tanpa perlu ribet bersama kami Lombok Tour Plus.

Save