Ini Dia Objek Wisata Lombok Barat Yang Bersejarah

Ini Dia Objek Wisata Lombok Barat Yang Bersejarah

Objek wisata lombok menyuguhkan keindahan alam yang sangat mempesona, ditambah dengan keindahan dan keunikan masing-masing dari objek wisata yang tentunya membuat liburan Anda semakin menyenangkan bersama keluarga dan juga kerabat tercinta.

Ada pepatah mengatakan Barang siapa yang yang berkunjung ke pulau Bali ia tidak dapat melihat Lombok dan barang siapa yang berkunjung objek wisata lombok iya dapat melihat Bali,  yang artinya Barang siapa yang berkunjung ke Lombok mereka akan menjumpai dua jenis kesenian dan kebudayaan, yaitu bangunan pura dan budaya Bali lainnya dan kesenian asli Pulau Lombok seperti Gendang beleq, prosesi perkawinan dan sebagainya. Dan barang siapa yang berkunjung ke Bali tentu tidak dapat melihat kesenian dan kebudayaan di wisata Lombok.

Ini Objek Wisata Lombok Barat yang Bersejarah

  1. Kota Mataram

Mataram adalah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat, selain sebagai pusat pemerintahan, kota Mataram juga banyak menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan nenek moyang suku Sasak yang mendiami Pulau Lombok. Peninggalan – Peninggalan tersebut sudah tersimpan rapi di Museum Negeri Mataram, seperti kris pusaka, kitab-kitab tua dan benda-benda peninggalan lainnya.

Kota Mataram sekarang memiliki 6 kecamatan yang terdiri dari kecamatan Ampenan, Cakranegara, Mataram, Pejanggik, Selaparang dan Sekarbela. Kecamatan Ampenan dahulu pernah dijadikan sebagai pusat kota perdagangan di Pulau Lombok, di kecamatan Ampenan ini juga terdapat bekas peninggalan kota tua karena dahulu Ampenan pernah juga dijadikan sebagai pelabuhan laut yang menghubungkan Pulau Lombok dengan Pulau Bali serta pulau-pulau lainnya.

  1. Taman Mayura
Taman Mayura
Taman Mayura

Taman Mayura terletak di wilayah kelurahan Cakranegara Timur, kecamatan Cakranegara, Kota Mataram. Lokasi Taman ini berbentuk segi empat panjang yang di bangun oleh Raja Mataram Bali. Taman Mayura dibangun pada tahun 1744 sebagai tempat pertemuan dan pelaksanaan acara keagamaan antara penganut agama Hindu dan Islam watu telu.

Didalam taman terdapat empat bangunan terbuka, sebuah pura Padmasana dan sebuah kolam besar, ditengah kolam terdapat banguan terbuka bernama Bale Kambangyaitu tempat Raja melakukan pertemuan resmi yang menyangkut bidang pemerintahan.

  1. Pura Meru

Pura Meru terletak di Cakranegara, di bangun pada tahun 1720 M oleh raja Anak Agung Ngurah Karangasem. Jarak Pura Meru dengan Kota Mataram adalah 4 km, dan berada di pinggir jalan sehingga sangat mudah dikunjungi.

Pura ini memiliki 3 buah halaman. Pada bagian paling luar terdapat rumah kentongan ( balai kul-kul ) yang berguna untuk memanggil umat Hindu yang akan melaksanakan upacra suci. Pada bagian kedua terdapat dua buah rumah besar dengan lantai yang tinggi sebagai tempat menyimpan sesajen dan pada bagian ketiga terdapat 3 buah Meru. Di dalam halaman 3 pada Pura Meru terdapat 33 buah sanggah tempat memuja Batara Kawitan.

  1. Taman Narmada
taman narmada
taman narmada

Bukan hanya itu saja, di taman ini nantinya Anda akan menemukan beberapa kolam besar yang airnya sangat jernih. Kolam besar inilah yang merupakan tempat mandinya para raja pada zaman dahulu. Adapun cerita mistis yang menghiasi taman ini ialah, barangsiapa membasuh muka di mata air awet muda ini, nantinya ia akan berumur panjang.

  1. Pura Lingsar
Objek Wisata Lombok
Pura Lingsar

Pura Lingsar merupakan pura terbesar di Lombok, yang di bangun pada tahun 1714 oleh Raja Anak Agung Ngurah Karangasem. Pura ini juga di anggap sebagai salah satu pura paling suci di Lombok, uniknya pura ini adalah adanya gabungan antara nilai-nilai keagamaan Hindu dan Agama Islam Watu Telu. Hal ini tentu menjadi daya tarik yang membuat pura ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Itulah beberapa ulasan mengenai Objek Wisata Lombok Barat Yang Bersejarah, Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi liburan Anda berikutnya, untuk mengunjungi wisata sejarah di Lombok.