Ini Dia Keunikan Rumah Adat Khas Desa Sade Lombok

Ini Dia Keunikan Rumah Adat Khas Desa Sade Lombok

Lombok terkenal mendunia karena suku sasaknya, salah satu suku sasak yang masih kental akan kebudayaannya adalah Desa Sade. Desa Sade terkenal akan rumah adatnya yang unik. Bukan hanya rumah adatnya, kerajinannya pun terkenal hingga ke mancanegara. Banyak yang mengunjungi Desa Sade Lombok ini untuk merasakan sensasi menjadi adat atau warga suku sasak aslinya.

Keunikan Rumah Adat Desa Sade Lombok

Wisata Desa Sade Lombok
Wisata Desa Sade Lombok

Rumah adat di Desa Sade ini, tidak seperti rumah lainnya yang megah. Rumah adat di Desa Sade ini sangat sederhana dan masih menggunakan bahan alami. Tembok dan lantai di rumah adat ini terbuat dari tanah liat yang di keringkan, atapnya yang terbuat dari daun alang – alang yang sudah kering menjadikan aroma rumah semakin alami. Tak hanya itu, uniknya lagi lantai dari rumah adat Desa Sade ini di bersihkan dengan kotoran kerbau namun tidak berbau, sangat unik desa ini adalah satu – satunya desa yang membersihkan lantainya dengan kotoran kerbau. Anda juga dapat merasakan menjadi warga Desa Sade dengan cara langsung berkunjungi kesini dan bercengkrama dengan anak – anak serta warga di Desa Sade ini langsung.

Kerajinan Cantik di Desa Sade Lombok

Kerajinan desa sade Lombok
Kerajinan desa sade Lombok

Di Desa Sade ini bukan hanya membuat kerajinan kayu yang sangat unik dan cantik di pandang mata, melainkan di Desa ini juga membuat kerajinan kain tenun sama seperti di Desa Sukarara. Kain tenun di Desa Sade ini dibuat oleh para ahli kaum wanita warga dari Desa Sade ini sendiri. Kain tenun ini terbuat dari kelincahan tangan bukan mesin. Jadi kain tenun Desa Sade ini sangat kuat dan tidak mudah robek. Banyak kain tenun yang di buat di desa ini, mulai dari kain tenu yang berna sarung, endek, rang rang hingga songket. Semua kain tenun ini terbuat dari warna yang alami, dengan benang yang lebih kuat, serta kelincahan tangan para penenunnya. Warna kain tenun disini sangat cantik dan unik, apalagi Anda yang menggunakannya, ayo buruan di beli kain tenunnya agar Anda tidak ketinggalan denga yang lainnya.

Anda bisa mengunjungi Rumah Adat Desa Sade ini bersama keluarga atau sahabat Anda dengan menyenangkan dan seru. Rasakan sensasi menjadi warga asli suku sasak Lombok ketika Anda berada di Desa Sade Lombok yang terkenal mendunia ini.