WOW! Ini Dia Desa Banyumulek Yang Kaya Akan Kerajinan Tangannya

WOW! Ini Dia Desa Banyumulek Yang Kaya Akan Kerajinan Tangannya

Desa Banyumulek terletak di Lombok Barat. Dengan luas sekitar 4.2 Ha, desa ini dihuni oleh lebih dari 10 ribu warga asli Lombok. Penduduk disini 80% bermata pencaharian sebagai pengrajin gerabah. Gerabah sendiri merupakan kerajinan yang terbuat dari tanah liat. Pada jaman dahulu, gerabah yang dibuat kebanyakan digunakan untuk kebutuhan rumah tangga seperti tempat penyimpanan air, beras, dll. Namun seiring berjalannya waktu dan semakin populernya Lombok sebagai tenmpat pariwisata, maka kerajinan gerabah dari desa ini telah berkembang menjadi berbagai hiasan atau dekorasi.

Jadi, betapa ruginya jika kita berlibur ke Lombok tanpa berkunjung ke desa Banyumulek yang bahkan sudah terkenal sampai ke mancanegara ini. Penduduk asli yang tinggal didesa ini juga sangatlah ramah terhadap wisatawan. Sehingga kita bisa berinteraksi langsung dengan mereka dan mempelajari berbagai kebudayaan dan adat istiadat yang ada di desa ini. Selain wisatawan lokal, wisatawan mancanegara juga banyak yang tertarik untuk berkunjung ke desa ini. Seperti yang kita tahu, turis asing sangat tertarik terhadap kekayaan budaya yang ada di Indonesia.

Keistimewaan Desa Banyumulek Yang Wajib Anda Ketahui

wisata desa banyumulek lombok
wisata desa banyumulek lombok

Gerabah buatan masyarakat Banyumulek Lombok sudah terkenal kualitasnya. Tidak heran jika desa ini mengukuhkan diri sebagai sentra pengrajin gerabah terbesar di Pulau Lombok. Berikut keistimewaan desa Banyumulek:

Tempat Pembuatan Gerabah Yang Harus Anda Kunjungi Secara Langsung

Didesa ini sebagian besar penduduknya mendedikasikan diri sebagai pengrajin gerabah. Selain membuat gerabah untuk dijual, penduduk disini tidak segan untuk mengajari para wisatawan yang ingin mencoba belajar proses pembuatan gerabah ini. Kita bisa belajar dan menyaksikan sendiri bagaimana tanah liat mula-mula dicampur dengan air, kemudian dibentuk sedemikian rupa indah untuk kemudian dibakar menggunakan jerami. Semua proses bisa kita saksikan sambil berinteraksi dengan penduduknya.

Kualitas gerabah yang dihasilkan oleh penduduk desa Banyumulek sudah tidak diragukan lagi. Bukan hanya di Indonesia saja, penjualan gerabah bahkan sudah sampai ke beberapa negara didunia. Amerika Serikat, Selandia Baru, Malaysia, Spanyol, Denmark, Italia, dan masih banyak lagi negara tujuan ekspor gerabah lainnya. Hal ini membuktikan bahwa kualitas gerabah yang dihasilkan oleh desa ini memang tidak main-main. Material dasar seperti tanah liat menjadi komponen utama dalam membuat gerabah.

Ciri khas gerabah Banyumulek Yang Harus Anda Lihat

Belajar membuat gerabah khas Lombok di desa Banyumulek
Belajar membuat gerabah khas Lombok di desa Banyumulek

Gerabah yang dihasilkan oleh penduduk desa Banyumulek memiliki ciri khas tersendiri. Motif-motif yang diangkat disini lebih kepada kekhasan penduduk lokalnya. Selain itu, pewarna yang digunakan untuk mewarnai gerabah buatan desa ini ialah pewarna alami. Seperti dedaunan yang memiliki kandungan warna tertentu. Dalam proses pembuatannya pun tidak menggunakan peralatan modern layaknya dipabrik melainkan buatan tangan asli atau handmade. Inilah yang membuat gerabah disini berbeda dengan gerabah lainnya.
Kekhasan Desa Banyumulek

Desa Banyumulek sudah sangaat terkenal sebagai desa penghasil gerabah terbesar di Lombok. Saat menginjakkan kaki ke desa ini, kita akan melihat gapura dengan bertuliskan ‘Sentra Kerajinan Gerabah Banyumulek’. Begitu masuk ke desa ini, kesan desa Gerabah akan begitu kental terasa dengan banyaknya gerabah-gerabah pada pagar tembok diberbagai bangunan rumah, ataupun kantor-kantor pemerintahannya.

Kemudian, disepanjang jalan desa kita bisa menemui banyak galeri-galeri yang memajang gerabah dengan berbagai desain dan ukuran. Kita bisa memilih dan membeli gerabah-gerabah yang sesuai selera dan kebutuhan. Ada satu gerabah yang khas didesa ini bernama Kendhil Maling. Gerabah ini memiliki lubang didalamnya sebagai jalan masuknya air. Mirip seperti seorang maling yang memiliki jalan tersendiri jika ingin beraksi. Setelah air masuk, air tidak keluar lewat lubang tersebut saat gerabah istimewa ini diletakkan kembali. Unik bukan?

Jika anda tertarik ingin mempelajari lebih dalam mengenai proses pembuatan gerabah, maka Anda wajib wisata di Lombok dan mengunjungi Desa Banyumulek. Banyak hal yang bisa dipelajari dengan berwisata budaya ke desa ini. Selain belajar membuat gerabah, anda bisa berinteraksi langsung dengan penduduk yang ramah. Untuk itu, Lombok Tour Plus siap menemani kunjungan anda untuk mengenal lebih jauh kebudayaan membuat gerabah yang ada didesa ini.

Save