Sebagai gunung yang tertinggi kedua di Indonesia, Gunung Rinjani banyak digemari para petualang dan pendaki sebagai tempat pendakian dan juga cocok untuk berkemah. Selain itu banyak pula wisatawan yang berkunjung kesini untuk melihat panorama alam yang sangat indah, eksotis dan begitu menakjubkan. Disini anda bisa dapatkan petualangan baru khususnya bagi anda yang suka mendaki karena disini merupakan tempat yang sangat mengesankan, walaupun merupakan gunung berapi tapi sekarang menjadi kawasan wisata yang sangat digemari para wisatawan lokal dan mancanegara.

Panorama Alam Gunung Rinjani yang Sangat Eksotis

Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani Lombok

Pegunungan Rinjani ini juga merupakan tempat konservasi Taman Nasional Gunung rinjani. Sehingga di dalamnya terdapat banyak ragam fauna dan flora yang bisa memanjakan mata para wisatawan. Pemandangan alam disini sangat memukau, segara dan menyejukkan. Karena setiap mata memandang maka anda akan melihat pepohonan yang unik dan juga tinggi dengan warna hijau yang segar pasti bisa bikin anda merasa nyaman ada disini.

Gunung Rinjani ini memberikan keindahan alam yang sangat eksotis mulai dari bagian kaki gunung yang dibawahnya terdapat persawahan dengan bentuk petak-petak yang sangat rapih dengan warna-warni yang begitu memukau. Selain itu, pada saat memasuki hutan maka terdapat pula banyak kawasan wisata seperti danau dan air terjun. Keindahannya pun masih bisa diteruskan mencapai puncak gunung. Di puncak tersebut anda akan dapatkan pesona alam yang sangat indah luar biasa dan pasti akan membuat mata anda selalu melotot.

Jalur Mengesankan Untuk Pendakian Gunung Rinjani

rinjani lombok

rinjani lombok

Bagi anda para pendaki yang ingin mendaki gunung Rinjani ini maka bisa dapatkan pengalaman berbeda yang lebih mengesankan. Anda bisa merasakan keindahan alam yang sangat meresapi ke jiwa. Untuk melakukan pendakian maka ada beberapa jalur yang bisa anda lewati menuju puncak, diantaranya adalah jalur Senaru dan jalur Sembalun, yaitu dengan melewati Desa Senaru atau melewati Desa Sembalun.

Jika anda memilih jalur senaru yang juga biasa digunakan masyarakat setempat utnuk melakukan ritual keagaaman di danau Segara Anak, maka anda bisa melewatinya dan kemudian anda akan melewati dan bisa singgah di Danau Segara Anak. Dari danau ini maka anda bisa menuju puncak dalam waktu 4 hingga 5 jam.

Sementara pada jalur kedua adalah jalur Sembalun yaitu melalui gerbang Sembalun lawang hingga ke pelawangan sembalun. Maka nantinya anda akan tiba di puncak sepanjang 9 hingga 10 jam perjalanan. jika anda memilih jalur ini maka nantinya anda akan melewati padangan savana dan juga perjalanan berliku-liku karena anda berada di punggung gunung. Adapun pemandangan lembah-lembah berwarna hijau dan hutan lebat yang sangat mempesona sehingga akan membuat perjalanan anda menjadi tidak lelah dan tidak bosan. Apalagi dengan melewati desa ini maka anda bisa beristiharat di desa tersebut dan bisa saling berinteraksi terlebih dahulu sambil mengumpulkan stamina anda kembali.

Jika anda sudah tiba di puncak maka mata anda tidak akan berkedip dan tidak akan pernah berhenti ternganga karena keindahannya yang sangat mempesona. Anda bisa melihat pemandangan alam yang begitu luar biasa dengan samudera awan yang sangat indah dan juga pesona kota Lombok yang nampak sangat indah. Di puncak anda juga bisa melihat kawah yang begitu mempesona luar biasa.

Kegiatan Berkemah, Memancing dan Mandi Air Panas

Jika anda telah selesai menikmati pemandangan puncak Gunung Rinjani maka anda bisa turun kebawah dan nantinya anda akan bertemu dengan Dnau Segara Anak. Disini anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan danau dan bahkan memancing ikan di danau ini. selanjutnya anda juga bisa mandi air panas di danau Air panas Sebau yang mengandung belerang. Di sekitar danau ini anda juga bisa melihat berbagai fauna seperti burung, rusa, lutung, kera abu-abu dan lainnya. dengan berbagai kegiatan tersebut tentu ada akan merasa sangat puas.

Save