Gunung Rinjani di Pulau Lombok yang memiliki ketinggian 3.726 mdpl, adalah salah satu gunung tertinggi dan berapi nomor tiga di Indonesia yang terletak di Pulau Lombok sebelah timur Pulau Dewata Bali, yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Rinjani Lombok yang memiliki luas 41,330 ha serta akan diusulkan di tambah sehingga menjadi 76 ha menuju arah timur dan barat, yang di katagorikan Gunung favorit dan sering di kunjungi oleh wisatawan atau pendaki dalam dan luar negeri. Rinjani memiliki kawah yang lebarnya kurang lebih 10 Km, dan terdapat danau kawaha yang bernama Danau Segara Anakan/Anak. Di Danaunya terdapat bermacam macam ikan seperti, ikan mujair, mas dan karper yang di manfaatkan oleh wisatawan atau pendaki sebagai penambah lauk dengan cara di pancing. keunikan Danau Segara Anak ini adalah airnya yang bermacam warna, kadang biru, hijau coklat kadang-kadang bercampuran. Pemandangannya yang Eksotis sangat mengesankan, dan biasanya para pendaki memanfatkan untuk melepaskan letih hingga berhari-hari. Tidak Cuma danaunya, Rinjani juga menawarkan ekosistem yang masih alami dan terjaga, seperti hutan cemaranya, akasia, padang rumput, serta edelweiss( bunga abadi ). Selain itu ada juga berbagai jenis burung dan binatangnya yang lain yang hidup di Rinjani seperti harimau, lutung, monyet, blibis, rusa serta landak.

Gunung Rinjani Dengan Banyaknya Mesteri

gunung rinjani

puncak gunung rinjani

Di sebelah timur kaldera berdiri anak gunung yang di sebut oleh penduduk lokal bernama Gunung Barujari disingkat Gunung Baru dengan kawah yang berukuran 170mx 200m dengan tingginya mencapai 2,296 – 2.376 mdpl, yang masih aktif dan pernah meletus dan 31 orang meninggal langsung. Rinjani menyimpan banyak misteri dan kekuatan gaib, mengakibatkan para pendaki merasa betah untuk berlama-lama di sana. Di danau terdapat komunitas mahluk halus dengan jumlah yang begitu banyak,dalam kepercayaan atau keyakinan para penduduk Pulau Lombok Jika Danau terlihat mendadak luas, maka yang melihat umurnya masih panjang, dan sebaliknya, jika danau terlihat sempit maka yang melihat umurnya pendek dan untuk yang melihat harus melakukan pembersihan diri. Setiap tahunnya dilaksanakan upacara adat di Danau Segara Anak oleh masyarakat Hindhu maupun Islam. Puncak Gunung Rinjani menurut keyakinan masyarakat Lombok di yakini tempat bersemayamnya ratu jin, yang merupakan pemimpin Gunung Rinjani yang dinamakan Dewi Anjani. Dan di kaldera sebelah tenggara puncak gunung ada yang namanya Segara Muncar, dan di saat-saat tertentu terlihat istana ratu jin tapi secara kasat mata.

Cerita Tentang Gunung Rinjani Yang Misteri

pos rinjani

pos peristirahatan gunung rinjani

Menurut cerita masyarakat, Dewi Anjani adalah keturunan langsung dari Raja Selaparang hasil pernikahan sang Raja dengan mahluk halus yang bermukim di Gunung rinjani, ketika beliau memohon hujan untuk daerahnya karena kekeringan yang panjang melanda kerajaan saat itu. Ada juga cerita yang mengatakan Dewi Anjani memiliki pengikut golongan mahluk halus yang baik-baik dan merupakan seorang putri dari Raja yang tidak di izinkan Sang ayah menikah dengan kekasih pilihan hatinya, jadi Sang Putri menghilang pada sebuah mata air yang benama Mandala yang akhirnya menjadi penguasa alam gaib. Ada daerah tertentu di sekitaran Rinjani yang ada larangan untuk memasukinya, konon katanya daerah angker sekali. Rinjani pernah meletus dahsyat ribuan tahun yang lalu dan diyakini letusannya menjadi sebuah pura Tanah Batu Bolong yang cantik, yang terletak di jalan senggigi kilometer 4, Lombok Barat, terbukti dari bebatuan di Pura Tanah Batu Bolong di perkirakan merupakan lava dan Batu-batuan hasil letusan gunung Rinjani.

Save