Gili Trawangan, Pesona Alam Indonesia

Gili Trawangan, Pesona Alam Indonesia

Gili Trawangan, bagi kamu yang hobinya jalan-jalan pasti nama pulau yang satu ini udah gak asing lagi di telinga kamu, bahkan mungkin nama pulau ini sudah ada di list tempat yang bakalan kamu kunjungin tahun ini atau bisa jadi bulan ini. Buat kamu yang udah ngelist pulau ini sebagai tempat yang bakalan kamu kunjungin, tepat banget. Dijamin kamu gak akan pernah nyesel udah ngelist tempat indah yang satu ini. Indonesia indah banget, seindah kamu ngunjungin tempat – tempat yang ternyata surga di sepanjang kepulauan Indonesia. Panjang kali lebar ngebahas kalau Indonesia itu indah seindah Gili Trawangan gak akan ada habisnya. Buat yang udah pernah ke tempat ini pasti masih pengen lagi dan pengen lagi ke sana, apalagi buat yang belum pernah. Okay, buat kamu yang belum pernah ke sini, yuk kita cari tau sebenernya tempat seperti apa sih yang dinamai Gili Terawangan ini.

Diidentifikasi dari namanya, menurut bahasa Jawa gili berarti jalan. Sedangkan Trawangan menyerupai bahasa sehari-hari yakni terawang atau dilihat samar-samar (bisa hal yang belum pasti seperti masa depan atau lainnya, tergantung konteksnya). Tetapi, lain tempat lain bahasa dong ya. Berhubung Gili Trawangan berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, gili itu sendiri memiliki arti pulau kecil. Pulau kecil yang berada di Pulau Lombok bagian utara tepatnya. Lombok, pasti ketika mendengar nama Lombok kamu sudah dapat membayangkan bagaimana pesona yang disuguhkan oleh pulau yang terletak di antara dua selat dan dua tempat wisata ternama lainnya itu. Kalau Bali sudah mainstream, Lombok belum mainstream kok untuk kamu kunjungi. Banyak sekali pesona pulau itu yang bisa bikin kamu makin cinta sama bumi ibu pertiwi ini. Mulai dari pesona alamnya yang benar-benar sempurna, hingga berbagai tradisi serta budayanya yang mengagumkan. Hal yang sangat khas dari Lombok adalah pantai jernihnya yang kalau kamu lihat dapat membuyarkan semua penat di otak kamu. Weeeew, luar biasa sekali kan? Nah, salah satu yang terkenal di Lombok ya Gili Trawangan ini.

Keindahan alam Gili Trawangan sangat menggoda kamu untuk menghabiskan banyak waktu di sini. Pantai pasir putih yang umumnya memiliki tekstur pasir lembut, udara bersih nan segar, pemandangan gunung yang gagah, serta laut birunya yang mempesona akan membayar waktu yang kamu keluarkan untuk sampai ke wilayah Indonesia bagian timur ini. Di pantai ini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas yang kamu inginkan. Mulai dari berjalan-jalan atau bersepeda mengelilingi pantai, bersantai menikmati indahnya pemandangan yang ada di depan mata, sampai melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air seperti snorkeling, scuba diving, berselancar, bermain kayak, melepas tukik (anak penyu) ke laut bebas. Aktivitas air yang mengasikkan bukan? Perlu kamu tahu juga kalau gili yang terbesar diantara 3 gili di barat laut Lombok ini tak hanya memiliki keindahan pantai yang menakjubkan, tetapi juga memiliki keindahan alam bawah laut yang luar biasa loh.

Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan bawah laut Gili Trawangan, kamu bisa banget meng-eksplore alam bawah lautnya dengan snorkeling ataupun scuba diving. Jangan khawatir untuk yang merasa kurang pandai, belom pernah atau tidak bisa, karena nanti disini ada yang akan mengajarkan dan mengawasi kamu, dan tentu instruktur tersebut sudah memiliki sertifikat PADI, so don’t be afraid ya buat nyoba. Sayang banget kalau udah jauh-jauh dateng ke sini tapi gak ikutan menikmati keindahan alam bawah lautnya yang keren abis. Ikan-ikan beraneka warna akan menyambut kamu ketika kamu udah masuk ke dalam air laut, terumbu karang yang berjajar indah serta hewan-hewan laut lainnya yang indah-indah seperti penyu dan lain sebagainya akan kamu temui di sini. Dijamin gak akan pernah menyesal karena nyemplung ke laut Gili Terawangan malah kamu bakal di buat ketagihan buat nyemplung ke sini.

Fasilitas, jangan khawatir untuk kamu yang mau jalan-jalan dengan fasilitas yang lengkap, karena Gili Trawangan ini merupakan satu gili yang terpopuler di Lombok dan memiliki fasilitas terlengkkap jika dibandingkan dengan gili-gili lainnya. Turis mancanegara pun akan banyak kamu temui di sini, jadi fasilitas utama seperti hotel telah banyak berdiri di sini. Bukan hanya sekedar home stay, tetapi hotel berbintang pun ada. Ada hotel bertaraf internasional dengan menawarkan bangunan hotel yang didesain khas bangunan tradisional Lombok, beserta pemandangan laut yang menawan terlihat langsung dari hotel. Ada juga hotel atau penginapan yang menawarkan harga terjangkau untuk kamu yang hobi backpackeran. Lengkap banget deh.

By the way, kamu jangan pernah berharap untuk bisa keliling pulau yang berukuran 3 km x 2 km itu dengan menggunakan kendaraan bermotor ya, karena kamu gak akan menemukan kendaraan bermotor digunakan disini, apalagi untuk berkeliling pulau yang hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja untuk mengelilinginya. Sudah jadi aturan dari pemangku adat di objek wisata lombok ini untuk larangan menggunakan kendaraan bermotor, agar udara dan keasrian pulau tersebut tetap dapat terjaga sampai kapan pun. Menarik ya, jadi kalau kamu ke sini sekarang, dan nanti 10 tahun kemudian kamu ke sini lagi untuk memperkenalkan pesona alam Indonesia yang indah ini ke anak kamu, udaranya akan tetap sama bersih dan segar. Keren banget kan?

Selain fasilitas penginapannya, untuk kamu yang hobi menikmati udara malam di gili ini tersedia loh fasilitasnya. Gak hanya kamu bisa menikmatinya seorang diri sambil berjalan-jalan ala serial-serial FTV, tapi kamu juga bisa menikmatinya dengan banyak orang bahkan yang gak kamu kenal sama sekali. Ya sebut saja beach party ala-ala barat gitu. Di pulau Trawangan berbeda dengan di pantai Kuta Bali. Kalau kamu pernah menikmati pesta pantai di Kuta pasti akan berbeda dengan pesta pantai di Trawangan. Di sini ada jadwal tersendiri untuk tiap malamnya, jadi event yang disuguhkan tiap malamnya berbeda. Bahkan pengunjung atau penduduk dari gili-gili tetangga seperti Gili Meno dan Gili Air banyak yang datang ke trawangan, untuk ikut menikmati pesta pantainya loh. Dijamin liburan kamu semakin seru dan berkesan banget. Terlebih lagi kalau kamu perginya bareng teman-teman, sahabat, pasangan dan orang-orang kesayangan Anda. Gak heran kalau banyak turis mancanegara yang bela-belain datang jauh-jauh ke Lombok dan mengunjungi pulau kecil yang satu ini. Recomended banget deh tempat ini untuk kamu kunjungi. Gak usah jauh-jauh ke luar negeri kalau dalam negeri saja sudah menyediakan tempat yang indah yang bikin enjoy dan nyaman. Oh iya, untuk kamu yang gak mau repot untuk mengurus akomodasi, penginapan dan lain sebagainya untuk liburan ke pulau ini, kamu bisa kok menggunakan jasa tour untuk mendapatkan liburan yang lebih mudah dan comfort. Liburan, Gili Trawangan aja.