Lombok, sebuah pulau di Indonesia yang begitu elok tergambar bagai seorang putri cantik yang masih tertidur karena keindahan serta ketenangan pulau ini. Lombok merupakan satu pulau dengan sederet pulau-pulau kecil yang menambah keelokannya, karena keberadaan gugusan pulau-pulau kecil itulah menjadikan Lombok layak disebut surga bagi pecinta keindahan alam. Ada 3 gugusan pulau kecil (gili dalam bahasa Lombok) yang berada di barat laut Pulau Lombok dan masuk ke dalam Lombok Utara. Ketiga gili ini adalah aset berharga yang dimiliki Lombok karena menyimpan keindahan alam yang begitu menakjubkan hingga terdengar sampai ke mancanegara dan akhhirnya menjadi destinasi wisata yang menarik bagi para turis mancanegara. Mungkin banyak dari anda yang sudah mendengar keindahan Gili Trawangan, salah satu gili yang paling terkenal di Lombok akan pannorama alam serta pesta pantainya yang sangat menarik untuk dinikmati ketika malam hari. Bagaimana dengan dua gili lainnya  yang merupakan tetangga dari Gili Trawangan? Sudahkah  anda mengenal kedua gili lainnya? Gili Meno dan Gili Air, itulah dua gili tetangga Gili Trawangan yang juga tak kalah jika dibandingkan keindahannya.

gili meno

Menikmati alam ciptaan Tuhan, Gili Meno

hotel gili menoMenikmati alam ciptaan Tuhan memang tak akan ada habisnya, apalagi semakin hari satu demi satu surga tersembuyi semakin banyak yang bermunculan. Seperti halnya Gili Meno yang merupakan surga sepi di barat laut Lombok ini. Jika anda mengunjungi surga  yang satu  ini, sebuah pulau yang panoramanya begitu menakjubkan dan menyimpan keheningan yang begitu mendamaikan maka anda aka kehabisan kata untuk mendeskripsikan seberapa indahnya pulau yang satu ini. Keindahan pantainya yang dapat  dijelajahi dalam waktu 90 menit dengan berjalan kaki adalah satu point plus yang akan membayar lelah selama perjalanan menuju ke sana. Perjalanan yang membutuhkan waktu berjam-jam, terlebih bagi anda yang berasal dari barat Indonesia. Jangankan ketika sampai di gili tersebut,  saat perjalanan pun anda sudah dicicil oleh pemandangan pantai Senggigi serta hutan lindung sebagai latar perjalanan darat anda dari Mataram. Belum lagi ketika anda menyeberang ke pulau ini, anda akan mendapat dibuai oleh keindahan alam Lombok yang tak ada habisnya untuk diceritakan. Mulai dari pasir putih yang membingkai birunya laut Lombok, Bukit Serumbu dan Bukit Malimbu yang perlu anda nikmati khususnya ketika sunset. Pastinya pemandangan itu akan mengukir senyum di bibir anda.

Di gili  terkecil dan tersepi ini, anda dapat membunuh waktu dengan melakukan banyak hal  yang anda sukai dan sulit untuk dilakukan di tempat lain dengan keindahan yang seperti itu sepuasnya. Khususnya bagi anda yang menyukai olahraga air seperti halnnya berselancar, snorkeling dan diving. Gili Meno merupakan pulau  yang memiliki banyak spot cantik untuk diving dan snorkeling yang  sayang sekali jika dilewatkan begitu saja. Sudut menyelam yang sangat cantik yakni Sea Point Penyu, Meno Wall dan Point Coral Blue. Di pulau ini anda akan berjumpa dengan species karang dan ikan yang beraneka ragam serta penyu yang berenang bebas seolah menyambut kedatangan anda di pulau Meno. Jadi, jangan sampai anda tidak mengunjungi alam bawah laut pulau yang satu ini. Tidak diving, snorkeling pun cukup untuk menikmati keindahan alam bawah laut Lombok ini. Yang pasti anda harus mencicipi bagaimana ikan-ikan cantik dengan warna yang kontras menyapa anda di bawah laut, dan bagaimana rasanya anda melihat terumbu karang menari kian gemulainya. Syukur pasti akan terus anda lontarkan atas apa yang anda lihat. Indah dan begitu mempesona.

Menikmati  Keindahan Laut Gili Meno

pantai gili menoSelain menikmati  keindahan laut Gili Meno, anda juga perlu mengunjungi Gili Air untuk menikmati keindahan lautnya. Seperti halnya Meno yang memiliki spot cantik untuk bersnorkeling ria ataupun diving, Gili Air pun demikian. Gili Air memiliki 5  spot cantik idola yang mengundang anda untuk mengunjunginya karena  keindahannya yang juga luar biasa, yakni Malang Reef, Frogfish Point, Segaluh, Air Slope dan Air Wall.Gugusan terumbu karang beragam species yang membentang layaknya dinding misalnya dapat anda temui di spot Air Wall. Di alam bawah lautnya kecantikan aneka ikan berwarna cantik, kuda laut, kura-kura, terumbu karang dan hewan laut lainnya  akan membuat  anda terpukau saat anda menjelajahi alam bawah lautnya. Indah dan begitu menawan, asli bukan buatan tangan manusia. Siapa yang akan menolak keindahan alam yang seperti itu?

Kedua pulau yang menakjubkan untuk dijelajahi atas maupun bawah lautnya. Moment-moment  yang tak akan terhapus dari memori ketika anda berlibur di gugusan pulau kecil di Lombok ini. Khususnya bagi anda yang menyukai atau membutuhkan kesunyian, anda dapat berlibur lebih lama di Gili Meno, pulau penyu yang begitu hening dengan sedikit penerangan tetapi dapat lebih menerangkan jiwa dan menentramkan hati. Menikmati pendar cahaya lampu dari kejauhan di pulau-pulau seberang dan menikmati alam bernyanyi dalam keheningan tentu moment yang sulit anda dapatkan, khususnya bagi anda yang tinggal di pusat kota yang penuh keramaian. Tanpa kendaraan bermotor dan jarang listrik, lilin/ obor sebagai penerang dan kayu bakar untuk memasak, layaknya sedang camping. Nikmat sekali bukan, apalagi  bagi anda yang berkunjung untuk berbulan madu. Pulau  ini adalah tempat yang sangat tepat untuk dijadikan destinasi wisata lombok bulan madu anda.

restoran gili menoSelain keheningannya, Desa Gili Indah Kecamatan Pamenang ini juga memiliki taman burung yanng berisikan spesies burung yang indah-indah serta langka, penangkaran penyu hijau, serta Danau Air Asin yang berada di sebelah barat pulau Meno. Danau Air Asin ini berjarak 100 meter dari taman burung. Danau Air Asin ini dapat dikatakan berukuran cukup luas dan dikelilingi oleh hutan bakau. Hutan bakau yang mengelilingi danau Air Asin ini juga merupakan sarang beragam jenis burung, seperti burung elang misalnya. Ketika anda mengunjungi Danau Air Asin tentu anda akan disambut oleh kicaua beragam jenis burung yang bersarang di sana. Danau  Air Asin atau danau Garam yang hanya ada di pulau ini menjadi ciri khas  yang membedakannya dari gili lainnya. Pada musim kemarau, danau  yang memiliki kedalaman dangkal  ini bahkan dapat  dijadikan penghasil  garam bagi  penduduk pulau penyu ini. Sedikit info bagi anda yang sudah terpesona dan sudah memasukkan pulau  ini ke dalam daftar  tempat tujuan wisata anda, yakni di pulau yang berpenduduk sekitar 400 orang ini hanya terdapat  air asin,  untuk mendapatkan air tawar penduduk mengambilnya dari Lombok. Untuk itu bagi anda yang hendak berlibur dan menginap di sana, sebaiknya anda menanyakan urusan air terlebih dulu. Dan untuk urusan akomodasi penginapan, dll anda juga dapat menggunakan jasa tour untuk mengurusnya, jadi anda tak perlu susah payah lagi dan cukup  menikmati liburan anda. Tertarik untuk berwisata ke Gili Meno?