Gili Meno Lombok, Surga Wisata di Timur Indonesia

Gili Meno Lombok, Surga Wisata di Timur Indonesia

Dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang memukau dan menakjubkan, rupanya Lombok menyimpan banyak sekali keindahan alam yang sangat sayang untuk dilewatkan. Seperti misalnya keindahan alam dan pantainya serta pemandangan fajar dan senja yang memukau mata, rupanya menjadi daya tarik bagi setiap penggemarnya. Namun, Lombok bukan hanya tentang itu saja. Jika sudah berbicara Gili, tentu yang melekat adalah Gili Trawangan. Selain karena sudah populer dan memiliki keindahan alam, ternyata tak banyak yang tahu jika keindahan Lombok bukan hanya berpusat di Gili Trawangan. Ada Gili Meno Lombok, sebuah Gili yang letaknya tak jauh dari Gili Trawangan dan menyimpan eksotisme yang luar biasa memukau.

Menyisir Keindahan Gili Meno Lombok yang Tersembunyi

Gili Meno Lombok
Gili Meno Lombok

Berbicara tentang Gili Meno Lombok memang terbilang baru. Pasalnya, wisata ini tak terlalu populer di kalangan pelancong dari dalam dan luar negeri. Selain karena letaknya yang terpisah dan daerah yang lumayan susah untuk dijangkau, membuat tempat ini dikenal sebagai salah satu surga wisata yang tersembunyi tak hanya wisata di Lombok, tapi juga di Indonesia. Bukti sahihnya adalah wisata ini memiliki spot menarik yang romantis dan posisi yang strategis di ujung timur pulau Lombok. Gili Meno terkenal dengan sunyi dan sepi, karena tempat ini jauh dari keramaian.

Tak hanya itu saja, penduduk di Gili Meno yang berjumlah sekitar 400 orang saja, hanya berprofesi sebagai pencari ikan dan penenun. Penduduk disana sangat ramah melayani siapa saja yang datang berkunjung. Selain itu, banyak keindahan-keindahan lainnya di Gili Meno Lombok selain ramahnya penduduk di sana. Yang pertama, berjalan-jalan di area Gili Meno membuat Anda akan merasakan ketenangan yang luar biasa. Ditemani dengan deburan ombak yang hening serta pasir putih yang dikenal sebagai pasir putih paling indah di kawasan Lombok, membuat Anda semakin mendapatkan sensasi yang berbeda.

snorkeling di gili meno lombok
snorkeling di gili meno lombok

Disamping berjalan-jalan, para pelancong biasanya juga melakukan aktivitas snorkeling dan diving. Tak banyak yang tahu jika menghabiskan waktu beberapa saat lamanya di dalam air di kawasan Gili Meno Lombok, akan semakin membuat siapa saja terpukau dengan keindahan alam bawah lautnya. Terumbu karang yang beragam serta ikan-ikan yang berbagai macam jenisnya, membuat para penyelam betah berlama-lama berada di sini. Bukan hanya pasir putih yang indah dan biota laut yang memukau, Gili Meno juga memiliki taman burung dan penangkaran penyu menjadi daya tarik lainnya yang harus dikunjungi. Di kawasan ini, Anda bisa melihat berbagai macam spesies burung-burung kecil yang jarang ditemui di tempat lainnya. Hal menarik lainnya dari Gili Meno adalah penangkaran penyu. Uniknya, penyu-penyu ini berwarna hijau dan masuk dalam daftar spesies langka di dunia. Di penangkaran penyu, para wisatawan akan melihat langsung perkembangbiakan penyu hijau mulai dari cara induknya hingga penetasan telur penyu yang unik. Dibandingkan dengan wisata lainnya, Gili Meno layak masuk dalam prioritas utama.

Akomodasi untuk Sampai ke Gili Meno Lombok

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa sampai ke tempat ini. Para wisatawan bisa melakukannya dari berbagai macam alternatif lokasi terdekat yang ada dan bisa ditempuh. Meskipun terbilang jarak tempuh yang lumayan lama, tak menyurutkan niat para pelancong menyusuri keindahan Gili Meno Lombok. Yang pertama adalah arah dari Lombok. Para wisatawan bisa menggunakan perahu dari Bangsal Harbor yang letaknya tak sejam dari Pantai Senggigi. Tujuan kapal ini menuju Gili Trawangan. Selanjutnya, Anda menggunakan speed boat untuk sampai ke tempat ini sekitar satu jam perjalanan.

Lain halnya dengan perjalanan dari arah Bali. Jika berangkat dari Bali, kebanyakan para pelancong menggunakan pelabuhan Padang Bai karena dikenal lebih dekat dengan Lombok. Tetapi jika ingin lebih cepat sampai ke Gili Meno Lombok, Anda bisa menuju Bali Selatan, tepatnya Tanjung Benoa. Dari arah Tanjung Benoa ke Gili Meno lebih cepat menggunakan kapal cepat yang berkapasitas banyak. Jadi para wisatawan memiliki variasi akomodasi untuk berkunjung ke Gili Meno. Tak perlu pikir panjang lagi, Gili Meno layak menjadi tempat favorit berkunjung bersama keluarga tercinta.