Desa Banyumulek Sentra Industri Gerabah Terbesar Lombok

Desa Banyumulek Sentra Industri Gerabah Terbesar Lombok

Seperti yang sudah diketahui secara umum, Pulau Lombok merupakan salah Pulau yang menjadi tujuan wisatawan asing maupun domestik untuk berlibur selain Pulau Bali. Pulau Lombok menawarkan berbagai keindahan alam yang eksotis, tidak hanya itu, Pulau ini memiliki desa – desa wisata yang memiliki khas dan keunikan masing – masing seperti wisata Desa Banyumulek yang terkenal dengan gerabahnya. Banyumulek adalah salah satu desa wisata di Pulau Lombok yang terletak di Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Desa ini dikenal sebagai daerah sentra industri gerabah terbesar di Pulau Lombok sejak Tahun 1990-an. Hampir 80% penduduk di Desa ini berkecimpung sebagai perajin tembikar. Desa Banyumulek ini ditunjuk oleh pemerintah daerah setempat sebagai daerah pengembangan sistem inovasi daerah. Tembikar yang dihasilkan desa ini sudah mampu merambah ke pasar internasional. Jangan melewatkan kesempatan untuk mendapatkan tembikar dari desa ini, bahkan ketika anda mengunjungi desa ini, anda juga bisa sedikit belajar bagaimana proses pembuatan tembikar khas Pulau Lombok ini.

Keunikan Tembikar Desa Banyumulek

wisata desa banyumulek lombok
wisata desa banyumulek lombok

Tembikar dari Desa Banyumulek ini terkenal sangat cantik. Di Desa ini anda bisa menemukan tembikar – tembikar yang mempunyai nilai estetika yang tinggi. Tembikar dengan beragam bentuk dan warna serta motif – motif dan desain yang indah bisa anda dapatkan di Desa ini. Dari kerajinan dua dimensi maupun 3 dimensi. Hasil – hasil kerajinan tersebut seperti gentong atau disebut selao, wajan atau biasa disebut kekete atau sigon, kemek atau periuk, ceret, guci, dan masih banyak yang lainnya. Keunikan yang ditawarkan hasil kerajinan khas Pulau Lombok ini antara lain:

• Tembikar khas di Desa ini masih tetap mempertahankan teknik pembuatan dan pembakaran yang masih tradisional yaitu jerami dan kayu bakar untuk proses pembakarannya.

• Alat – alat yang digunakan untuk membuat tembikar ini masih sangat sederhana, para pengrajin tidak menggunakan alat bantu untuk mengukur diameter tembikar yang akan dibuat.

• Tembikar khas Desa Lombok ini biasanya dihiasi dengan anyaman yang terbuat dari kayu sejenis rotan (ketak), ada juga yang dihias dengan pasir putih yang ditempel dengan motif – motif tertentu. Motif yang lebih sering ditemukan pada kerajinan tembikar Desa Banyumulek ini adalah motif bunga.

• Para pengrajin masih menggunakan pewarna alami untuk kerajinan tembikar yang dibuatnya, seperti biji asam, daun daun, dan tumbuhan lain yang bisa dijadikan pewarna.

• Kendi Maling, merupakan model tembikar khas dari Desa Lombok ini yang tidak ada di tempat lain.

• Tembikar khas Desa Banyumulek aman dipakai untuk menyajikan makanan karena sudah mendapat sertifikat non toxic.

Wisata Desa Banyumulek, Sentra Industri Gerabah

Belajar membuat gerabah khas Lombok di desa Banyumulek
Desa Banyumulek

Saat anda mengunjungi Desa ini, anda akan disambut dengan pintu gerbang bertuliskan “Sentra Industri Gerabah Banyumulek”. Dari pintu gerbang ini anda bisa melihat tembikar – tembikar yang sengaja dipajang di depan rumah. Selain melihat keindahan hasil karya perajin tembikar salah satu Desa di Lombok ini, anda juga bisa melihat secara langsung prose pembuatan tembikar. Dari pencampuran tanah liat dengan air, sampai membentuk adonan menjadi bentuk bentuk yang indah lalu membakarnya di atas jerami. Menyaksikan kelihaian tangan para perajin tembikar saat membuat kerajinan dengan bentuk yang unik dan indah ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anda. Proses pembuatan tembikar di Desa ini terbilang sangat unik dan berbeda dari yang lainnya, pengrajin tembikar di desa ini tidak menggunakan alat bantu sama sekali dan menggunakan pewarna dari bahan – bahan alami yang ada di sekitar rumah penduduk. Selain itu, motif tembikar yang dihasilkan juga khas, berbeda dari tembikar daerah lain. Hal ini yang menyebabkan tembikar asli dari Desa ini layak di ekspor ke luar negeri.

Sangat disayangkan apabila setelah dari Pulau Lombok anda tidak membawa sebuah kenang – kenangan yang uni dari Desa ini. Desa ini merupakan desa wisata yang wajib anda kunjungi saat anda ada di Pulau Lombok. Ketika anda sedang berlibur di Pulau lombok, jangan llupa untuk mengunjungi Desa Wisata Banyumulek. Desa wisata yang terkenal dengan kerajinan tembikar yang khas. Tembikar hasil kerajinan penduduk Desa ini memiliki beragam keunikan sehingga membuat anda harus memilikinya. Desa banyumelek tak pelak pas untuk destinasi wisata bagi anda yang suka budaya unik. Desa Banyumulek Lombok ini pun menawarkan pesona alam yang tidak bisa dipandang remeh. Nah, atur perjalanan kamu untuk datang ke desa ini!