Lombok memang memiliki sejuta destinasi wisata yang tidak akan pernah puas untuk dijelajahi, termasuk salah satu diantaranya ialah Danau Segara Anak Lombok. Sebagai pulau yang menyimpan ragam keindahan alam yang majemuk, tentu saja danau dapat menambah pesona Lombok sebagai tujuan pariwisata masyarakat lokal maupun mancanegara. Maka, berkunjung ke pulau Lombok jangan hanya fokus pada gili-gilinya saja. Danau yang satu ini juga tidak kalah mempesonanya dengan destinasi wisata lainnya, di Lombok dan sangat layak untuk dikunjungi terlebih jika anda juga sedang berencana untuk hiking ke Gunung Rinjani.

Danau Segara Anak merupakan gunung yang terletak di Gunung Rinjani. Danau kawah dengan kedalaman 230 meter dan lebar sekitar 10km ini banyak menarik perhatian wisatawan. Setelah melakukan pendakian ke gunung Rinjani, maka danau ini tidaklah sulit untuk ditemukan. Sesampainya di danau ini, kita bisa menyaksikan bagaimana pesona danau ini dapat memukau mata kita. Air yang mengalir dari danau ini bahkan membentuk air terjun yang juga menambah pesonanya. Bagi para pendaki, Danau Segara Anak ini seolah menjadi oase karena keindahan yang dimilikinya.

Pesona Yang Disuguhkan Danau Segara Anak

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak

Sebagai danau kawah yang terletak di pegunungan, ini menjadi pesona tersendiri bagi Danau Segara Anak. Terletak gunung Rinjani yang memiliki 3775mdpl, danau ini hadir dengan airnya yang jernih kebiruan. Selain menyimpan begitu banyak pesona, namun danau ini juga menyimpan misteri yang berasal dari mitos yang berkembang dikalangan masyarakat sekitar. Masyarakat yang hidup disekitar danau ini adalah umat Hindu dan suku Sasak. Mereka mempercayai mitos-mitos yang berhubungan dengan danau ini. Bahkan beberapa ritual khusus masih sering diadakan oleh masyarakat setempat. Berikut adalah pesona yang dimiliki danau ini:

Karakteristik danau

Danau ini merupakan danau kawah yang menyimpan air jernih berwarna biru. Inilah mengapa danau ini disebut ‘segara anak’ yang artinya anak laut, dikarenakan warna airnya yang biru. Disini kita bisa merasakan suhu air yang berbeda-beda karena ada beberapa sumber air panas, dengan tingkatan suhu yang berbeda pula yang berasal dari kawah gunung Rinjani. Masyarakat setempat seperti suku Sasak percaya bahwa air panas didanau ini memiliki kemampuan mengobati untuk penyakit apapun. Maka, disini kita bahkan bisa berendam sepuasnya.

Mitos yang berkembang

Masyarakat setempat masih sangat percaya dengan beberapa mitos yang ada didanau ini. Oleh karena itu, disini seringkali diadakan upacara adat secara rutin oleh masyarakat Hindu ataupun suku Sasak. Air didanau ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu, ada kepercayaan bahwa jika saat kita melihat danau dan danau ini terlihat sangat luas maka berarti umur kita akan panjang. Selain itu, ada juga mitos mengenai pohon tua yang dikeramatkan masyarakat setempat. Mitosnya, jika kita menggantungkan batu dipohon ini maka keinginan kita dapat terkabul.

Aktifitas seru untuk menikmati keindahan Danau Segara Anak

Berendam

Berendam di danau ini bisa menjadi ajang rileksasi setelah tubuh merasakan lelah selama perjalanan. Jika tidak berendam, kita bisa sekedar merendam kaki untuk menghilangkan penat sambil menikmati pesona pemandangan alamnya yang indah.

Memancing

Memancing didanau ini juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Didanau ini banyak terdapat ikan mas dan mujair. Tidak jarang banyak wisatawan yang mancing selama berkunjung kesini.

Danau Segara Anak kaya akan keindahan alamnya yang tak bosan dipandang mata. Mitos-mitos yang berkembang disekitar danau ini juga menambah pesona yang memikat hati para wisatawan. Jika anda tertarik ingin menginjakkan kaki di danau ini, maka anda bisa mulai merencanakan perjalanan anda bersama Lombok Tour Plus. Kami bekerja dengan profesional untuk melayani kebutuhan anda selama berwisata ke Lombok termasuk Danau Segara Anak. Kami menyediakan ragam pilihan paket wisata yang tersedia untuk membuat pengalaman wisata anda lebih berarti dan berkesan.