Kota Praya Sebagai Pusat Kebutuhan Masyarakat Lombok

Praya adalah nama salah satu kota yang ada di Kabupaten Lombok Tengah yakni di Nusa Tenggara Barat. Kota Praya memiliki sembilan buah kelurahan dengan lima desa. Jika dilihat pada kondisi geografisnya, maka kota ini memiliki musim kemarau yang lebih kering yaitu dari bulan November hingga Mei. Terdapat banyak ragam khas dari kota ini yang tentunya bisa dinikmati para wisatawan yang hadir di kota ini. sehingg tidak hanya sebagai sebuah kawasan yang berarti penting bagi penduduknya, tapi juga memberikan kenyamanan bagi para pendatang atau wisatawan. Dilengkapi dengan penduduk yang sangat ramah, sopan dan bersahabat maka siapapun yang berkunjung ke kota ini akan senantiasa merasa nyaman dan betah.

Kota Praya sebagai Pusat Kebutuhan Masyarakat

Kota ini merupakan ibu kota dari Kabupaten Lombok Tengah yang tentunya dijadikan sebagai pusat kebutuhan para masyarakat.  ini memiliki pasar induk Renteng yang memang menjadi sarana kebutuhan masyarakat. Selain itu, Kota Praya ini juga handal dalam sektor perdagangan, terdapat bank swasta dan bank pemerintah. Bahkan tak luput didukung pula dengan berbagai toko serbaada, supermarket, toko eceran yang modern dan lainnya yang sangat mendukung kebutuhan masyarakat Lombok Tengah.

Lokasi kota ini memang berada pada letak yang sangat strategis, sehingga bisa memberikan banyak hal yang dibutuhkan penduduknya. Maka tak heran pula jika kota ini memiliki banyak potensi khususnya di bidang pertanian. Adapun lainnya adalah pada bidang industri dan perdagangan. Kota ini bisa dibilang sebagai kota besar yang memberikan banyak keuntungan kepada masyarakatnya. Maka tak heran jika penduduk di kota ini sangat ramah dan bersahabat kepada seluruh wisatawan yang berkunjung kesini.

Agama dan Sosial Budaya di Kota Praya

Melihat pada kondisinya dapat diketahui bahwa mayoritas penduduk di Kota Praya ini adalah Islam. Adapun beberapa lainnya dengan agama Hindu, Budha, Tionghoa dan Kristen. Namun dari ragam penduduk ini tentu tidak menghalangi toleransi umat beragama. Masyarakat mayoritas Islam di Praya ini memang dikenal taat beragam. Adapun masjid terbesar di kota ini adalah Masjid Agung Praya yang memang terbesar di NTB.

Kota besar ini tentu memiliki banyak fasilitas umum untuk berbagai kegiatan sosialnya. Adapun seperti taman kota, lapangan olahraga, Tempat Pemakaman Umum, dan lainnya. melihat pada data sosialnya, maka sebagian besar mata pencaharian penduduk Praya adalah sebagai petani. Adapun disamping pertanian, yang menjadi unggulan pula adalah perindustrian, kemudian perdagangan. Adapun transportasi yang di sediyakan, ada beberapa terminal dengan angkutan umum antar kota. Terdapat pula transportasi udara yang dilayani oleh Bandar Udara Internasional Lombok, dengan memberikan pelayanan penerbangan domestik dan internasional.

Kawasan Wisata Paling Menarik di Kota Praya

Adapun sebagai pusat kota di Lombok Tengah tentu menyediakan berbagai kawasan wisata paling menarik yang bisa dikunjungi para wisatawan. Beberapa kawasan wisata menarik di Kota Praya diantaranya adalah:

  1. Bendungan Batujai, merupakan sebuah bendungan terbesar yang ada di Lombok dan dijadikan sebagai sarana irigasi lokasi pertanian di Lombok Tengah.
  2. Tugu Mandalika, yakni merupakan sebuah tugu dari kisah tragis Putri Mandalika yang kemudian dikenal dengan upacara atau Festival Bau Nyale
  3. Masjid Agung Praya, yakni sebagai masjid terbesar di NTB.

Di samping itu, para wisatawan yang datang ke kawasan objek wisata Lombok Tengah ini pun bisa disuguhi dengan wisata kuliner yang paling nikmat. Ada banyak makanan kuliner Praya yang merupakan makanan khas dari Pulau Lombok yang memang identik dengan rasa pedas. Diantara kuliner yang bisa dinikmati disini adalah ayam bakar Taliwang, sate khas Lombok, Seafood dan lainnya. Dengan ragam kuliner dan juga beberapa tempat yang bisa dikunjungi, maka kota ini bisa menarik perhatian wisatawan untuk menikmati indahnya dan bersahabatnya para penduduk di salah satu kota Lombok ini.