Taman Mayura Lombok sering disebut sebagai Taman yang bersejarah karena tersimpan bukti fisik peninggalan sejarah.

wisata taman mayura di pulau lombok

wisata taman mayura di pulau lombok

Taman ini dibangun pada saat Lombok masih dalam kekuasaan kerajaan Bali. Dibangun dengan tujuan uTamanya sebagai tempat beribadah. Kendati demikian pura ini bukan hanya untuk beribadah tapi juga konon dijadikan tempat pertemuan dengan tamu saat masih kerajaan. Sekarang Taman ini bukan hanya sebagai tempat beribadah yang bersejarah tetapi juga menjadi tempat wisata yang sering dikunjungi banyak wisatawan.

Sejarah Taman Mayura Lombok

Pada saat Lombok masih di bawah kekuasaan kerajaan bali, seorang raja bernama A.A. Made Karangasem membangun Taman ini. Pada waktu itu namanya masih Taman kelepug. Nama kelepug sendiri diambil dari suara aliran air yang jatuh ke kolam.

Taman kelepug waktu itu masih ditengah hutan belantara dan masih banyak ular berkeliaran hingga membuat warga resah saat akan beribadah disana. Kemudian terciptalah inisitif dengan cara memelihara burung merak disekeliling wilayah Taman. Inisiatif ini berhasil dan karenanya Taman ini berubah nama menjadi Taman Mayura yang berarti burung merak.

Keunikan Taman Mayura Lombok

Taman Mayura mempunyai empat pura utama dan masih digunakan sebagai tempat beribadah. Karenanya kadang ada beberapa pura yang tidak bisa dikunjungi sebagian orang. Khususnya ketika hari-hari perayaan umat Hindu. Selain hari-hari khusus tersebut, siapapun diperbolehkan untuk mengunjungi pura.

Taman Mayura

Taman Mayura

Ada hal unik bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke pura. Karna pura ini adalah tempat peribadatan umat hindu, karnanya pengunjung diharuskan memakai tali atau selendang berwarna merah dan dilingkarkan ke pinggul. Hal ini bertujuan untuk menjauhkan niat jahat. Cara pengikatannya pun memeiliki aturan. Bagi mereka yang sudah menikah maka simpulnya harus di sebelah kiri, bagi yang sudah memiliki pasangan maka simpulnay di sebalah kanan. Sedangkan bagi yang masih lajang maka simpul disimpan ditengah.

Walaupun Taman Mayura Lombok sampai sekarang masih menjadi tempat beribadah yang sakral bagi umat hindu, tetapi banyak wisatawan yang datang untuk mengetahui sejarah di balik pembangunan pura-pura tersebut. Pura-pura ini juga merupakan bukti fisik kekuasaan kerajaan Bali pada waktu itu. Berfungsi sebagai tempat beribadah bukan berarti Taman ini diberi nama Taman dengan tanpa alasan. Setelah anda dapat mengenal sejarah berdirinya pura di komplek pura, terdapat Taman yang berpoint di gili yang berarti pulau. Di Taman ini anda akan merasakan suasana segar karna Taman ini di pagari oleh pohon manggis dan ditumbuhi rumput hijau segar. Ditengah Taman terdapat kolam yang ditengahnya terdapat sejenis bangunan. Konon disinilah tamu kerajaan akan disambut.

Aktifitas yang bisa dilakukan di Taman Mayura Lombok

Tidak banyak yang bisa anda lakukan di Taman Mayura. Taman ini lebih tepat bernuansa seperti museum outdoor tetapi memeiliki Taman asri terawat nan indah. Saat anda menginjakan kaki di Taman Mayura, anda akan langsung bisa merasakan sensasi keagamaan di Taman ini. Dari gerbang yang khas hindu anda langsung disuguhi pemandangn asri Taman Mayura. Taman Mayura ini dibagi menjadi 2 point, Taman dan pura. Bagi anda yang suka menyimpan foto, Taman ini sangat cocok untuk berfoto ria. Keindahan dan keunikan Taman Mayura tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Setelah berfoto, anda bisa menikmati sedikit tentang sejarah Lombok di komplek pura. Pura ini memang masih menjadi tempat beribadah umat hindu namun banyak juga wisatawan yang datang untuk mengetahui sejarahnya. Komplek pura ini memang sudah dibangun sejak tahun 17M. karenanya tentu terdapat banyak sejarah yang bisa kita dengar dari bukti fisik ini. Anda tidak perlu khawatir masalah jarak atau penginapan. Taman Mayura ini terletak di Cakranegara, Mataram. Tempat ini mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi ataupun umum karna memang terletak ditengah hiruk pikuk kota madya Mataram. Hanya perlu 15 menit dari kecamatan Narmada. Disekitar Taman Mayura wisata di Lombok juga terdapat penginapan dan restoran.

Taman bersejarah ini memang wajib dikunjungi untuk menambah wawasan sejarah. Berwisata sambil mengenal sejarah memang menyenangkan bukan? Yuk berwisata sambil mengenal sejarah!