Desa Sukarare merupakan salah satu destinasi wisata budaya yang ada di Pulau Lombok. Ia berlokasi di kecamatan Jonggat, Lombok Tengah. Salah satu hal yang menonjol dari desa sadar wisata ini ialah kain tenunnya yang khas atau disebut Songket. Disini budaya menenunnya memang masih dilakukan sehingga tidak heran jika desa ini menjadi sentra penghasil kain tenun. Akses yang mudah menuju desa ini juga membuatnya mudah untuk disambangi para wisatawan termasuk turis asing.

Saat tiba di Desa Sukarare, kita akan disuguhkan dengan pemandangan yang masih asli dan asri. Berjarak sekitar 20 menit saja dari Bandara Internasional Lombok, ia menjadi salah satu tujuan wisata para turis. Inilah mengapa desa Sukarare memang layak untuk disambangi. Selain keramahtamahan yang diberikan penduduk setempat, disini pula kita bisa lebih mengenal kebudayaan khas yang ada disalah satu daerah di Indonesia. Ini juga dapat menyadarkan kita betapa kayanya kebudayaan yang ada di negeri kita tercinta ini.

Ini Dia Budaya Menenun di Desa Sukarare Lombok

Sebagai sentra penghasil kain tenun yang cukup besar di Pulau Lombok, desa Sukarare tentu menjadid aya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mengenal jauh mengenai proses pembuatan kain tenun dan sebagainya.

Yuk Belajar Menenun Langsung di Desa Sukarare Lombok

Belajar membuat kain tenun khas Lombok di Desa Sukarare

Belajar membuat kain tenun khas Lombok di Desa Sukarare

Jika kita berkunjung ke desa yang indah ini, maka tidak boleh melewatkan pengalaman berlajar langsung membuat kain tenun, atau Songket. Meskipun tidak mudah untuk mempelajarinya namun kita tidak perlu merasa khawatir karena penduduk disini sangat ramah dan mau mengajari dengan sabar. Semua perempuan didesa ini sudah dipastikan bisa menenun khususnya mereka yang sudah dalam usia yang cukup untuk menikah. Karena jika tidak bisa menenun, maka perempuan didesa ini tidak boleh menikah dulu.

Keistimewaan kain tenun Desa Sukarare Yang Harus Anda Ketahui

Kain tenun yang dibuat di Pulau Lombok, khususnya Desa Sukarare ini tentunya memiliki keistimewaan dibanding kain tenun biasa. Kain yang biasa disebut Songket ini dibuat dengan bahan dasar benang perak, emas, dan juga benang warna. Ketiga jenis benang tersebut disisipkan keatas benang lungsi. Selain benang, bahan lain yang biasa digunakan untuk membuat kain Songket seperti kerang, uang logam, ataupun manik-manik.

WOW! Keren Ini Dia Kegunaan Kain Tenun Khas Desa Sukarare

Kain Tenun Lombok

Kain Tenun Lombok

Kain tenun atau Songket yang dihasilkan oleh para perempuan didesa Sukarare ini digunakan warga ketika ada upacara adat misalnya upacara begawe beleq, atau pesat besar. Kain yang spesial ini sebenarnya tidak harus digunakan ketika ada upacara adat saja. Kita sebagai wisatawan bisa membelinya di toko-toko souvenir didesa ini dan menjadikan kain tenun tersebut untuk keperluan apa saja sesuai keinginan.

Ini Alasan Mengapa Anda Harus Mengunjungi Desa Sukarare Lombok

Diantara banyaknya jenis wisata, mungkin wisata budaya lah yang paling sedikit peminatnya, terutama bagi wisatawan domestik. Hal ini ebrbanding terbalik dengan wisatawan asing yang begitu ingin tahu mengenai kekayaan wisata dipulau Lombok ini. Sangat disayangkan bukan jika warga negara asing lebih banyak tahu tentang kebudayaan yang ada di Indonesia ketimbang kita sebagai penduduk asli negara ini?

Jadi mengapa tidak berwisata budaya ke Desa Sukarare ini. Ada banyak hal positif yang bisa kita dapatkan. Kita bisa belajar menenun kain, mengenal lebih jauh adat istiadat yang berlaku didesa ini, bagaimana penduduknya hidup dan mempertahankan adat budaya ditengah-tengah kehidupan modern, dan masih banyak lagi. Mempelajari budaya tidak melulu dengan membaca buku, kita bisa terjun langsung untuk mencari tahunya. Hal ini tentu jauh lebih menyenangkan karena kita bisa berinteraksi dengan penduduk aslinya langsung.

Anda pastinya sangat tertarik untuk bisa mengenal lebih jauh mengenai kebudayaan membuat kain tenun di desa Sukarare. Disini anda bahkan berkesempatan untuk bisa mempelajari proses pembuatannya secara langsung disamping membeli kainnya untuk oleh-oleh. Untuk itu, mari rencanakan perjalanan wisata budaya anda bersama Lombok Tour Plus. Kami akan memandu anda untuk wisata ke Desa Sukarare Lombok yang kaya akan kerajinan khas Lomboknya.

Save