Menjelajah Berbagai Tempat Wisata di Lombok Barat

Menjelajah Berbagai Tempat Wisata di Lombok Barat

Pulau Lombok tentu akan terbayang tentang hamparan pasir putih yang luas, ombak yang berayun pelan, serta sunset yang menenangkan jiwa. Jika bayangan Anda sama seperti yang telah disebutkan maka tidaklah salah jika Lombok menjadi salah satu dari sekian banyak destinasi wisata unggulan di Indonesia. Lombok dibagi menjadi beberapa wilayah yaitu Lombok timur, Mataram, dan Lombok Barat. Hampir seluruh daerah Lombok mempunyai obyek wisata unggulan untuk masing-masing daerah. Sama seperti daerah Lombok lainnya, Tempat wisata di Lombok Barat juga menyuguhkan banyak sekali panorama alam dan budaya yang sangat mengagumkan.

Destinasi Tempat Wisata di Lombok Barat yang Wajib untuk Dikunjungi

Jika Anda masih bingung menentukan akan berlibur kemana maka Lombok Barat dapat menjadi destinasi yang tepat. Apabila masih ragu dengan pemandangan yang ditawarkan maka tinggal ambil gawai Anda kemudian ketik di kolom pencarian tempat wisata di Lombok Barat dalam sekejap akan muncul deretan daftar tempat wisata beserta alamat lengkapnya. Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata yang ada di Lombok Barat diantaranya adalah:

  1. Desa Banyumulek
Belajar membuat gerabah khas Lombok di desa Banyumulek
Desa Banyumulek

Merupakan salah satu desa wisata yang masih sangat kental dengan adat dan budaya Lombok Desa Banyumulek layak untuk Anda kunjungi. Desa ini menawarkan banyak sekali hal yang menarik. Satu diantaranya adalah Anda dapat belajar membuat gerabah. Hampir 80% penduduk Desa Banyumulek adalah pengrajin gerabah. Lebih dari itu hasil gerabah mereka juga telah menyentuh pasar dunia lewat ekspor berbagai produk gerabahnya.

  1. Gili Air
tempat wisata di lombok barat
Gili Air Lombok

Gili Air adalah pulau yang letaknya paling dekat dengan pulau Lombok yang terletak di Desa Gili Indah. Obyek wisata Gili Air menawarkan keanekaragaman hayati laut yang akan memanjakan mata para pengunjung. Karena didalam Gili Air terdapat beragam ikan warna-warni dan juga dapat melihat spot kuda laut dan kura-kura yang berenang bebas. Mayoritas pengunjung Gili Air ternyata adalah wisatawan asing dari berbagai negara seperti Inggris, Australia, Italia, Belanda maupun negara lainnya.

Selain kedua destinasi wisata Lombok yang telah disebutkan di atas tadi, masih banyak tempat wisata di Lombok Barat yang dapat Anda kunjungi. Jika Anda tengah berada di Lombok Barat cobalah untuk bertandang ke Hutan Sesaot. Hutan lindung dengan luas sekitar 5.000 ha dan mempunyai 40 sumber mata air tentu akan memberikan sensasi berlibur dengan alam yang tidak akan terlupakan. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan ketika berada di Hutan Sesaot ini mulai dari camping, berenang di sumber mata air yang jernih dan segar serta bersepeda sembari menghirup segar dan hijaunya udara hutan.

Masih disekitaran tempat wisata di Lombok Barat yaitu tepatnya di Hutan Sesaot masih ada banyak sekali destinasi wisata yang layak untuk disambangi oleh Anda. Hutan lindung yang hijau dan kaya akan banyak sumber air tentu mempunyai beberapa air terjun di dalamnya. Air terjun Timponan dan Pakuan adalah beberapa ari terjun yang dapat Anda datangi ketika berada di Hutan Sesaot. Segarnya air terjun dan pemandangan sekitar yang asri dapat membuat hati Anda tenang dan rileks. Satu yang perlu diperhatikan sebelum pergi ke air terjun tersebut adalah harus mempersiapkan fisik yang prima kaarena medan yang dihadapi cukup sulit dan menguras banyak energi.

Demikian ulasan singkat mengenai beberapa rekomendasi tempat wisata di Lombok Barat yang dijamin eksotis dan membuat betah. Menjelajahi Alam Lombok memang sangat menyenangkan dan memberikan sensasi tersendiri. Alam Lombok yang masih asri dan alami sudah sepatutnya dijaga bersama-sama dengan seluruh elemen baik masyarakat, pemerintah daerah, hingga para wisatawan yang ada. Tetap mempertahankan kearifan lokal dan keramah tamahan khas masyarakat Lombok barat akan membuat potensi wisata yang ada semakin maju. Penambahan infrastruktur harus terus ditingkatkan namun dengan catatan tidak merusak alam dan budaya masyarakat Lombok. Lombok Barat patut dimasukan dalam daftar liburan Anda selanjutnya, karena suguhan panorama alam yang luar bisa indah akan Anda nikmati begitu sampai di Lombok Barat.