Objek Wisata di Lombok yang Wajib Anda Kunjungi

Objek Wisata di Lombok yang Wajib Anda Kunjungi

Siapa yang tidak tahu Objek Wisata di Lombok? Pulau yang bertetangga dengan Bali ini sangat terkenal dengan keindahan alam pantai dan baharinya yang masih asri. Bahkan masih banyak pulau dan pantai di Lombok yang masih perawan alias belum tersentuh tangan manusia. Sehingga keindahan alamnya masih sangat terjaga.

Lombok juga terkenal sebagai gudangnya objek wisata. Objek  Wisata di Lombok mulai dari pantai, gili, air terjun, hingga pura selalu menjadi pilihan destinasi wisata para traveler. Berikut ini beberapa objek wisata di Lombok yang wajib anda kunjungi.

Pantai Mawun

Mawun Lombok

Pantai Mawun merupakan salah satu pantai di Lombok yang tergolong masih perawan. Pantai yang berbentuk seperti tapal kuda ini dihiasi dengan hamparan pasir putih yang lembut dan barisan bukit yang subur. Meskipun belum se-terkenal pantai Kuta, pemandangan pantai Mawun tidaklah mengecewakan. Karena perpaduan laut biru yang membentang, hamparan pasir, dan barisan bukitnya bak lukisan yang membuat anda bisa betah berlama-lama di sini untuk menikmati ciptaan Tuhan yang memesona ini.

Potensi ombak di pantai ini tergolong tenang sehingga aman untuk berenang. Tetapi topografi pantai di bagian tengahnya curam sehingga berbahaya jika berenang di sekitar situ. Jadi jika anda ingin bermain air atau berenang lebih baik di bibir pantai bagian timur dan barat.

Bila anda pecinta fotografi, anda dapat mengabadikan keindahan alam pantai Mawun dalam potret. Jika ingin mendapatkan view yang lebih baik lagi, anda dapat mendaki bukit di sekitar pantai. Di atas bukit anda dapat melihat keindahan pantai mawun dengan leluasa.

Pantai Tanjung Aan

Wisata pantai tanjung aan lombok
Wisata pantai tanjung aan lombok

Siapa yang tidak bosan berlibur ke Pulau Lombok jika ketika datang ke pulau Lombok disuguhi pantai yang sangat indah seperti Tanjung Aan selain Pantai Kuta Lombok ? Pantai Tanjung Aan merupakan salah satu pantai di Lombok yang terkenal dengan keindahan pantainya. Ciri khas pantai ini yaitu hamparan pasirnya yang berbentuk seperti bulir merica karena tercampur dengan pecahan fosil karang. Saat anda menginjakan kaki tanpa alas di pantai ini anda dapat merasakan perbedaan tekstur pasirnya. Hal yang menarik ialah ketika anda berjalan ke arah bukit, anda dapat merasakan tekstur pasir yang lebih lembut. Selain itu, pantai ini dikelilingi bukit yang mempercantik pemandangan alam pantai ini.

Di sini anda dapat melakukan berbagai aktifitas. Mulai dari berenang, bermain pasir, berjemur, bahkan diving dan snorkeling. Bila datang pada bulan Februari, makan anda beruntung karena dapat menyaksikan upacara adat Nyale yang diadakan setahun sekali oleh masyarakat. Pada upacara Nyale ini, penduduk akan berebut mencari cacing Nyale yang dianggap sebagai jelmaan Putri Mandalika.

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi
Pantai Senggigi

Tidak kalah indah dengan pantai Tanjung Aan, Pantai Senggigi juga memiliki keindahan alam yang memukau. Pantai ini terkenal dengan lautnya yang biru dan jernih. Bahkan wisatawan dapat melihat kawanan ikan berenang bebas.

Hal lain yang menjadi daya tarik pantai ini ialah sunsetnya. Di sini anda dapat melihat matahari tenggelam dan perubahan langit menjadi oranye. Terdengar biasa, namun di sini anda dapat menikmati matahari tenggelam dihiasi penampakan Gunung Agung di Bali yang menjulang tinggi. Fenomena alam yang mempesona ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Pura Lingsar
Wisata Pura Lingsar Lombok
Wisata Pura Lingsar Lombok

Pernahkah anda melihat dua umat beragama beribadah di tempat yang sama jika belum, maka datanglah ke Pura Lingsar Lombok. Pura ini sangatlah unik karena di sini anda dapat menemukan dua umat beragama yang berbeda, yaitu muslim ajaran telu dan hindu melakukan ritual keagaam di tempat yang sama. Ini merupakan simbol kerukanan umat beragama. Meskipun berbeda keyakinan, mereka dapat hidup berdampingan dengan saling menghargai satu sama lain.

Jika anda datang pada bulan Desember, anda dapat menyaksikan upacara adat keagamaan yang unik. Di sini mereka melakukan ritual keagamaan bersamaan tanpa mengganggu satu sama lain. Disaat umat muslim melakukan Perang Ketupat, umat Hindu melakukan Upacara adat Pidolan / Pujawali. Unik bukan?
Itulah beberapa objek wisata di Lombok yang dapat anda kunjungi. Tidak heran jika Lombok dijuluki sebagai gudangnya objek wisata. Karena saat mengunjungi Lombok, anda akan dibuat bingung memilih destinasi wisata yang akan dikunjungi terlebih dahulu.

Save