Terkenal melalui Keindahan Alamnya di Lombok

Pulau Lombok sudah lama top akan keindahan alamnya di Lombok yang seperti pantai, gunung, air terjun, juga tetap sangat banyak yang selanjutnya. Saat ini ayo anda liaht wisata buatan yang begitu juga menarik untuk didatangi adalah berupa bangunan bendungan satu diantaranya sebagai bendungan Pengga. Bangunan yang dimanfaatkan adalah irigasi pertanian dengan pengendali banjir tersebut diresmikan dalam tanggal 16 Oktober 1994 menurut Presiden Indonesia yang menjabat di saat-saat ini yaitu Presiden Soeharto. Bendungan Pengga terletak pada desa Pelambik, Praya Barat, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Bendungan ini dibuat karena sangat banyaknya keluh kesah publik yang sering sekali gagal panen. Pulau Lombok Barat yaitu pulau yang memiliki area pertanian yang cukup luas juga saat season penghujan yang sangat singkat dengan intensitas curah hujan yang makin kecil dibandingkan daerah lain. Sungai utama berasal bendungan Pengga sebagai sungai Penujak yang sebelum hingga di bendungan Pengga, aliran air dari sungai Penunjak datang kaki gunung Kendo bermuara terlebih dahulu dalam bendungan Batujai dan limpahan air berasal bendungan Batujai inilah yang pada akhirnya bermuara pada bendungan Pengga.

Bendungan Pengga Dan Banyak Fungsinya Dengan Keindahan Alamnya di Lombok

Selain difungsikan sebagai irigasi pertanian dan pengendalian banjir, bendungan tersebut dengan dimanfaatkan ialah pembangkit listrik serta lokasi pariwisata. Bendungan yang memperoleh tipe bendungan urugan batu dengan inti tanah tersebut memang cocok difungsikan merupakan tempat wisata. Dengan kelembaban udara yang segar waduk ini kian hari makin padat dikunjungi pengunjung fit pengunjung domestik ataupun pengunjung asing. Selalu cocok untuk menyegarkan mata serta fikiran kita. Selain itu, waduk ini difungsikan tapi warga tetangga yaitu tempat demi memelihara ikan dan juga memancing. Sungguh menghibur tidak bila kita menghirup udara segar sekaligus memancing akhirnya seluruh wisatawan yang memperoleh hoby memancing dapat menyalurkan hobynya dalam sini.

Kesejahteraan Seluruh Kalangan Berkat Bendungan Pengga

Konstruksinya terbuat asal beton bertulang akhirnya bangunannya juga tetap kokoh. Sementara bendungan yang sudah berusia hampir 18 tahun itu sungguh tetap terawat guna menyenangkan animo pengunjung untuk berkunjung ke bendungan tersebut akhirnya begitu juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat tetangga. Sekarang kesejahteraan masyarakat tetangga semakin meningkat berkat adanya bendungan tersebut dengan keindahan alamanya di Lombok.