Anda Pecinta Pedas ? Anda Harus Cicipi Kuliner di Lombok

Anda Pecinta Pedas ? Anda Harus Cicipi Kuliner di Lombok

Tidak hanya terkenal dengan keindahan pantai dan baharinya yang memukau, tetapi juga wisata kuliner yang siap menggoyang lidah setiap orang yang mencicipinya. jika anda pergi berlibur ke Lombok jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya. Terlebih lagi jika anda pecinta kuliner, maka anda wajib mencicipi kuliner di Lombok. Berikut ini beberapa makanan khas Lombok yang terkenal dengan kelezatannya yang harus anda coba.

Ini Dia Kuliner di Lombok Yang Anda Cicipi

Plecing Kangkung

kuliner di Lombok
Kuliner Khas Lombok

Sekilas, memang tidak ada yang spesial dari namanya. Di rumah pun anda dapat membuat tumis kangkung. Namun jangan salah. Tumis kangkung khas kuliner di Lombok ini berbeda dari kangkung di luar Lombok. Kangkung disajikan bersama saus yang terbuat dari racikan tomat, cabe rawit, garam, terasi, dan tomat. Yang membedakannya ialah tumis kangkung ini biasanya ditambah dengan tauge dan kacang goreng. Fungsinya untuk menetralisir rasa pedas. Penasaran dengan rasanya?

Ayam Taliwang

Dari namanya, sudah pasti bahan utamanya adalah ayam. Ayam digunakan adalah ayam kampung yang masih muda agar dagingnya lebih empuk dan enak. Pengolahannya bisa digoreng atau pun dibakar. Kelezatannya terletak pada racikan bumbunya yang pedas khas kuliner di Lombok. Masakan ini sangat terkenal. Bahkan ada yang mengatakan, belum sah datang ke Lombok kalau belum mencicipi Ayam Taliwang.

Beberuk Terong

Beberuk terong ini semacam lalapan yang disajikan bersama ayam taliwang. Tidak lengkap rasanya jika makan ayam taliwang tanpa beberuk terong. Beberuk terong sendiri merupakan campuran dari terong yang dipotong dadu dan tomat yang dibumbui dengan cabe merah keriting, bawang putih, bawang merah, kencur, terasi bakar, gula pasir, garam, dan minyak goreng. Rasanya pun lezat, kombinasi antara manis, asam, dan pedas. Biasanya juga diberi perasan jeruk limau yang membuat rasanya semakin komplit.

Nasi Balap Pucung

Nasi ini disajikan bersama suwiran daging ayam yang diolah dengan cabai, kacang kedelai, taburan kacang, abon, dan belut goreng. Penampilannya memang biasa saja, namun bila anda pecinta pedas, nasi ini membuat anda ketagihan karena rasa pedasnya.

Sate Bulayak

Bukan hanya Madura yang mempunyai sate lezat, Lombok pun punya. Bulayak adalah makanan sejenis lontong yang dibungkus dengan daun enau atau aren. Yang unik ialah bentuk lontongnya memanjang dan diikat secara spiral. Sehingga untuk membuka ikatannya dengan cara memutar. Satenya sendiri menggunakan daging sapi dengan bumbu khas Sasak. Cara memakannya yaitu dengan mencocolkan bulayak ke dalam bumbu sate.

Sate Tanjung

Sate lainnya yang tidak kalah lezat ialah sate Tanjung. Berbeda dengan sate kebanyakan, sate Tanjung menggunakan ikan Cakalang atau Langoan yang diolah dengan santan dan rempah-rempah. Rasanya yang gurih dan pedas sangat enak dimakan dalam keadaan panas ditemani nasi atau lontong.

Sate Rembiga

Selain sate sate bulayak dan sate tanjung, sate lainnya yang terkenal di Lombok ialah sate Rembiga. Sate yang diolah dari daging sapi segar ini memiliki paduan rasa gurih, manis, dan pedas khas Lombok. Nama Rembiga sendiri diambil dari nama daerah asalnya yaitu desa Rembiga dekat bekas bandara Selaparang. Namun jangan khawatir, sate ini sudah banyak dijual di tempat lain.

Bebalung

Bebalung ialah masakan khas Lombok yang terbuat dari iga sapi dengan racikan bumbu yang terdiri dari cabe, bawang putih, bawang merah, lengkuas, kunyit, dan jahe. Biasanya masakan ini disajikan dalam mangkok dengan taburan bawang goreng. Bebalung yang paling terkenal ialah bebalung yang dijual di dekat kantor gubernur NTB. Tempat ini selalu penuh sesak oleh wisatawan yang ingin menikmati bebalung. Bebalung di tempat ini terkenal karena dagingnya yang lunak sehingga dapat dilepaskan dari tulangnya dengan mudah.

Ares

Ares ialah sayur khas Lombok yang diolah dari pelepah pisang atau gedebok pisang yang masih muda dipadu dengan santan sehingga rasanya menjadi manis dan gurih. Awalnya masakan ini adalah masakan tradisional suku Sasak yang hanya disajikan saat acara pernikahan. Namun kini wisatawan dapat mencicipi masakan ini tanpa harus datang ke acara pernikahan suku Sasak karena Ares ini sudah banyak dijual. Masakan ini sangat lezat bila disantap saat masih hangat ditemani nasi putih.

Itulah beberapa kuliner di Lombok  yang terkenal dengan kelezatannya serta racikan bumbu khas Lombok yang sangat sayang untuk dilewatkan. Penasaran dengan rasanya?

Save